Langsung ke konten utama

9 Obat Alami Kelenjar Tiroid yang Ampuh untuk Tubuh

Penyakit kelenjar tiroid sering dikenal sebagai penyakit gondok. Penyakit ini dikenal dalam 4 tipe secara medis, yaitu hipotirodisme, hipertirodisme, gondok tiroid dan nodul tiroid. Penyebab penyakit ini adalah bisa jadi pola makan yang kurng teratur, lebih sering mengkonsumsi makanan dingin, adanya paparan radiasi yang terkena tubuh dan keturunan. Gejala yang timbul biasanya di tAndai dengan demam, berkeringat, mesntruasi yang tidak teratur, dan pembengkakan pada area leher.

Permasalahan dari kelenjar tiroid yang Anda derita akan mengganggu segala aktifitas terutama saat Anda makan. Terutama hal ini berkenaan dengan leher yang merupakan serangkain saluran pencernaan awal manusia. Apabila seseorang mengalami penyakit ini, dapat ditanggulangi dengan pengobatan medis atau herbal. Jika ingin menggunakan obat alami (herbal) Anda bisa mengkonsumsi beberpa obat yang mengandung senyawa asam sitrun dan tanin sebagai senyawa yang bisa mengurangi pembengkakkan.

9 Obat Alami Kelenjar Tiroid yang Ampuh untuk Tubuh


Obat Alami Kelenjar Tiroid


1. Daun Sambiloto


Khasiat daun ini sebagai pencegah peradangan sudah terbukti. Hal ini juga dapat Anda lakukan jika Anda mengalami permasalahan kelenjar tiroid. Kandungan zat andropoloid, neoandrogatolide dan dehidroandrografolide didalamnya dapat mencegah peradangan.

Caranya hanya merebus sekitar 10 lembar daun sambiloto dengan 3 gelas air sampai mendidih. Susutkan hingga menjadi 1 gelas, saring dan tunggu sampai dingin lalu minum secara rutin.

2. Temu Putih


Kombinasi dari daun sambiloto adalah temu putih ini. senyawa kurkumiroid, falvonoid dan polifenol dapat menyangkal sel sel yang terjangkit kangker agar tidak berkembang. Pemanfaatanya campurkan temu putih pada ramuan daun sambiloto, dan minum secara teratur. Jangan gunakan temu putih ini secara berlebih, cukup sedikit saja sekitar satu jari kelingking yang dipotong kecil kecil.

3. Daun Ciplukan


Pohon ini sering tumbuh di sawah atau kebun dan berbuah manis. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi daunya memiliki khasiat untuk pengobatan. Cukup mengambil segenggap daun ciplukan dan rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih.

Tunggu hingga tersisa 1 gelas dan minum sehari 2 kali. Kandungan senyawa asam sitrun, asam malat, cholegenic acid dan tannin bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan akibat penyakit kelenjar tiroid.

4. Belimbing wuluh


Belimbing ini sangat memiliki rasa asam yang kuat. Buahnya berbentuk lonjong hijau kecil kecil sebesar ibu jari. Belimbing ini dapat Anda gunakans ebagai obat oles pada area leher bagi penderita penyakit kelenjar tiroid. Cukup dengan menghaluskan beberapa belimbing wuluh, kemudian balurkan pada area leher Anda. Kandungan senyawa tannin didalam belimbing inilah yang dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

5. Selada Air


Sebenarnya selada air ini difungsikan sebagai sayuran untuk mencegah terkena penyakit kelanjar tiroid. Anda cukup memasaknya seperti dicampurkan dalam soup atau makanan lainya untuk Anda konsumsi setiap hari. Kandungan yodium dan sufur pada sayuran ini mampu mencegah resiko penyakit gondok.

6. Kunyit putih dan Daun Benalu


Kedua bahan ini cukup Anda rebus dengan tambahan perasan lemon. Jika Anda mengkonsumsinya secara rutin setidaknya 3 hari sekali, Anda dapat mengurangi pembengkakan yang Anda derita akibat penyakit gondok Anda.

7. Kulit Manggis


Jangan salah sangka terkait pemanfaatan kulit manggis ini. Bahkan kasiat dari buah ini lebih besar kulitnya daripada isinya. sekarang lagi, banyak produsen obat herbal memanfaatkan kulit manggis untuk diambil ekstraknya. senyawa anti prolliferasi pada kulit manngis mampu menekan pergerakan sel sel yang abnormal. sehingga akan mengurangi rasa sakit dari peradangan penderita kelenjar tiroid.

8. Daun Sirsak


Cukup merebus daun sirsak ini dan Anda konsumsi setidaknya 2 kali sehari dapat Anda jadikan alternatif obat penghilang peradangan pada nyeri penyakit kelenjar tiroid. Hal ini dikarenakan kandungan zat acetogenins mampu menghambat pergerakan sel sel yang salah.

9. Daun dewa dan Benalu Teh


Senyawa flavonoid di dalam kedua bahan tersebut merupakan kehebatan dari tanaman herbal. Kedua bahan tersebut juga mampu digunakan sebagai ramuan untuk membantu mengurangi pembengkakan pada penderita penyakit kelenjar tiroid.

Baca Juga: 12 Obat Medis dan Alami Cacar Api yang Paling Efektif

Penggunaan obat herbal akan mengurangi resiko ketergantungan terhadap obat kimia yang harus Anda pahami. Pemanfaatan segala sesuatu yang bisa Anda gunakan sebagai obat, perlu pemahaman dan pengetahuan. Sehingga Anda dapat menghiasi halaman kosong Anda dengan berbagai tanaman herbal.