Langsung ke konten utama

18 Obat Alami Pegal Linu yang Ampuh untuk Tubuh

Pegal Linu kepala cekot cekot mungkin Anda sering mengalaminya. Ya? semuanya akibat kelelahan tubuh karena aktifitas yang padat. Gejala ini dialami akibat ketegangan otot dan persendian tulang. Banyak dari mereka yang membiarkan hal ini, dan hanya beristirahat saja. Tetapi, perlu diketahui resiko dari aktifitas yang padat mampu mengubah pola kesehatan Anda.

Bisa saja Anda mengalami peradaangan sendi yang nantinya akan mengganggau sistem kerja syaraf dalam tubuh. Perlunya penanganan cepat dari penyakit ini agar terhindar dari resiko yang lebih membahayakan. beberapa orang menggunakan suplemen atau memijatnya demi mengurangi rasa sakit yang timbul. Tetapi, beberapa orang tahu alternatif obat alami yang bisa digunakan.

18 Obat Alami Pegal Linu yang Ampuh untuk Tubuh

Bagaimana? Anda tahu tentang alternatif obat alami pegal linu? Inilah pemaparanya untuk Anda, semoga bermanfaat :

1. Susu


Kebutuhan dari kalsium tinggi dalam menopang perkembangan tulang dan kekuatannya sangat diperlukan. Seseorang akan mengalami sakit pegal linu akibat kekurangan zat kalsium sebagai pengencer sendi Anda dan penyuplai kekuatan tulang. Mengkonsumsi susu baik pada usia anak anak, remaja sampai dewasa bahkan orang tua mampu mengurangi resiko pegal linu sampai pada oesteoporosis.

2. Kunyit


Salah satu bumbu dapur yang kaya manfaat. Kunyit ini dapat mengurangi resiko pegal linu Anda.. Pemanfaatanya bisa Anda oleskan pada area yang sakit dan Anda minum. Cukup sekali dalam satu hari saja, Anda akan merasakan perubahannya.

3. Jahe


Merupakan bumbu dapur yang lain untuk diambil manfaatnya sebagai obat pegal Linu. Khusus untuk jahe ini Anda dapat menggunakannya sebagai obat pijat. Parutlah jahe 1 siung sampai halus diatas daun pisang. Kemudian urut pada area yang mengalami pegal linu. Jahe yang memiliki karakteristik panas ini , akan memperlancar peredaran darah Anda. Sehingga urat urat pada tubuh akan kembali relaks.

4. Buah Jeruk


Kandungan zat dalam jeruk yang mampu dijadikan sebagai zat anti inflamasi ini bisa mengurai persendian Anda. beberapa dianataranya dapat Anda lakukan hanya dengan mengkonsumsinya sebagai buah. selain itu, vitamin c dalam jeruk mampu membuat Anda terhindar dari berbagai infeksi.

5. Madu dan Telur


Khasiat madu sebagai obat memang tidak diragukan lagi. Campuran madu dan telur bisa dimanfaatkan sebagai obat pegal linu untuk Anda. Usahakan gunakan telur bebek. Pemanfaatannya cukup Anda kocok madu, telur dan sedikit air hangat. Lalu konsumsu 2 x sehari. Bahkan, ramuan ini cocok untuk kebugaran Anda terhadap pasangan.

6. Kopi


Selain sebagai pelengkap Anda dalam nongkrong dan berbincang bincang ternyata, kopi memiliki manfaat sebagai obat herbat pegal linu. Seseorang yang mengkonsumsi kopi, mampu menyegarkan stamina. Jika Anda merasa lelah dan letih, seduh kopi dapat Anda jadikan solusi terbaik untuk obat kelelahan Anda.

7. Buah Pisang


Mineral potasium pada pisang dapat menghilangkan rasa nyeri yang dialami. Buah ini sangat cocok dan mudah ditemukan bagi Anda untuk dikonsumsi secara teratur. Apalagi bagi Anda yang memiliki aktifitas padat dan beresiko kelelahan yang berakibat pada rasa pegal linu.

8. Air Lemon


Asam sitrat dan Vitamin C dalam air lemon mampu dijadikan sebagai alternatif obat pegal linu. Asam sitrat ini sangat baik digunakan untuk menyeimbangkan kadal alkalin dalam tubuh. Memanfaatkan air lemon ini setiap hari dapat mendukung kebugaran Anda dalam aktifitas sehari hari.

9. Sayur wortel


Sayuran ini sering Anda temui pada sayur sop. warnanya yang mencolok merupakan kekhasan dari Wortel ini. Apalagi kandungan anti oksidan dan betakaroten didalamnya mampu dijadikan sebagai obat pegal linu.

10. Bawang Putih dan Minyak zaitun


Kedua bahan tersebut dapat Anda jadikan sebagai obat oles pada penderita pegal linu. Haluskan kedua bahan dan balurkan ke bagian tubuh yang merasa pegal. Dan pijatlah halus sehingga otot akan kembali rileks.

Baca Juga: 19 Obat Anyang-Anyangan Paling Efektif untuk Kesehatan Tubuh

Tidak cukup sampai diatas, beberapa obat alami lain yang bisa Anda gunakan sebagai obat pegal linu yaitu:

Obat Alami Pegal Linu yang Ampuh Lainnya


11. Mengkonsumsi Oatmeal
12. Mengkonsumsi Buah Apel
13. Mengoleskan Minyak cengkeh
14. Mengkompres es Batu
15. Mengkonsumsi Buah Delima
16. Mengkonsumsi Ikan salmon
17. Mengkonsumsi Buah ceri
18. Mengoleskan ekstrak daun rosemeri

Informasi diatas perlu Anda ketahui, terutama jika Anda mempunyai gejala penyakit pegal linu yang sering kambuh. Gunakan berbagai alternatif obat herbal secara cermat. Karena tidak Anda sadari mereka ada di sekitar Anda.