Langsung ke konten utama

12 Gejala Gondok dan Cara Mudah Mengatasinya

Gejala Gondok - Penyakit gondok tak lain adalah penyakit yang ada pada kelenjar tiroid dan mengakibatkan pembengkakan atau benjolan pada leher, yaitu pada bagian bawah jakun. Kelenjer tiroid sendiri adalah penghasil hormon tiroid yang penting bagi proses kimiawai dalam tubuh. Ketika terjadi inflamasi pada kelenjer ini maka akan menghasilkan tiroid berlebih dan keadaan ini disebut hipertiroid. Untuk mencegah keadaan lebih parah, tentunya kita harus memahami apa saja gejala gondok agar segera dapat melakukan tindakan medis paling tepat.

Gejala Gondok, Gondok, Kekurangan Yodium


Berdasarkan jenisnya gondok ada 3 macam. Pertama Koloid Goiter/gondok endemik akibat kekurangan yodium. Selanjutnya gondok tidak beracun yang tak diketahui penyebab pastinya. Gondok juga tergolong jinak dan tidak berbahaya. Dan ketiga adalah gondok beracun nodular atau multinodular. Jenis terakhir ini menyebabkan produksi hormon tiroid berlebihan dan merupakan gondok yang berbahaya. Untuk kewaspadaan gejala gondok berikut ini perlu anda cermati agar tak menjadi gondok yang parah.

1. Benjolan Di Leher / Tengggorokan


Gejala paling umum penyakit gondok adalah benjolan atau pembengkakan di leher atau tenggorokan. Ini terjadi akibat membengkaknya kelenjer tiroid. Ukuran benjolan ini bisa berbeda tiap individunya. Saat awal terkenan sakit gondok, memang hanya kecil saja, namun benjolan gondok ini bisa semakin membesar. Untuk mengenali benjolan ini Anda perlu meminum air dan mengaca. Perhatikanlah bagian jakun Anda, apakah ada sesuatu lain yang mengikuti jakun.

2. Sakit di Tenggorokan


Setelah munculnya gejala gondok berupa bejolan, maka akan diikuti dengan gejala berikutnya yang mengganggu penderita. Sakit tenggorokan ini akibat kelenjer yang semakin membengkak. Benjolan dalam akan membuat keadaan semakin parah dan tentunya akan mengundang gejala lain yang semakin membuat tidak nyaman.

3. Sakit Ketika Menelan


Akibat benjolan yang menekan tenggorokan, maka saat makan akan muncul rasa sakit yang mengganggu. Keadaan ini sering membuat penderita penyakit gondok jadi tidak nafsu makan. Tentunya jika berlanjut akan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dan membuat tubuhnya semakin lemah dan mudah terserang penyakit lain.

4. Mulut Terasa Nyeri Saat Mengunyah


Kelenjar tiroid yang mengalami pembengkakan juga mengakibatkan otot sekitaran leher menjadi kaku dan tegang. Akibatnya penderita akan kesulitan untuk mengunyah makanan dan terasa sakit. Bahkan pada sebagian penderita, saat tidak mengunyah pun mulut terasa sakit.

5. Perubahan Suara


Suplai udara yang terganggu akibat adanya benjolan tiroid juga menimbulkan gejala gondok berupa perubahan suara. Karena suplai udara minim, akhirnya pita suara menjadi terganggu dan akibatnya suara akan menjadi lebih serak.

6. Naiknya Suhu Badan


Pada keadaan yang sudah semakin parah, penderita gondok juga akan mengalami kenaikan suhu badan. Gejala gondok satu ini adalah akibat terganggunya proses kimiawi dalam tubuh karena kurangnya produksi hormon tiroid. Bahkan kadang penderita terserang demam.

7. Batuk dan Gangguan Pernapasan


Gondok juga bisa dikenali dengan gejala batuk dan pernapasan yang mulai terganggu akibat benjolan di leher. Gejala ini biasanya mengiringi gangguan tenggorokan lainnya seperti sakit tenggorokan, susah menelan, maupun perubahan suara.

8. Keringat Yang Berlebih


Produksi hormon tiroid yang berlebihan (hipertiroid) akan membuat juga mengakibatkan kerja jantung meningkat. Akibatnya jantung terasa berdebar dan penderita lebih banyak berkeringat bahkan sulit tidur dan tidak tahan terhadap udara yang panas.

9. Cepat Lelah


Iodium merupakan salah satu nutrisi untuk tubuh. Kekuarangan iodium akan mengakibatkan danyut jantung menjadi lemah. Efeknya tubuh menjadi mudah kelelahan. Selain jantung berdebar seperti yang diterangkan sebelumnya, penderita gondok juga sering mengalami gejala darah rendah seperti lesu, lemas dan mudah mengantuk.

10. Telinga Terasa Berdenging.


Gejala gondok yang ini merupakan akibat dari tegangnya otot-otot telinga. Otot tersebut tertekan oleh pembengkakan kelenjer tiroid. Sehingga kadang telinga orang yang menderita panyakit gondok berdenging.

Baca Juga: 9 Obat Alami Kelenjar Tiroid yang Ampuh untuk Tubuh


2 Gejala Gondok Lainnya :


11. Sakit Kepala

12. Buang Air Besar Lebih Sering dan banyak.

Gondok sering timbul karena sesorang kekurangan yodium. Biasanya banyak sekali gejala - gejala yang muncul seperti, cepat lelah, telinga terasa berdenging dan lainnya. Pelajarilah gejala yang muncul karena anda akan mudah untuk mengatasi penyakit gondok tersebut. Pelajari juga berbagai macam penyakit dan cara mengatasinya.