Langsung ke konten utama

18 Gejala TBC Paru Yang Paling Sering Terjadi

Gejala TBC Paru - Penyakit TBC (Tuberculosis) merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada saluran pernafasan. Infeksi ini tentu disebabkan karena bakteri Tuberculosis sp dan diperparah oleh mikroba lain yang menempel pada bagian pernafasan. Paru-paru menjadi organ yang diserang oleh bakteri ini. Hal tersebut yang menyebabkan terjadinya TBC paru, karena TBC menyerang paru-paru pPenyakit ini  tidak memperlihatkan beberapa gejala yang khas layaknya penyakit lainnya. Biasanya yang umum terjadi gejala TBC Paru  ini layaknya seperti penyakit batuk biasanya.

Gejala TBC


Jadi terkadang sulit untuk membedakan antara batuk biasa dan TBC terdapat beberapa gejala TBC paru yang sering terjadi. Terkadang hal-hal ini tidak terlalu diperhatikan oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak yang juga mengabaikan gejala tersebut. Berikut ini merupakan gejala TBC paru yang sering terjadi.

1. Demam


Salah satu gejala TBC paru yang sangat sering dialami adalah demam. Demam merupakan respon terhadap perlawanan bakteri TBC, terjadinya demam disebabkan oleh antibody dalam tubuh yang melepaskan histamin, Histamin akan memicu tubuh untuk menaikkan suhu tubuh, sehingga suhu tubuh naik dan kerja antibody akan meningkat.

2. Keringat dingin


Keringat dingin biasa terjadi di malam hari, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi di siang hari. Penderita TBC biasanya merasakan sensasi dingin padahal suhu tubuhnya panas dan berkeringat. Oleh sebab itu hal ini perlu ditangani serius sebab TBC merupakan penyakit menular yang ditularkan melalui udara.

3. Sesak nafas


Sesak nafas disebabkan oleh pengeluaran lendir berlebih, lendir yang berlebih disebabkan oleh respon perlawanan terhadap bakteri TBC paru, Lendir tersebut merupakan sel darah putih (antibody) yang bekerja melawan bakteri TBC, akan tetapi apabila dibiarkan maka lendir akan menumpuk dan menyumbat saluran pernafasan.

4. Batuk berdarah


Batuk yang diderita penderita TBC biasanya disertai dengan keluarnya darah. Keluarnya darah pada saat batuk ini merupakan akibat infeksi bakteri yang menyerang lapiran terluar paru-paru, mengakibatkan dada menjadi sakit dan sesak. Apabila dibiarkan hal ini yang membuat fungsi pada bagian pernafasan menjadi abnormal. Selain batuk berdarah terdapat gejala batuk yang lebih dair 3 minggu. Hal ini patut diwaspadai.

5. Cepat lelah


Cepat lelah merupakan gejala TBC sebab oksigen yang dapat ditangkap oleh paru-paru berkurang akibat berkurangnya fungsi paru-paru yang siebabkan infeksi bakteri TBC. Hal ini dapat diperparah dengan penderita yang memiliki pola hidup sebagai perokok.

6. Berat badan menurun


Berat badan menurun disebabkan karena nafsu makan berkurang sehingga asupan makanan tidak dapat tercukupi dan energi cadangan dalam tubuh digunakan untuk melawan bakteri TBC, sehingga tubuh menjadi kurus dan kehilangan berat badan.

7. Sakit dada


Sakit dada merupakan gejala lanjutan yang disebabkan oleh infeksi bakteri TBC, sakit dada disebabkan tumpukan lendir dalam paru paru dan terlukanya lapisan terluar paru paru akibat infeksi bakteri ini, apabila dibiarkan maka dapat menuju stadium lanjut.

8. Sakit kepala


Sakit kepala disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen menuju otak, oksigen diperoleh melalui paru –paru dan diedarkan menggunakan darah, TBC menyerang paru –paru maka dapat dipastikan pertukaran gas dalam tubuh menjadi terhambat dan suplai oksigen menuju otak berkurang.

9. Keluar nanah


Nanah disebabkan oleh antibody yang kalah melawan bakteri TBC, apabila dibiarkan maka akan menumpuk di dalam saluran pernafasan dan akan menyumbat saluran pernafasan. Apabila terhambat maka akan mengurangi oksigen yang disuplai menuju otak yang berujung kematian.

10. Lunglai


Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mulai melemah akibat infeksi dari bakteri TBC ketika mencapai stadium yang akut maka penderita akan lunglai dan lsu serta hilang kesadaran yang berujung kematian. Hal ini apabila tidak ditangani dengan serius dapat berbahaya.

Baca Juga : 14 Cara Pencegahan TB Paru yang Paling Efektif




Gejala TBC Paru Lainnya :


11. Kejang-kejang
12. Kehilangan konsentrasi
13. Kesadaran menurun
14. Fisik menjadi lemah
15. Mengalami batuk berdahak
16. Badan terasa pegal-pegal
17. Nafsu makan berkurang
18. Nafas Berbunyi

Beberapa gejala TBC paru diatas perlu anda waspadai. Jangan sepelekan batuk biasa, karena dapat menjadi gejala yang menuju penyakit TBC paru. Anda dapat melihat artikel penyakit lainnya.