Langsung ke konten utama

19 Cara Mengobati Cacar Air Alami dengan Cepat dan Ampuh


Mengobati Cacar Air - Penyebab cacar air adalah infeksi oleh virus Varisela. Penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak. Namun cara mengobati cacar air pada anak-anak dan dewasa tidaklah sulit. Cacar air ditandai dengan munculnya gejala ruam merak yang merata ke seluruh tubuh. Gejala ini diiringi kondisi demam, mual, sakit kepala, cepat lelah dan rasa nyeri pada otot tubuh.



Pada orang dewasa cacar air ruam yang timbul akan menjadi bentol-bentol atau gelembung berisi air dan terasa sangat gatal. Setelah 1 atau 2 hari maka gelembung itu akan mengering dan terkelupas. Umumnya cacar air baik pada orang dewasa maupun anak-anak bisa diobati sendiri. Terapkanlah salah satu cara mengobati cacar air berikut ini siapa tahu ada yang cocok.

1. Air Rebusan Temulawak


Sediakanlah 25 ram temulawak segar lalu rebus dengan 600 cc air. Selanjutnya minumlah air rebusan emulawak ini 2 sampai tiga kali sehari. Cara mengobati cacar air menggunakan temulawak ini terbukti manjur. Kandungan kurkuminoid temulawak akan berkhasiat menetralkan racun dan meredakan nyeri, sekaligus sebagai antibiotik dan antioksidan. Kandungan minyak atsiri dalam temulawak juga berguna untuk mencegah pembengkakan.

2. Jus Buah Mengkudu


Anda juga bisa mengobati cacar air dengan buah mengkudu. Buatlah jus buah mengkudu dengan cara merebus buah yang telah masak. Selanjutnya saring dan minumlah air rebusan buah mengkudu tersebut sehari 3 kali.buah mengkudu memiliki senyawa terpenoid, anti bakteri dan scolopetin. Terpenoid berguna untuk pemulihan sel tubuh. Anti bakterinya akan mencegah cacar air kian parah. Sedangkan scolopetin efektif untuk menfegah radang.

3. Daun Pegagan


Daun pegagan menjadi bahan herbal selanjutnya untuk mengobati cacar air. Pemanfaat daun pegagan adalah dengan merebus lalu meminum air rebusannya. Bisa juga dengan menjadikannya sebagai jus dengan tambahan madu untuk menghilangkan rasa pahitnya.

4. Jagung Muda


Jagung muda juga telah banyak dipakai masyarakat untuk mengobati cacar air. Selain itu juga berfungsi sebagai perawatan kulit setelah sembuh dari cacar air. Haluskanlah buah jagung muda dengan cara diparut. Selanjutnya oleskan pada bagian kulit yang menderita cacar. Tunggulah hingga mengering dan setelah itu boleh dibilas. Senyawa prokaroten dalam biji jagung muda akan bekerja menyembuhkan sekaligus menghilangkan bekas cacar air.

5. Berendam Dengan Air Kunyit


Kunyit merupakan tanaman herbal yang ampuh untuk mengobati cacar air dengan cepat. Berbagai kandungan zat alami dalam kunyit ampuh untuk menyembuhkan cacar air. Bahkan kunyit bisa menyembuhkan cacar air dalam waktu 7 hari saja.

Untuk cara mengobati cacar air dengan kunyit Anda bisa gunakan segenggam rimpang kunyit, bersihkan, kupas lalu parut. Setelah itu siapkanlah bak atau wadah besar yang cukup untuk berendam penderita cacar air. Isi dengan air hangat, lalu campurkan kunyit halus ke dalam air hangat dan aduk hingga merata. Setelah itu penderita cacar air disuruh berendam dalam air itu selama 30 menit. Lakukan pengobatan ini tiap hari sampai sembuh.

6. Masker Kacang Hijau


Masker kacang hijau sangat baik untuk mempercepat pengobatan cacar air. Vitamin E dalam kacang hijau akan berguna untuk menghaluskan kulit setelah sembuh dari cacar air. Untuk caranya, rendamlah kacang hijau hingga mengembang lalu haluskan dengan diblender atau ditumbuk. Setelah itu gunakan bubuk kacang hijau tersebut sebagai masker pada kulit yang menderita cacar air.

7. Air Rebusan Kacang Polong


Siapkanlah kacang polong secukupnya lalu rebus hingga mendidih dan airnya susut. Selanjutnya setelah dingin air rebusan tersebut dioleskan ke bagian kulit yang terkena cacar. Air rebusan kacang polong ini efektif untuk mencegah iritasi, nyeri dan peradangan pada kulit yang ruam akibat cacar air.

8. Baking Soda


Cara mengobati cacar air yang selanjutnya adalah menggunakan bahan kimia, yaitu baking soda. Bahan ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan cacar air. Soda kue ini bida dipakai sebagai masker untuk mengelupas sisa-sisa kulit mati akibat cacar yang telah mengering. Hanya saja karena sifatnya yang agak keras, jika ternyata Anda merasakan perih sebaiknya hentikan pengobatan cacar air dengan baking soda.

9. Bubuk Lada


Meskipun mengakibatkan rasa panas dan perih, namun banyak yang membuktikan bahwa bubuk lada efektif untuk mengobati cacar air. Caranya juga sangat mudah. Bersihkan bagian kulit yang terkena cacar air lalu taburi dengan bubuk lada. Diamkan dan tahan sejenak rasa panas yang timbul. Setelah itu bersihkan dengan air.

Lada diketahui memiliki kandungan senyawa anti bakteri yang ampuh. Lada juga berguna untuk mencegah infeksi. Kandungan vitamin E-nya akan membantu pemulihan kulit setelah sembuh dari cacar air

10. Madu


Madu bisa menjadi bahan antioksidan, anti jamur sekaligus sebagai antiseptik alami.madu mengandung antioksidan, anti mikroba dan juga anti jamur yang akan membuat ruam dan luka di kulti segera sembuh.

Cara Mengobati Cacar Air Lainnya :


11. Minyak Cendana
12. Air Rebusan Daun Jarak
13. Kulit Pisang
14. Masker Bengkoang
15. Minum Air Kelapa Muda
16. Masker Oatmeal
17. Kacang Hijau
18. Bangkoang
19. Daun Pegangan

Baca Juga: 35 Pencegahan dan Pengobatan Cacar Air Paling Manjur


Mengobati cacar air dengan bahan alami akan lebih mudah, hemat dan tidak menimbulkan efek samping. Jika cacar air anda tidak bisa di sembuhkan dengan obat alami baru anda memeriksakannya ke dokter. Memang beberapa penyakit kulit sering timbul karena kebersihan badan tidak terjaga. Selain itu lingkungan yang kumuh dan virus juga mengakibatkan anda terserang penyakit cacar air.