Langsung ke konten utama

15 Gejala Sakit di Bawah Perut Perlu Diketahui

Gejala Sakit di Bawah Perut - Gejala sakit di bawah perut merupakan salah satu gejala yang dapat di alami oleh semua manusia hidup di dunia. Dalam dunia kedokteran biasanya dinamakan sakit panggul. Gejala bagian bawah perut dapat menyerang semua orang baik itu kaum adam ataupaun hawa. Namun, gejala tersebut sering di alami seorang wanita dari pada laki-laki.

Sakit di Bagian Bawah Perut


Berbicara tentang hal ini ada kaitanya dengan organ pencernaan di dalam tubuh. Saluran kemih di dalam tubuh kita mempunyai kemampuan yang dapat mengakibatkan rasa sakit, pada saat terjadi masalah di bagian organ terkait. Dimana tempat gejala tersebut dapat dipakai untuk memastikan bagian mana yang telah mendapat masalah. Untuk anda yang ingin mengetahui beberapa gejala sakit di bawah perut berikut inilah.

1. Gonore


Kondisi seperti ini sudah di kenali banyak orang ketika kencing mengelurkan nanah yang dapat dibilang penyakit menular seksual atau bisa juga disebut dengan PMS. Gonori merupakan salah satu yang sudah tersebar luas dan dapat di sebabkan oleh bakteri, yang dapat menyerang siapa saja baik itu perempuan maupun laki-laki. Kuman ini bisa dilihat pada cairan kelamin wanita dan penis seorang lelaki yang pasti terserang kontaminasi.

2. Diverkulitis


Jika usus besar di dalam tubuh anda mengalami peradangan atau infeksi inilah yang disebut dengan diverkulitis. Ketika muncul benjolan kecil pada bagian usus ini dapat di namakan sebagai kelainan, dalam bahasa istilah disebut divertikula. Penyebab dari kondisi ini masih belum ditemukan,tetapi hal ini dapat mengakibatkan kram pada area bawah dan rasa nyeri yang sakit.


3. Infeksi ginjal


Infeksi ginjal merupakan salah satu campuran dari peradangan saluran kemih. Penyakit ini ada hubunganya dengan pindahnya bakteri yang tadinya ada pada saluran kemih lalu mengarah kepada ginjal, dengan adanya hal tersebut maka akan mengakibatkan rasa sakit. Kontaminasi pada ginjal juga disebut sebagai kompleksitas dari penyakit peradangan saluran buang air kecil.


4. Batu ginjal


Berhatil-hatilah pada penyakit batu ginjal ini, di mana penyakit tersebut dapat di tandai dengan adanya rasa sakit di bawah perut. Proses pembentukan organ ginjal ada di dalam organ ginjal serta berawal dari mineral dan asam garam yang berasal dari makanan masuk di dalam tubuh. Pembentukan batu ginjal dapat terjadi ketika urin memusat untuk mengristal dan penggumpalan mineral.


5. Radang usus buntu


Radang usus buntu terbagai menjadi 2 yaitu radang usus buntu akut dan kronis. Jika seseorang menderita usus buntu biasanya mengalami rasa sakit pada perut, terutama pada sekitar pusar. Tetapi rasa sakit tersebut dapat juga berpindah ke bagian perut bawah sebelah kanan serta diiringi dengan muntah, demam ringan dan juga yang lain.


6. Penyakit crohn


Penyakit crohn merupakan salah satu jenis penyakit radang usus yang dapat mengganggu lapisan dinding di dalam komposisi pencernaan secera keseluruhan. Namun, hal ini dapat terjadi dengan jangka waktu yang sangat lama. Tetapi pada umumnya penyakit tersebut kebanyakan menyerang usus besar atau bagian akhir dari usus kecil.

7. Kista ovarium


Penyakit serius seperti kista ovarium pada wanita bisa juga ditandai dengan gejala sakit di bawah perut. Terkadang kehadiranya tidak dapat disadari oleh para penderita. Tetapi anda perlu mengetahui beberapa gejala selain sakit di bawah perut seperti nyeri pada saat BAB, rasa nyeri di panggul, perut kembung, cepat lelah, perubahan pada saat menstruasi dan juga yang lain, ini merupakan salah satu gejala-gejal tersebut.


8. Ovulasi


Ovulasi merupakan salah satu proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari dalalm rahim lalu bergerak menuju falopi untuk dibuahi. Ciri-ciri yang dapat anda ketahui yaitu ketika anda merasakan rasa sakit di bagian perut atau kram. Selain itu, bisa juga punggung anda terkena rasa sakit juga.

9. Fibroid


Jika anda sering mengalami rasa sakit di bawah perut, hal ini juga dapat bertanda bahwa pertumbuhan sel anda tidak beres. Pertumbuhan sel abnormal pada bagian uteruslah yang bisa juga disebut fibroid. Memang tidak dapat menyebabkan kanker, namun sangat berbahaya sekali bagi kesehatan perut, jika anda diamkan begitu saja.


10. Kehamilan ektopik


Memang istilah ini tidak umum di kalangan masyarakat atau bisa juga sangat asing di telinga anda. kehamilan ektopik merupakan salah satu kejadian ketika seorang wanita hamil tetapi berada diluar kandungan. Hal ini dapat terjadi di sebabkan oleh perkembangan sel telur yang sudah dibuahi beradah di lokasi yang tidak tepat.

Baca Juga : 20 Obat Sakit Perut Medis dan Alami untuk Tubuh

5 Gejala Sakit di Bawah Perut Lainnya :


11. Cedera
12. Sakit akibat datang bulan
13. kanker rahim
14. inveksi serviks
15. Abrupsi plasenta

Bagian bawah perut memang sering terkena penyakit. Berbagai macam ciri-ciri gejala sakit di bawah perut yang perlu anda ketahui, jika hal ini terjadi pada anda segeralah untuk periksa ke dokter demi kesehatn tubuh anda sendiri.