8 Minuman Penyebab Asam Urat yang Perlu Dihindari

Asam urat merupakan salah satu situasi yang bisa mengakibatkan rasa nyeri pada persendian yang menyakitkan. Biasanya yang sering diserang yaitu pergelangan kaki, sendi jari tangan, jari kaki dan lutut. Pada umumnya penyakit ini di sebabkan oleh adanya zat yang menumpuk di dalam darah, hal inilah yang di kenal oleh semua masyarakat dengan nama asam urat. Penyakit ini lebih rawan menyerang laki-laki dari pada wanita.

Berbicara tentang asam urat bisa juga di sebut gout dan pirai. Kebanyakan orang menyamakan asam urat denagn reumatik. Sebenarnya sangat berbeda sekali, rasa sakit reumatik terdapat pada bagian sendi atau otot yang pada saat itu terserang peradangan. Sementara asam urat yang di sebabkan rasa sakit pada bagian sendi. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa minuman yang dapat menyebabakan terserang oleh asam urat, berikut inilah beberapa penyebabnya.


1. Sari kacang hijau


Minuman penyebab asam urat yang pertama yaitu sari kacang hijau. Hal ini terjadi karena kacang hijau memiliki zat purin cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan terkena asam urat. Jika anda termasuk orang yang  sudah terbiasa mengkonsumsi kacang hijau kurangilah demi kesehatan tubuh.

2. Susu kedelai


Selain sari kacang hijau ternyata susu kedelai juga dapat menyebakan anda terkena asam urat. Orang yang menderita asam urat sangat di sarankan untuk menghindari minuman tersebut, sebab kedelai dapat memberikan resiko berat bagi anda. bagi yang tidak menderita, tapi sudah terlanjur menyukai susu kedelai sebaiknya untuk menguranginya.

3. Wine


Wine merupakan salah satu jenis minuman yang beralkohol dan minuman yang terdapat alkohol di dalamnya bisa  menganggu kesehatan tubuh. bagi anda yang memiliki penyakit asam urat, mengkonsumsi wine secara terus menerus dapat memperparah kondisi dari sebelumya. Maka dari itulah wine tidak dianggap bagus bagi penderita asam urat.

wine mempunyai zat purin yang cukup banyak, dengan adanya hal ini tentu dapat menyebabkan asam urat, terlalu berlebih mengkonsumsi minuman ini tanpa di kontrol  dengan baik,bisa jadi dapat meningkatkan terkena asam urat. Meminum-minuman tersebut sebenarnya tiada larangan, namun anda harus mengetahui juga takaran yang bagus bagi tubuh anda.

4. Bir


Minuman beralkohol memang banyak macam salah satunya adalah bir yang termasuk dalam katagori minuman keras dilarang. Anda pasti tahu sendiri bahaya ketika mengkonsumsi minuman keras sangatlah besar bagi kesehatan tubuh. ternyata bir bisa membawa dampak terjadinya asam urat, jika mengkonsumsinya setiap hari.

Ragi jamur termasuk bahan untuk membuat bir yang sudah di ketahui jenisnya saccharomyces cerevisiae yang bisa mengakibatkan peradangan. Berlebihan mengkonsumsi bir dapat menyebabkan inflamasi asam urat. Maka dari itu, ikutilah tips diet sehat serta untuk menjahui minuman keras, situasi gejala asam urat anda supaya tidak memburuk. Sebaiknya minumlah air putih sebagai kebiasaan hidup sehat.

5. Minuman bersoda


Apabila anda salah satu orang penggemar minuman bersoda anda wajib mengetahui. Hal ini di sebabkan karena minuman yang di dalamnya terkandung sodah bila mengkonsumsinya secara berlebihan pasti anda akan terserang asam urat. Selain itu, minuman bersoda bisa merusak ginjal dan mengakibatkan berdampak buruk yaitu gagl ginjal.

6. Kopi


Minuman berkafein dapat menyebabkan asam urat seperti halnya kopi. Kalau anda sudah tahu bahwa kopi merupakan minuman yang berkafein sebaiknya di hindari. Mengkonsumsi kopi setidaknya harus anda hindari ketika sudah merasakan gejala asam urat muncul secara tiba-tiba. Apakah anda orang penggemar kopi? Kalau iya batasilah untuk mengkonsumsi kopi untuk menghindari asam urat.

7. Teh


Minuman yang terlalu sering di konsumsi oleh seseorang adalah kopi dan teh. Teh juga termasuk minuman yang bisa menyebabkan gagal ginjal, namun juga memiliki kemampuan untuk mengakibatkan terkena asam urat. Sebaiknya minuman yang saya sebutkan semua di atas batasilah untuk mengkonsumsinya, jika anda termasuk orang yang berlebihan mengkonsumsinya. Tapi bukan teh hijau, yang dimaksut adalah teh biasa yang dapat memicu gejala asam urat.

8. Minuman dengan kadar gula yang tinggi


Sebuah penelitian mengatakan bahwa minuman yang ringan manis , dan minuman di dalamnya terkandung furktosa tinggi dapat menyebabkan terserang asam urat.

Baca Juga 18 Makanan yang Baik untuk Syaraf Kejepit Aman dan Alami

Beberapa macam minuman yang dapat menyebabkan asam urat seperti diatas silahkan anda hindari. Jika anda termasuk orang yang menderita asam urat sebaiknya hindarilah berbagai minuman yang saya sebutkan di atas. tetaplah menjaga pola hidup yang sehat agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Loading...
Loading...