17 Gejala dan Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sakit kepala dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, sakit kepala dapat menyerang sisi mana saja seperti belakang, depan atas dan semuanya secara bersamaan. Sakit kepala dapat di sebabkan oleh banyak hal bisa jadi karena anda mengalami stress yang menumpuk dan dalam jangka waktu lama anda belum menemukan jalan keluarnya. Dalam artikel ini kita coba membahas penyebab sakit kepala sebelah kiri.

Sakit kepala sebelah kiri dapat meneyerang siapa saja tetapi yang paling rentan adalah para wanita. Sakit kepala bagian kiri sangat menggangu aktivitas dan membuat penderita merasakan nyeri berlebihan pada kepala. Adapun penyebab sakit kepala sebelah kiri yang perlu anda waspadai sebelum menimbulkan dampak negative adalah.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri, Gejala Sakit Kepala Sebelah Kiri, Sakit Kepala Sebelah Kiri

Gejala Sakit Kepala Sebelah Kiri


1. Nyeri kepala
2. Kejang-kejang
3. Sakit flu
4. Sakit kepala sebelah
5. Leher kaku

Selain gejala sakit kepala sebelah kiri, anda juga perlu mengetahui penyebab sakit kepala sebelah kiri.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri


1. Sinitusis


Sinitusis adalah peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus sering kali di kenal dengan nama inflamasi yang di sebabkan karena virus dan bakteri. Apa itu sinus ? sinus merupakan rongga kecil berisi udara terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Penyakit sinutusis sering di remekan pada orang padahal penyakit ini merupakan salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri.

2. Migraine


Migraine dapat dirasakan ketika stabilan kondisi pembuluh darah yang ada pada area yang sakit. Umumnya migraine hanya mengenai sebagian kepala saja, kebanyakan yang mengalami sakit kepala migraine ini adalah wanita. Migraine selain mejadikan sakit kepala sebelah juga mual samapi muntah. Jika anda mengalami hal yang sama seperti keterangan sebelumnya lebih baik anda segera bertanya pada dokter. Pada umumnya orang yang mengalami hal ini akan di beri obat sandostanin, sumatriptan dan sejenisnya.

3. Aneurisma


Salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri adalah aneurisma. Aneurisma adalah pelebaran abnormal pada pembuluh nadi karena kondisi dinding pembuluh darah yang lemah. Ketika aneurisma terjadi, maka pembuluh darah akan mengembung pada bagian teretentu. Aneurisma dapat terjadi ketika pembuluh darah arteri menonjol atau bengkak, kondisi ini dapat memicu sakit kepala sebagian tepatnya pada sisi sebelah kiri.

Sebagian orang yang mengalami hal ini jika di periksakan kebanyakan orang penderita harus melakukan pantangan tidak merokok untuk mengurangi keluhan-keluhan pada pasien. Selain itu penderita harus mengonsusmsi makanan yang sehat dan perlu menghindari kegiatan yang dapat memicu stress.

4. Tension Headache


Seseorang yang mengalami tension headache akan merasakan nyeri tumpul serasa menekan sebagian kepala. Jika tidak segera di obati lama-kelamaan akan menyebabkan bagian leher dan bahu akan tersserang juga dan dapat penderita muntah. Tension headache kerap kali menyerang orang dewasa hal yang memicunya adalah stress yang menumpuk.

5. Tekanan Darah Tinggi


Darah tinggi biasanya dapat memicu sebagian orang menjadi sakit kepala. Hal ini dikarenakan susunan pembuluh darah yang begitu kompleks pada sekitar kepala, saat pembuluh darah tersebut mendaoat tekanan yang tinggi akibatnya teganganpun pasti terjadi. Biasanya orang-orang melakukan berbagai hal agar rasa nyeri akibat tegangan berkurang tetapi tidak jarang juga penangan tersebut ternyata salah. Sehingga meneybabkan kondisi penderita menjadi semakin serius.

6. Cluster Headache


Cluster headache merupakan suatu cara untuk menggambarkan mengenai sifat lebih dari pada nyeri yang di rasakan pada umumnya.  Serangan yang mengakibatkan cluster headache ini terjadi dengan siklus mengelompok sehingga dinamakan cluster headache. Sakit kepala ini hampir menyerupai migrai, pada bagian kepala yang sakit akan membengkakan kepala hingga wajah.  Bahkan juga dapat menyerang maat sehingga mata dapat berair, gejalanya orang yang mengalami akan muntah dan tidak nyaman karena kebisingan.

7. Dehidrasi


Dehidrasi di akibatkan karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh hal ini berkaitan dengan kelancaran sistem kardiovaskular terutama pada beredarnya darah dalam tubuh.saat cairan yang masuk kedalam tubuh bekurang maka peredaran darah juga terhambat, jika terjadi pada bagian kepala maka akan menimbulkan sakit kepala terutama pada sisi kiri. Agar anda terhindar dehidrasi sebaiknya mulai mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya dan juga anda perlu vitamin yang berupa cairan.

8. Masalah Kesehatan Mulut


Gigi memang memilki saluran terhadap syaraf yang sampai pada kepala, maka ketika anda mengalami gangguan kesehatan pada mulut pastinya akan menyerang bagian kepala juga. Misalnya, jika anda mengalami nyeri pada kepala sisi kiri kemungkinan anda memilki masalah mulut entah gigi atau pun gusi yang sisi kiri bermalah degan kesehatan. Untuk menghindari hal ini sebaiknya anda mulai rajin membersihkan mulut terutama saat malam hari ketika akan tidur.

9. Sakit Kepala Tegang


Jika anda terlalu lama megalami stress, kurang tidur dan telat makan maka dapat di pastikan anda akan mengalami sakit kepala. Jika anda merasa mengalami stress sebaiknya segera atasi dan cari jalan keluarnya agar tidak terjadi sakit kepala yang tegang. Jika anda merasakan sakit kepala ayang tegang awalnya anda akan mengalami nyeri pada satu sisi kepala kebanyak pada sisi kiri dan tidak lama kemudian akan di ikuti sakit pada bahu dan leher.

10. Tumor Otak


Siapa yang menyangka jika penyakit yang ganas ini dapat menyebabkan sakit kepala pada sisi kiri. Sakit kepala yang di rasakan akibat tumor otak ini akan sangat sakit dan dapat menyerang ketika tumor di tengkorak telah mencapai ukuran tertentu. Hal ini di sebabkan karena struktur kepala yang padat dan keras jadi sangat sulit untuk mengembang jika tumor telah membesar akan memaksa area sempit dan menekan area lain yang dapat membuat kepala menjadi sakit.

Baca Juga 12 Makanan Penyebab Amandel Bengkak yang Perlu Dihindari

Itulah penyebab sakit kepala sebelah kiri jangan pernah remehkan penyebab-penyebab di atas karena kepala merupakn organ yang sangat penting bagi manusis. Sakit kepala sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh.

2 Penyebab Sakit Kepala Sebalah Kiri Lainnya:


11. Stroke
12. Menstruasi (pada wanita)

Penyebab sakit kepala sebelah kiri perlu anda ketahui terutama pada wanita. Karena wanita sangat rentan terserang sakit kepala terutama pada sisi kiri. Ketika anda mengalami salah satu penyebab kepala di atas secara terus-menerus sebaiknya anda periksakan ke dokter untuk di tangani sebelum terjadi hal-hal negative lainnya yang menyebabkan penyakit berbahaya.

Loading...
Loading...