Langsung ke konten utama

12 Makanan Penyebab Amandel Bengkak yang Perlu Dihindari

Amandel merupakan bagian tubuh yang berada sebelum masuk tenggorokan. Jadi amandel ini masih baik-baik saja bagi kesehatan jika memang ukurannya normal. Namun bagaimana ceritanya jika amandel membengkak? Bisa saja amandel menutupi tenggorokan yang bisa mengakibatkan anda susah menelan makanan. Tentu kita sangat tidak menginginkan hal itu terjadi, maka dari itu kita harus mengetahui apa saja makanan penyebab amandel bengkak.

Jika kita mengetahui apa saja makanan penyebab amandel bengkak, maka tentu akan mudah bagi kita untuk mencegah hal ini terjadi. Lantas, apa sajakah makanan penyebab amandel bengkak? Berikut di bawah ini ulasan selengkapnya yang dapat anda jadikan sebagai referensi cara mencegah amandel bengkak.

Makanan Penyebab Amandel Bengkak, Makanan Bahaya Penyebab Amandel Bengkak, Makanan Penyebab Amandel Bengkak yang Perlu Diwaspadai

1. Gorengan


Makanan penyebab amandel bengkak pertama adalah gorengan. Gorengan ini merupakan makanan yang sangat beresiko yang dapat menyebabkan amandel bengkak. Anda tentu sudah menngetahui jika gorengan ini mengandung minyak yang tinggi, nah itulah yang dapat menyebabkan amandel bengkak, bahkan dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, dan penyempitan pembuluh darah.

2. Makanan pedas


Setelah gorengan, makanan penyebab amandel bengkak yang kedua adalah makanan pedas. Ya, memang makanan ini sangat menggoda sehingga menyebabkan kita ingin banyak memakannya. Banyak orang yang sangat menyukai makanan pedas hingga tidak memiliki takaran ketika mengkonsumsinya, padahal makanan pedas merupakan salah satu makanan penyebab amandel bengkak.

3. Makanan panas


Jika anda suka mengkonsumsi makanan dalam keadaan panas, maka anda harus cepat-cepat meninggalkan kebiasaan ini, karena makanan panas merupakan salah satu makanan penyebab amandel bengkak. Lebih baik anda menunggu hingga makanan yang anda beli atau masak hingga agak hangat atau dingin dahulu agar aman untuk dikonsumsi.

4. Makanan kaleng


Selain makanan panas, ternyata makanan kaleng juga merupakan salah satu makanan penyebab amandel bengkak. Hal ini dikarenakan makanan kaleng termasuk ke dalam makanan cepat saji, dan makanan yang berada di dalam kaleng tentu mengandung pengawet yang kuat untuk membuat makanan tersebut tahan dalam jangka waktu yang lama. Pengawet itulah yang tentunya dapat menyebabkan amandel bengkak.

5. Makanan yang asin


Jika anda sangat suka dengan makanan yang memiliki rasa asin, maka anda harus mengurangi mengkonsumsinya. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin maka hal tersebut dapat menyebabkan amandel bengkak. Jika anda sudah mengalami amandel bengkak, maka anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang asin sama sekali karena hal itu dapat memperparah kondisi anda.

6. Penyedap makanan


Semakin modernnya teknologi di dunia menjadikan banyak pihak berlomba-lomba menciptakan sesuat hal yang fantastis, tak terlepas dalam bidang penyedap makanan ini. Banyak pihak yang berlomba-lomba menciptakan bumbu penyedap makanan yang menjadikan makanan lebih terasa gurih dan enak. Namun penyedap makanan ini dapat menyebabkan amandel bengkak karena mengandung pengawet yang kuat di dalamnya.

7. Makanan dan minuman dingin


Makanan penyebab amandel bengkak yang satu inilah yang mungkin sering anda dengar. Misal saja anak-anak tidak diperbolehkan orang tuanya untuk mengkonsumsi es bungkus plastik dengan banyak. Ya, hal itu benar karena hal tersebut dapat menyebabkan amandel bengkak. Hal ini tentu juga dapat terjadi pada orang dewasa, yang terpenting anda harus mengkonsumsinya dengan takaran yang sesuai.

8. Makanan yang asam


Makanan asam merupakan makanan yang sangat menggoda semua orang untuk menghabisinya. Makanan ini memang sangatlah nikmat jika memang dikonsumsi dalam porsi atau takaran yang sesuai. Namun jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka makanan tersebut dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan sehingga akan juga berpengaruh ke amandel. Makanan asam seperti rujak dan pempek ini merupakan salah satu makanan penyebab amandel bengkak.

9. Kekurangan vitamin C


Bukan hanya makanan yang dapat menyababkan amandel bengkak. Namun, jika anda kekurangan kandungan vitamin c di dalam tubuh anda, maka anda juga dapat mengalami amandel yang bengkak. Karena vitamin C ini memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh, yaitu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jika anda kekurangan, maka tubuh anda tidak bisa menghalau kandungan yang berbahaya bagi kesehatan anda.

10. Makanan yang tidak higienis


Jika mungkin anda suka membeli jajanan dipinggir jalan, anda haru berhati-hati dan menelitinya. Karena mungkin makanan dipinggir jalan terkesan kurang sehat dan kurang bersih. Maka dari itu yang menyebabkan makanan ini sebagai makanan penyabab amandel bengkak. Anda harus benar-benar memastikan bahwa makanan yang anda beli higienis.

Baca Juga 19 Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Selain 10 makanan penyabab amandel diatas, ada lagi 2 makanan penyabab amandel bengkak lain yang harus anda ketahui, antara lain:

2 Makanan Penyebab Amandel Bengkak Lainnya:


11. Makanan yang mengandung monosodium glutamate
12. Junk food dan fast food

Menghindari makanan penyebab amandel bengkak seperti diatas adalah hal yang penting untuk menjaga amandel anda agar depat berfungsi sebagai mana mestinya. Boleh saja anda mengkonsumsi makanan diatas, namun dengan catatan tetap pada porsi yang sesuai agar terhindari dari penyakit.