Langsung ke konten utama

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi

Cara Mengatasi Kepala Peyang - Kepala peyang pada bayi merupakan salah satu kepala yang tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Sebab hal ini sering menjadi keluhan para orang tua dan banyak yang mengeluhkanya meskipun tidak menyebabkan sakit kepala atau gejala yang lainya. Sebagian dari orang tua kebanyakan khawatir apabila kepala anak-anaknya mengalami peyang dapat mempengaruhi pada kesehatan dan otak.

Kepala Peyang, Kepala Peyang Pada Bayi


Berbicara tentang kepala peyang setelah seorang wanita melahirkan biasanya mereka sering di nasehati agar memindah-mindahkan posisi tidur sibalita. Supaya kepala si kecil tidak mengalami peyang yang disebabkan karena tidur selalu terlentang setiap hari. Berikut inilah beberapa cara untuk mengatasi kepala peyang yang dapat anda terapkan sehari-hari.

1. Memvariasi posisi bayi saat tidur


Cara untuk mengatasi kepala peyang pada bayi yang pertama anda dapat memvariasi posisi bayi saat tidur. Jadi, pada saat si balita belum berumur tiga bulan, ibu-ibu di sarankan pada saat menidurkan si bayi dalam keadaan telentang saja. Hal ini di sebabkana oleh kekuatan motorik dari si mungil dalam keada’an spesifik. Maka dari itu, para ibu di suruh menolong posisi si kecil tidak telentang setiap hari. tetapi bergiliran, yaitu menolongnya dalam kondisi miring serta mengkurap.

2. Menggunakan bantal khusus


 Selain memvariasi posisi bayi saat tidur cara lainya untuk mengatasi kepala peyang pada si balita anda dapat menggunakan bantal khusus. Pada dasarnya kepala seseorang peyang itu dapat disebabkan dari awal masi bayi, ketika tidur telentang selalu di diamkan. Saat anda memiliki bayi, apabila ingin terhindar dari kepeyangan meski tidur dalam posisi telentang,  anda dapat membeli bantal khusus untuk si balita. Anda dapat menerapkan cara ini  Agar lebih aman untuk si kecil.

3. Memakai helm khusus


Memakai helm khusus merupakan salah satu solusi yang paling baik ketika anda berusaha semaksimal mungkin tapi tak ada hasil yang maksimal. Pada saat mengatasi kepala peyang terutama bagi balita, anda dapat mempersiapkan helm khusus yang tertentu, yang diyakini mempunyai kemampuan untuk memperbaiki bentuk kepala si bayi, apabila hasilnya kurang memuaskan.

4. Mengubah posis serta letak tempat tidur bayi


mengubah posisi pada bayi secara teratur ada baiknya untuk si kecil. Hal tersebut sangat baik sekali bagi si bayi karena dapat melihat dari sisi yang berlainan. Dengan menggunakan cara seperti ini anda dapat membantu untuk mengatasi kepala bayi anda yang mengalami peyang.

5. Membantu bayi mengubah posisi tidur


Pada saat anda melihat kepala si kecil mengalami tidak rata atau bisa di sebut dengan peyang. Segeralah untuk membantunya, dengan cara melatih si kecil untuk mengubah keadaan tubuhnya sendiri. Pada awalnya anda dapat menolong untuk merubah posisinya. Namun, yang lebih baik anda dapat melatihnya untuk mandiri.

6. Mengubah posisi ketika menyusui


Ada baiknya bagi ibu –ibu ketika menyusui untuk memindah-mindah pada waktu menyusui si bayi. Hal ini disebabkan karena pada saat dalam kondisi tidur ibu menyusui si kecil tidak memvariasikanya sehingga kebanyakan kepala si balita menjadi peyang. Jangan meremekan kebiasaan tersebut karena kepala si bayi dapat bertamabah parah yang disebabkan kecerobohan anda sendiri.

7. Menambah tummy time


Ketika si kecil sedang bermain ada baiknya anda baringkan dalam keadaan tengkurap dimana sandaranya pada saat itu ada di perut. Situasi inilah yang dinamakan tummy time, hal ini sangat bagus sekali untuk pertumbuhan balita sebab dapat menangani sekaligus mengelak jenjang kegawatan peyang di kepalanya. Jika si kecil sering melakukan hal tersebut kemungkinan besar dapat terhindar dari sakit kepala yang disebabkan sungguh-sungguh menjalani tummy time.

8. Tidak memenuhi tempat bayi dengan mainan


Sebaiknya tempat tidur si kecil di jauhkan dari mainan. Hal ini di sebabkan karena agar sikecil dapat mengubah-ubah posisi tubuhnya bergilir lebih bebas dan dapat mencegah kepala peyang yang parah. Situasi seperti ini dapat menjauhkan bayi dari mainan berbahan keras yang dapat menyebabkan benturan di kepala.

9. Sering Mengubah cara menggendong


Mungkin terdengaranya di telinga anda sangat aneh tapi percaya atau tidak terserah anda. bahwa dengan cara menggendong bayi yang selalu diletakkan pada tempat yang sama tanpa adanya bergantinya posisi hal ini dapat menjadikan kepala bayi mengalami peyang.

10. Sering mengubah posisi tidur


Ketika melihat bayi anda tidur dalam satu posisi janganlah di biarkan, karena hal ini dapat menyebabkan tekanan yang berkepanjangan pada satu bagian kepala yang tertentu. Sehingga bisa menimbulkan peyang. Sebaiknya anda sering-sering untuk mengubah posisi tidur bayi anda agar terhindar dari kepeyangan.

Baca Juga: 6 Cara Melakukan Pencegahan Bibir Sumbing pada Calon Bayi


Berbagai macam cara untuk mengatasi kepala peyang pada bayi sebenarnya bisa diatasi oleh orang tua. Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah untuk menjaga bayi anda agar terhindar dari penyakit dan hal yang tidak diinginkan.