Langsung ke konten utama

10 Jenis Makanan Pencegah Flu dan Pilek untuk Kesehatan

Setiap orang pasti sudah megalami Flu, baik anak anak, dewasa sampai orang tua. Penyakit sejuta umat ini diindikasikan dengan hidung yang mulai terasa gatal, berair dan bersin - bersin. Jika demikian segera Anda obati sebelum terjangkit pilek atau flue tersebut.

Tidak usah khawatir, obat ini bukan sembarang obat karena bersumber dari makanan yang bisa meredakan flue Anda. Siapa tahu, daftar makanan di bawah ini merupakan menu favorit Anda yang sekaligus sebagai makanan sehat untuk meredakan flu yang sedang dialami.

10 Jenis Makanan Pencegah Flu dan Pilek untuk Kesehatan

Jenis Makanan Pencegah Flu dan Pilek


1. Sup Ayam


Panas dan berkuah adalah ciri khas dari setiap sup. Apabila Anda sedang mengalami gejala flu, Anda bisa langsung meredakannya dengan sup ayam. Mungkin terdengar ajaib, tetapi berdasarkan kemujarapannya, sup ayam benar mampu meredakan gejala flu. Kuah yang panas akan mengeluarkan toxic dalam tubuh Anda dengan berkeringat, apalagi nutrisi ayam dan sayuran didalamnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara natural.

2. Madu


Kegunaan madu sebagai suplemen tubuh sudah tidak diragukan lagi. sebagai sumber obat alami, madu memiliki kandungan senyawa yang mudah diserap tubuh untuk membantu sistem kekebalan. Selain itu, apabila Anda mengalami flue yang ditndai dengan bersin bersin maka madu sangat cocok mengatasi hal tersebut.

Caranya cukup mudah, Hanya mengkonsumsinya satu sendok makan madu asli setiap hari Anda akan mengurangi resiko terjangkit flue atau pilek. Perlu diwaspadai penggunaanya bagi anak anak yang masih dibawah 12 tahun karena madu juga beresiko pada anak dibawah umur terkait penyakit infant botulism.

3. Green Tea


Zat antioksidan tinggi pada menu minuman ini sudah diakui diseluruh dunia. Teh hijau yang digemari kalangan orang china ini sejak ratusan tahun memang memiliki khasiat sebagai penguat kekebalan tubuh. Sehingga, dengan mengkonsumsinya virus dan bakteri penyebab flu akan diminimalisir secara alami oleh tubuh. Terlebih lagi, mengkonsumsi teh hijau ini juga bermanfaat bagi pencernaan Anda.

4. Air Putih


Biasanya seseorang terjangkit flue karena tubuh Anda mengalami dehidrasi. Kekurangan air minum yang minimal Anda konsumsi 8 gelas sehari tidak optimal. Kecenderungan mengkonsumsi kopi, minuman bersoda, es, dan beberapa minuman manis lainya mengakibatkan mindset Anda tidak lagi meminum air putih biasa.

Padahal, Kandungan mineral pada air putih sangat dibutuhkan bagi keseimbangan tubuh Anda terutama aliran darah. Jika aliran darah Anda normal, maka tubuh Anda juga akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk flu.

5. Telur


Mengkonsumsi telur selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan penyuplai protein, ternyata telur memiliki khasiat lain selain membentuk otot tubuh Anda. Kandungan B6 dan B 12 pada setiap butir telur mampu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Kontribusi ini akan Anda dapatkan ketika Anda memasaknya tanpa minyak (direbus)

6. Jahe


Studi tentang jahe sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Kandungan nutrisi didalam jahe mampu dijadikan sebagai obat universal untuk berbagai penyakit. Seperti flu, dengan mengkonsumsi minuman jahe Anda akan merasa lebih baik. Phycotemical pada jahe lah yang membantu mengusir virus flu Anda.

Terlebih lagi, jahe dapat membantu memecah lendir pada saluran pernafasan Anda dan membersihkannya.  Sekarang ini, ekstrak jahe dalam bentuk kapsul atau suplemen sudah dapat Anda jumpai, tetapi akan lebih nikmat apabila mengkonsumsinya secara langsung baik dicampurkan pada teh atau air panas biasa.

7. Mengkonsumsi Makanan mengandung Vitamin C


Sebagai sumber makanan yang mampu mengusir virus dan bakteri akibat flu adalah vitamin C. Anda dapat mengkonsumsi buah pada umumnya. Beberapa alternatif buah yang kaya vitamin c adalah lemon, jeruk, dan mangga.

8.    Konsumsi Sayuran Hijau


Zat anti oksidan pada sayuran hijau serta vitamin C yang kaya dapat mengurangi permasalahan gejala flue Anda. Masak lah sayur hijau hanya dengan Anda tumis, soup atau di campurkan pada makanan lain dapat menjadi alternatif menu pilihan. Dengan mengkonsumsi sayuran seperti bayam, kangkung, sawi atau selada Anda dapat mengurangi gangguan bersin bersin yang timbul akibat flu.

9. Air putih


Jangan lupakan air putih, karena minuman alami yang satu ini dapat mencegah dehidrasi serta membuat tubuh Anda tidak mudah terserang bakteri dan virus penyakit. Cukup dengan mengonsumsi air putih dengan rutin setiap hari, maka Anda tidak akan terserang pilek dan juga flu.

10. Air kunyit


Anda bisa membuat air kunyit sendiri di rumah dengan menggunakan sebuah kunyit yang dicampur dengan air hangat. Tambahkan gula jawa sedikit untuk penambah rasa manis. Jika musim hujan datang dengan cuaca yang terasa dingin, air kunyit ini bisa membuat tubuh Anda kebal dari pilek dan juga flu.

Baca Juga: 13 Efek Samping Logam Berat Merkuri untuk Kesehatan Tubuh

Cerdas dalam memilih makanan dan kandungan nutrisi perlu Anda perhatikan. Jangan terlalu sering makan makanan pinggir jalan atau es yang tidak dimasak dan diolah dengan baik. Lebih baik memasak demi orang orang disekitar Anda.