Langsung ke konten utama

7 Makanan Penghilang Ketombe yang Alami Dari Dalam Tubuh

Masalah ketombe bisa dialami oleh pria maupun wanita. Orang yang memiliki ketombe dirambutnya pasti akan merasa malu dan tidak percaya diri ketika bertemu, berpapasan, maupun duduk dengan orang lain. Seseorang terkena ketombe dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain usia, jenis kelamin, jenis kulit kepala, dan penyakit tertentu.

Masalah ketombe bisa diatasi menggunakan shampo yang dicuci dengan air bersih. Apalagi sekarang banyak sekalai merk shampo untuk merawat kulit kepala agar tetap segar, wangi dan tidak berminyak. Selain menggunakan shampo untuk mengatasui masalah ketombe, banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah datangnya ketombe.

7 Makanan Penghilang Ketombe yang Alami Dari Dalam Tubuh

Berikut adalah 7 makanan yang bisa mengatasi ketombe secara alami dari dalam.

1. Jahe


Jahe memiliki rasa yang khas ketika dijadikan minuman dan sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin karena dapat menghangkan badan.Saat ini jahe banyak sekalai yang mengolahnya menjadi minuman sashet dengan berbagai variasai dan tentunya dengan rasa pedasnya.

Kandungan jahe sangat berguna untuk mencegah ketombe datang menyerang kulit kepala Anda karena kandungan anti-bakteri dan anti-jamurnya. Selain itu, jahe juga dapat menjadikan aliran darah di kulit kelapa menjadi lancar, sehingga pertumbuhan rambut Anda akan semakin baik.

2. Biji Bunga Matahari


Anda tentu sudah tidak awam lagi dengan kuaci atau biji bunga matahari. Makanan ini memiliki bentuk yang kecil-kecil dan diselimuti oleh kulit. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang berguna sebagai anti-oksidan sehingga dapat menjaga kulit dari radikal bebas.

3. Bawang Putih


Bawang putih banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Anda dirumah pasti sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu dalam masakan. Jenis umbi-umbian yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat sebagai obat untuk mengatasi bermacam-macam penyakit, mulai dari penyakit ringan maupun berat. Tingginya senyawa Alicin dalam bawang putih dapat membantu menghilangkan ketombe karena Alicin merupakan senyawa anti jamur.

4. Pepaya


Buah yang satu ini memiliki rasa manis dan berwarna kuning keemasan bila sudah matang. Kandungan buah pepaya sangat kaya vitamin dan gizi dan dapat memperlancar pencernaa Anda.
Dalam buah pepaya terdapat biji kecil yang berwarna hitam. Bila diterapkan pada rambut, kandungan anti-jamur dapat mengurangi ketombe. Penggunaannya dengan menghaluskan biji pepaya berserta bijinya lalu pijat-pijatkan kulit kepala dan seluruh rambut beberapa menit lalu bilas menggunakn air bersih dan mengalir.

5. Gandum


Banyak orang yang mengkonsumsi gandum sebagai makanan pokok seperti nasi. Dari gandum dapat diolah menjadi roti, sandwich, bubur, maupun capcay.

Terdapat vitamin B6 (pyridoxine) yang tinggi pada gabdum. Secangkir minyak mentah gandum ternyata dapat menyediakan 75% asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin B6. Dengan demikian dapat mencegah penyakit pada folikel kulit dan rambut, termasuk ketombe yang ada pada rambut.

6. Apel


Rasa dari buah ini adalah manis dan segar ketika menggigitnya. Daging buah yang tebal dan tidak keras, menjadikan apel menjadi pilihan tersendiri bagi sesorang untuk dikonsumsi setiap harinya. Buah ini memiliki vitamin yang banyak seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 juga Vitamin C.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika kita mengkonsumsi buah apel, antaralain mencegah kanker, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengobati asma. Saat Anda terkena ketombe, buah apel sangat direkomendasikan untuk perawan rambut.

7. Kacang Polong


Bagi masyarakat Indonesia, kacang polong kurang begitu terkenal bila dibandingkan dengan kacang kedelai, kacang panjang, kacang kapri, maupun kacang tanah. Hal tersebut berbeda dengan masyarakat luar negeri yang tidak asing dengan kacang polong yang kaya akan gizi, enak, dan manis.

Manfaat apabila Anda mengkonsumsi kacang ini adalah menurunkan kolestrol, menambah masa otot, menurunkan gula darah, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis kacang polong hitam ternyata dapat mengatasi penyakit rambut seperti mengatasi kulit kepala yang kotor dan ketombe.

Caranya dengan menggilingnya terlebih dahulu menjadi tepung dan menambahkan air sehingga terlihat seperti pasta. Setelah itu olehkan pada kulit kepala dan bilas menggunakan air bersih setelah didiamkan selama 15 menit.

Baca Juga: 7 Efek Samping Obat Nitrazepam untuk Kesehatan Tubuh

Ketombe sangat mengganggu penampilan, terlebih lagi apabila profesi Anda dituntut untuk menarik dari ujung rambut dari ujung kaki. Konsumsi makanan yang sehat akan membuat kulit kepala Anda sehat dan tentunya jauh dari ketombe.