Langsung ke konten utama

19 Manfaat Mengurangi Porsi Nasi Putih ketika Makan untuk Kesehatan

Bagi sebagian besar orang asia khususnya Indonesia, makan merupakan hal yang ditunggu tunggu. Kebersamaan dalam menyantap hidangan akan lebih indah dengan orang orang dekat disekitarnya. Pastinya, dalam setiap hidangan makan baik makan malam, makan siang ataupun makan pagi hidangan pokok berupa nasi harus ada.

Apalagi skeptisme seseorang terhadap makan harus dengan nasi susah dihilangkan. Namun, perlunya mengurangi konsumsi nasi untuk kesehatan jelas diperlukan. Apalagi bagi kaum urban sekarang ini mengurangi konsumsi nasi adalah hal yang wajar.

19 Manfaat Mengurangi Porsi Nasi Putih ketika Makan untuk Kesehatan

Berikut ini ada beberapa ulasan mengenai manfaat mengurangi konsumsi nasi yang baik bagi tubuh. Silahkan simak berikut ini :

1. Mampu Mencegah Malnutrisi


Kekurangan nutrisi akibat kelebihan konsumsi nasi bisa saja terjadi. Kekenyangan akibat terlalu banyak mengkonsumsi nasi merupakan faktor utama terjadinya kendala ini. Kandungan nutrisi pada nasi yang secara gizi memiliki nutrisi rendah dan dikonsumsi berlebihan maka tubuh akan merasa kurang enak. Karena nutrisi lain tidak terpenuhi akibat kekenyangan. Jadi usahakan mengurangi nasi, dan hentikan makan sebelum kenyang. Ganti nasi dengan kentang atau sejenisnya yang lebih bermanfaat.

2. Stabilisasi Kadar gula darah


Mengurangi nasi mampu memberikan manfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. dengan mengurangi nasi ini, maka dipastikan gula darah Anda akan lebih terkontrol dibandingkan mengkonsumsi nasi secara berlebihan. Jika hal ini tidak dilakukan, maka kadar gula darah Anda akan cepat naik dan beresiko terkena penyakit diabetes.

3. Meningkatkan Tenaga


Siapa bilang mengurangi konsumsi nasi membawa dampak tubuh cepat lemas dan lelah. Justru dengan mengurangi konsumsi nasi, Anda akan lebih nyaman dan merasa enak dibanding memakan nasi secara berlebihan. Tenaga yang dihasilkan oleh tubuh dengan mengurangi konsumsi nasi dapat mengoptimalkan kandungan lemak jenuh dalam tubuh. Sehingga kestabilan tubuh Anda dapat mengontrol sumber energi secara lebih efisien.

4. Menurunya Selera makan


Penurunan selera makan ini dapat menjadi alasan bagi seseorang yang takut akan resiko obesitas. dengan mengurangi nasi secara bertahap, maka resiko terhadap obesitas bisa teratasi. Hal ini berkaitan dengan selera dan nafsu makan yang menurun. Hormon rasa lapar akan berangsur menurun dan resiko kegemukan pasti terhindarkan.

5. Berat badan menurun


Manfaat ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang sedang menjalani proses diet. Diet yang baik adalah dengan mengurangi konsumsi nasi putih secara berlebihan. karbohidrat rendah akan berdampak pada badan dan proses penutunan berat badan lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang memecah lemak lebih cepat.

6. Mengurangi resiko sembelit


Sembelit yang diakibatkan karean malnutrisi tadi akan diperparah jika Anda tidak mengurangi konsumsi nasi pada setiap Anda makan. Beberapa orang mengatakan bahwa, fases padat akibat konsentrasi asupan nasi berlebih adalah faktor utama terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, untuk membantu memperlancar resiko ini, kurangi konsumsi nasi dan perbanyak air putih.

7. Meningkatkan Konsentrasi


Peningkatan konsentrasi ini dipicu oleh otak yang secara berangsur mengalami proses adaptasi. tubuh yang secara alami mengalami kekurangan glukosa akibat mengurangi konsumsi nasi akan direspon oleh otak untuk mencari sumber lain yang dapat digunakan. Senyawa ketonlah yang dapat bekerja jauh lebih baik sehingga Anda dapat berkosentrasi lebih baik dan akan mampu mengingat dengan mudah.

8. Mencegah dan mengobati diabetes


Seperti yang sudah dipaparkan tadi bahwa diabetes dipicu oleh konsumsi nasi yang berlebihan. Sehingga dengan mengurangi konsumsi nasi, makan gula darah akan terkontrol dengan baik. Cegah permasalahan diabetes ini sejak dini dengan mengubah gaya hidup dengan mengurangi konsumsi nasi putih.

9. Mampu Menunda rasa lapar


Konsumsi nasi yang dikurangai justru membawa tubuh kita untuk berpola dengan jam makan. Kondisi ini akan membawa keteraturan pola makan Anda sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan jauh dari penyakit.

10. Menghindarkan resiko gangguan pencernaan


Tidak sedikit yang dialami banyak orang terhadap resiko kelebihan nasi putih. Beberapa orang mengalami permasalahan sembelit, susah BAB dan Perut buncit akibat penumpukan lemak. Jika terjadi hal sedemikian, segera kurangai konsumsi nasi untuk kesehatan Anda yang lebih baik.


Baca Juga: 15 Tips Mengatasi Tidur Ngiler yang Paling Efektif

Beberapa manfaat lainya dari mengubah porsi makan nasi dalam setiap kali Anda makan dapat dirasakan sebagai berikut


Manfaat Mengurangi Porsi Nasi Putih ketika Makan Lainnya


11. Meningkatkan libido
12. Mengurangi resiko kegemukan
13. Lebih awet Muda
14. Kelembapan kulit terjaga
15. Meningkatkan kecerdasan
16. Mengurangi rasa malas
17. Meningkatkan kekuatan tubuh
18. Mengurangi kerut wajah
19. Badan segar

Ubahlah gaya hidup Anda dengan berhenti mengkonsumsi nasi berlebihan. Kenyang bukanlah suatu ukuran terpenuhinya nutrisi tubuh Anda. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran dan buah lebih banyak ketika Anda makan. Kedua makanan tersebut bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.