Langsung ke konten utama

21 Kebiasaan yang Membuat Cepat Tua di Umur yang Masih Muda

Memiliki penampilan awet muda merupakan dambaan hampir setiap orang. Baru-baru ini masyarakat terutama para pengguna media sosial di Indonesia dikejudkan dengan penampilan seorang ibu berusia sekitar 50 tahun namun masih terlihat muda layaknya perempuan berusia 25 tahun.

Namun tahukah kamu, sebaliknya tak jarang juga seseorang yang masih muda namun terlihat lebih tua dari usianya. Fenomena ini sebenarnya lebih banyak dialami oleh orang-orang saat ini. Penuaan dini atau “muka boros” menjadi hal yang menakutkan baik bagi perempuan maupun laki-laki. Selain faktor genetik, gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab penuaan dini.

21 Kebiasaan yang Membuat Cepat Tua di Umur yang Masih Muda

Berikut 21 kebiasaan yang membuat Anda lebih terlihat tua :

1. Kurang tidur


Setiap hari normalnya seseorang membutuhkan minimal 6 jam sebagai waktu tidur. Seseorang yang kurang tidur biasanya terlihat pucat, mata merah, dan kantung mata terlihat gelap. Jika kebiasaan kurang ini berlangsung terus meneres maka dapat mengganggu kesehatan. Selain itu, dampak yang paling terlihat adalah penampilan Anda dapat telihat lebih tua.

2. Stress berkepanjangan


Stress atau memiliki banyak masalah yang sulit dipecahkan dapat juga memicu terjadinya penuaan dini. Apabia seseorang tidak mampu mengelola stress dengan baik maka tidak hanya berakibat secara mental tapi juga fisik. Selalu berfikir postif dan mencari hiburan disaat pikiran penat adalah solusi untuk terhidar dari stress berkepanjangan.

3. Kurang olahraga


Olahraga secara teratur penting bagi kebugaran tubuh. Tubuh perlu bergerek dan beraktivitas agar peredan darah lancar dan otot-otot tetap kencang. Kurangnya aktivitas olahraga dapat membuat badan lesu dan kulit terlihat pucat bahkan keriput. Hal ini dapat membuat penampilan Anda terlihat kurang menarik.

4. Malas mengkonsumsi buah dan sayur


Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap hari. Sumber nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah dan sayur sangat baik bagi kesehatan terutama kesehatan kulit dan rambut. Kurangnya vitamin E dapat mebuat kulit kering, rambut kusam dan memutih.

5. Menggunakan AC


Menggunakan AC (air conditioner) di dalam ruangan memang membuat kita betah. Namun kesejukan dan kesegaran di ruangan ber-AC dapat menjadi musuh bagi kulit. Tubuh yang terlalu lama terkenan paparan AC dapat membuat kulit kering dan kusam bahkan dapat membiat bibir pecah-pecah. Untuk itu batasi penggunaan AC atau stel pada suhu ruangan saja.

6. Kebiasaan tidur miring


Kebiasaan ini mungkin hal yang sepele dan biasa dilakukan. Tidur dengan posisi menyamping atau miring dengan sebagian sisi wajah menempel pada bantal ternyata harus dihindari. Tidur dengan posisi itu dapat menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah, terutama pada bagian pipi dan dagu. Tidur telentang ialah posisi terbaik yang dianjurkan bagi kesehatan.

7. Memakai sedotan saat minum


Terdengar aneh memang. Kebiasaan minum menggunakan sedotang secara berulang ulang dapat meyebabkan Anda terlihat lebih tua. Mengapa demikian. Hal ini karena saat minum menggunakan sedotan bibir mengerucut dan otot disekita mulut menarik. Gerakan itulah yang nantinya akan membuat keriput di sekitar area mulut dan bibir Anda.

8. Malas menghapus riasan wajah


Kebiasaan buruk perempuan setelah pulang kerja atau selesai acara pesta adalah lupa menghapus rias wajah. Tidak mencuci muka dan langung tidur dengan make up masih menempel bias jadi efek buruk bagi wajah Anda. Flek hitam dan jerawat akan mudah muncul pada kulit wajah yang kotor.

9. Diet rendah lemak


Seringkali orang beranggapan bahwa lemak harus dihindari karena sebagai penyebab obesitas dan ganngguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu orang meghindari makanan berlemak. Padahal tubuh juga membutuhkan zat yang satu ini.  Kandungan omega 3 asam lemak berfungsi mencegah kerutan karena dapat membuat kulit kenyal dan lembut.

10. Mendengarkan lagu/music keras-keras


Hobi mendengarkan music memang menyenangkan. Tapi volume musik yang terlalu keras dan penggunaan headphone dapat merusak syaraf pada telinga. Akibatnya akan terajadi penurunan daya pendengaran. Salah satu indikator penuaan dini yang umum adalah kurangnya daya dengar.

Baca Juga: 14 Jenis Posisi Duduk yang Tepat di Depan Komputer untuk Kesehatan

Beberapa kebiasaan lainnya yang perlu dievaluasi agar Anda tidak telihat lebih tua adalah:

Kebiasaan yang Membuat Cepat Tua Lainnya


11. Membungkuk
12. Olahraga berlebihan
13. Mengonsumsi makanan-makanan manis
14. Bekerja terlalu berat
15. Minum minuman berkarbonasi
16. Makan gorengan
17. Berpikir keras
18. Multitasking
19. Paparan sinar uv
20. Terlalu lama duduk di depan tv
21. Kurang minum air putih

Penampilan sangatlah penting dan mempengaruhi percaya diri seseorang. Menjadi tua adalah hal yang pasti, tapi kapan menjadi tua adalah pilihan. Selalu berfikir positif, gaya hidup sehat dan hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan Anda telihat tua.