Langsung ke konten utama

21 Gaya Hidup Baik Orang Korea yang Unik dan Menggemaskan

Mendengar kata korea pasti hal pertama yang terlintas di pikiran adalah serial drama romantic dan makanan yang bernama kimchi. Korea merupakan negara yang terletak di semenanjung Asia Timur. Sejak perang dunia II Negara ini terpecah menjadi II yaitu korea utara dan korea selatan dan terus mengalami konflik saudara yang terus berlangsung hingga kini.

Di banding Korea Utara, Korea selatan lebih terbuka dan dikenal dunia luar. Selain memiliki etos kerja yang sangat tinggi, ternyata masyarakat korea memiliki beberapa kebiasaan unik dan menggemaskan. Kebiasaan orang korea itu ada yang bisa membuat Anda geleng-geleng kepala.

21 Gaya Hidup Baik Orang Korea yang Unik dan Menggemaskan

Berikut ini gaya hidup orang Korea yang bisa dibilang unik.

1. Suka menjilat jari pas kesakitan


Kebiasaan unik ini biasa dilakukan orang korea saat kesakitan ataukesemutan. Mereka akan menjilat jari kemudia nmengusapkan kehidung. Jari yang dijilat biasanya jari telunjuk. Belum jelas apa tujuan dan manfaatnya, tapi hal ini sudah menjadi kebiasaan orang disana.

2. Suka makan bawang putih


Ya, hal ini cukup beralasan. Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi. Jenis bumbu berupa umbi ini mengandung zat allicin sebagai zat anti bakteri yang ampuh serta dapat menetralkan dan melancarkan peredaran darah. Sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi.

3. Makan mie langsung dari panci


Kebiasaan ini mungkin biasa dilihat pada beberapa adegan drama korea. Mereka menyantap mie langsung dari panic tanpa menyajikannya pada piring atau mangkok. Hal ini biasa mereka lakukan bukan hanya saat di rumah melainkan juga saat di restoran. Mungkin agar makanan tetap panas, karena orang korea suka menyantap makanan saat masih panas.

4. Kebiasaan gendong orang mabok


Minum minuman beralkohol hingga mabok sudah menjadi bagian dari perilaku hidup orang korea. Hal ini mungkin untuk menghangatkan badan karena suhu udara disana sangatlah dingin. Tapi bukan kebiasaan mabok yang unik melainkan kebiasaan setelahnya. Mereka biasa menggendong teman atau keluarga yang sudah mabok. Kebiasaan ini menunjukkan rasa kesetiakawanan pada teman.

5. Kebiasaan pegang telianga habis pegang panci panas


Terlihat aneh memang. Namun ini sudah jadi kebiasaan orang korea. Saat menyentuh benda yang panas, maka secara reflek meraka akan langsung memegang telinga. Mereka berpendapat bahwa telinga adalah organ tubuh yang suhunya paling stabil.

6. Kebiasaan berdandan


Korea merupakan salah satu Negara pusat fashion dunia. Tak mengheran kalau masyarakatnya sangat suka berdAndan dan mengutamakan penampilan. Baik pria maupun wanita sangat memperhatikan penampilan wajah maupun pakaian yang dikenakan. Mereka tak segan-segan mengeluarkan banyak uang demi sebuah penampilan yang menarik.

7. Suka hal-hal yang romantis


Seperti yang biasa kita lihat pada drama korea banyak terdapat adegan romantis di dalamnya. Hal ini juga tidak jauh beda dari kehidupan nyata. Orang korea sangat menyukai hal-hal yang sifatnya unik dan romantis. Itu semua untuk menunjukkan rasa kasih saying dan cinta terhadap seseorang.

8. Suka piknik dan berkemah


Kebiasaan positif ini biasa orang-orang korea lakukan untuk refreshing dan menghindarkan diri dari stress dan depresi. Tuntutan hidup yang tinggi di Negara korea membuat masyarakatnya harus pAndai-pAndai memnfaatkan waktu luang. Selain untuk hiburan kebiasaan piknik dan berkemah  juga mereka yakini dapat meningkatan kedekatan mereka dengan keluarga dan sahabat.

9. Kebiasaan sopan pada pembeli atau pelanggan


Pembeli adalah raja. Peribahasa ini sangat di pegang teguh oleh orang korea. Mereka akan ramah dan sopan pada pembeli. Sikap bersahaja biasa ditunjukkan orang korea yang berjualan demi membuat pelanggan mereka selalu tertarik.

10. Suka malu saat dipuji


Kebiasaan yang satu ini juga kerap kita liat pada drama korea. Saat di puji mereka akan malu. Ini ditunjukkan dengan muka yang memerah kemudian pegang kepala lalu belakang leher sambil membungkuk. Satu cirri khas yang ditunjukkan orang  korea saat mereka dipuji.

Baca Juga: 21 Gaya Hidup Baik Orang Jepang yang Mudah untuk Diikuti

Masih ada banyak lagi kebiasaan atau perilaku yang menjadi cirri khas orang korea. Berikut kebiasaan baik yang menggemaskan lainnya.

Gaya Hidup Baik Orang Korea Lainnya


11. Kebiasaan gosok gigi
12. Kebiasaan punya meja panjang
13. Suka melamun diatap rumah
14. Kebiasaan makan mie bunyi “slurps”
15. Kebiasaan ngomong aigo
16. Menghormati orang yang lebih tua
17. Kebiasaan kalo makan mulut sampai penuh
18. Kebiasaan meminta maaf
19. Kebiasaan antri dan tidak berisik
20. Kalau bilang miss you..suka kedip-kedip sambil tunjuk
21. Makan kimchi sambil menaikkan satu kaki keatas

Jika jeli memperhatikan, masih banyak lagi kebiasaan dan gaya hidup baik orang korea yang menggemaskan. Dari kebiasaan-kebiasaan orang korea itu bias kita contoh, namun juga harus disesuaikan dengan adat dan budaya orang Indonesia tentunya.