Langsung ke konten utama

10 Obat Alami Mata Ikan yang Ampuh untuk Tubuh

Nah, sebelumnya kita sudah membahas beberapa penyebab dari munculnya penyakit mata ikan di tubuh Anda. Sekarang kita akan lebih fokus bagaimana mengatasi penyakit ini dengan mencoba beberapa obat alami yang cukup ampuh. Penyakit mata ikan sendiri merupakan penyakit luar, bukan penyakit dalam. Jadi penyembuhannya tidak akan terlalu sulit.

Selain obat medis, Anda bisa membuat beberapa obat alami dulu untuk mengatasi mata ikan di kaki maupun di tangan. Beberapa bahannya bisa Anda temukan dengan mudah di rumah dan cara mengolahnya juga cukup mudah. Obat alami merupakan alternative bagi Anda yang ingin mengatasi mata ikan tanpa bahan-bahan kimia dari obat medis.

10 Obat Alami Mata Ikan yang Ampuh untuk Tubuh

Langsung saja kita ulas bersama apa saja obat alami mata ikan yang ampuh untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Obat Alami Mata Ikan yang Efektif


1. Cuka apel


Obat alami pertama untuk mengatasi mata ikan yaitu cuka apel. Dalam dunia kecantikan, cuka ini digunakan untuk mengatasi jerawat yang meradang. Sekarang, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi mata ikan dengan cara merendam bagian tubuh yang terkena mata ikan dengan cuka apel selama kurang lebih 20 menit.

2. Lemon


Buah lemon ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi mata ikan di kulit. Hal ini karena lemon mengandung vitamin C yang cukup banyak. Vitamin ini berguna untuk menyembuhkan mata ikan. Letakkan saja beberapa potongan lemon ke kulit Anda yang terserang mata ikan.

3. Getah kamboja


Anda bisa mengambil sedikit getah dari pohon kamboja untuk mengatasi penyakit mata ikan. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan getah ini ke bagian tubuh yang terkena mata ikan sampai kering.

4. Getah pepaya


Sama dengan getah kamboja, getah pepaya juga dikatakan ampuh untuk mengatasi penyakit mata ikan. Tunggu getah pepaya sampai mongering dan oleskan getah ini ke bagian kulit dengan mata ikannya secara rutin.

5. Batu apung


Sebelum menggosok kulit Anda dengan batu apung, sebaiknya Anda merendam terlebih dahulu bagian tubuh yang terkena mata ikan dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit Anda terbuka dan dapat dengan mudah mengatasi mata ikan dengan menggosok batu apungnya.

6. Daun dewa


Bagian dari tanaman dewa yang bisa dijadikan sebagai obat mata ikan yaitu daunnya. Haluskan beberapa daun ini kemudian oleskan ke bagian tubuh yang terdapat mata ikannya. Lakukan ini rutin setiap hari.

7. Bawang putih


Kandungan antiseptic dalam bawang putih mampu menyembuhkan beberapa penyakit kulit, termasuk penyakit mata ikan. Anda bisa mengoleskan bawang putih yang sudah halus ke bagian mata ikan kemudian menutupnya dengan kain kasa.

8. Baking soda


Selama ini kita mengenal baking soda sebagai salah satu bahan masakan. Padahal banyak kegunaan baking soda lainnya yang perlu Anda ketahui, seperti memutihkan dan gigi dan juga mengatasi mata ikan. Campur air soda dengan sedikit air dan oleskan ke mata ikan di kulit Anda.

9. Air kapur sirih


Haluskanlah kapur sirih dan beri sedikit air. Ramuan air kapur sirih ini cukup ampuh untuk menyembuhkan kulit Anda dari mata ikan. Tunggu hingga airnya kering kemudian baru dibilas dengan menggunakan air
bersih. Basuhlah dengan air bersih sampai air kapur sirihnya benar-benar mongering.

10. Sabun colek


Cara yang satu ini termasuk cara yang sedikit aneh. Banyak orang yang menggunakan sabun colek untuk mengatasi mata ikan. Cukup dengan menggosoknya saja ke bagian kulit yang ada mata ikannya. Zat panas dari sabun colek yang menyentuh kulit Anda mampu mematikan mata ikan yang menempel sehingga mudah untuk disembuhkan.

Baca Juga: 5 Penyebab Mata Ikan yang Menyerang Tubuh

Beberapa obat alami di atas perlu Anda gunakan teratur ketika mata ikan menyerang sampai penyakit ini sembuh. Usahakan rutin agar penyakit ini tidak menyerang kembali. Namun jika obat alami diatas belum memberikan efek yang signifikan untuk kesehatan tubuh Anda, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter. Jika penyakit mata ikan ini sudah hilang, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kaki serta tangan Anda.