Langsung ke konten utama

21 Gaya Hidup Baik Orang Jepang yang Mudah untuk Diikuti

Jepang merupakan negara maju di benua asia yang sudah tidak asing lagi. Kemajuan teknologi serta sistem pemerintahan yang baik memberikan manfaat untuk negara sakura ini terus berinovasi. Padahal, negara ini sempat hancur pada masa kemerdekaan Indonesia 72 tahun silam.

Lantas, bagaiman negara ini bisa sangat maju dan pesat ? ternyata masyarakat dengan kepribadian dan kebiasaan super luarbiasa adalah faktor utamanya. Masyarakat jepang yang ada didalam negara ini bisa dikatakan sebagai manusia hebat dan menciptakan kejeniusan dari kebiasaan keseharian.

21 Gaya Hidup Baik Orang Jepang yang Mudah untuk Diikuti

Beberapa kebiasaan baik orang jepang dapat Anda lihat dibawah ini :

1. Budaya Malu


Rasa malu di negara ini dipertahankan sebagai tradisi budaya sejak zaman kekaisaran dari founding father negara. Masyarakat jepang secara yakin dan berpegang teguh terhadap budaya malu ini demi sebuah kehormatan. Mereka beranggapan bahwa setiap orang yang tidak memiliki rasa malu, maka orang itu tidak memiliki kehormatan.

2. Suka Membaca


Kebiasaan ini sudah sejak dulu disoroti berbagai kalangan dari negara lain. Masyarakat jepang berfikiran bahwa membaca adalah cara paling tepat untuk menghargai sela waktu. Membaca ini bisa dilakukan juga diberbagai tempat, seperti bus, halte, stasiun bahkan di area kantor saat waktu istirahat kerja. Sehingga orang jepang secara tidak sadar sejak kecil sudah terdidik dari kebiasaan ini.

3. Bekerja  keras


Pekerja keras adalah karakter dari orang jepang yang tidak bisa di bandingkan dengan orang lain. Kebiasaan ini sudah terkenal di belahan dunia manapun. Kebutuhan hidup yang kian hari kian mahal membuat orang jepang berusaha memaksimalkan waktu untuk bekerja.

Hal ini dibuktikan bahwa masyarakat jepang selalu bekerja hingga larut malam. Bahkan mereka hanya menyisakan waktu selama 4 jam untuk berisitirahat. Sisanya dilakukan untuk bekerja dengan motivasi menampilkan ide dan inovasi baru setiap harinya.

4. Tidak Pernah Menyerah


Bagi sebagian orang, menyerah adalah hal yang biasa dilakukan ketika tidak bisa mencapai tujuan atu harapan. Tetapi bagi orang jepang hal demikian tidak ditemukan dari karakternya sendiri. Mereka enggan untuk mengeluh, menangis hanya karena bangkrut atau sejenisnya. Mereka akan tetap bangkit dari keterpurukan untuk memperbaiki dan mengatur agar bisa kuat kembali.

5. Hemat


Suka menabung sejak kecil adalah kebiasaan dari masyarakt jepang yang bisa di contoh. Psikologi orang jepang ini sudah tertanam dan terus berlanjut sampai dewasa dan tua. Kesadaran akan kebutuhan yang kian hari kian mahal menjadi alasan orang jepang untuk berhemat. Kesederhanaan lah yang membawa mereka berjaya hingga kapan pun.

6. Bekerja Tim


Kebiasaan ini sangat baik untuk orang jepang karena mereka sering sekali dan gemar bekerja dalam tim. Bekerja tim ini dimaksudkan bahwa beban pekerjaan dapat dibagi sesuai profesionalisme dan itu dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.

7. Mencintai Budaya sendiri


Cinta dan lekat dengan budaya nenek moyang selalu dipegang teguh oleh masyarakat jepang. Seperti keadaan negara jepang ini yang sudah sangat maju tetapi penguasaan bahasa lokal harus dipenuhi ketimbang bahasa negara lain. selain itu, budaya  seperti tarian, nyanyian, musik sampai pendidikan bagi orang jepang sangat dibanggakan dan dipegang teguh. Apapun yang mereka miliki akan diupayakan dan dipegang teguh tanpa harus ada pengaruh dari orang atau negara lain.

8. Hormat pada Tradisi terdahulu


Budaya akan hilang jika tidak dilestarikan. Berbeda dengan orang jepang, mereka sangat menghormati dan menghargai budaya terdahulu dan di transformasikan kepada anak cucu untuk tetap dijaga sampai akhir hayat.

9. Meminta maaf


Meminta maaf bagi orang jepang didahulukan daripada memaafkan. Inilah yang patut di contoh bagi negara lain karena budaya seperti ini akan membawa keberkahan dan minim terjadi kegaduhan di internal masyarakat.

10. Menyapa


Siapapun orang yang berkunjung di negara ini atau sesama masyarakat jepang pasti mereka akan menyapa. Keramahan ini di maksudkan akan membawa efek baik pada keharmonisan dalam bersosial dan bermasyarakat dan orang jepang sadar akan hal ini.

Baca Juga: 16 Efek Buruk Minum Air Dingin Setelah Makan untuk Tubuh

Gaya Hidup Baik Orang Jepang Lainnya


11. Suka berinovasi
12. Tidak Merendahkan Orang lain
13. Bertanggung Jawab
14. Rajin berolah raga
15. Kesadaran tinggi terhadap Hukum
16. Menjaga Kebersihan
17. Membuang sampah pada tempatnya
18. Tepat waktu
19. Tidak Merokok sembarangan
20. Mandiri sejak dini
21. Makan tidak sambil berdiri
22. Jujur dan Loyal

Kebiasaan dan gaya hidup baik orang jepang masih banyak lagi. Perlunya mencontoh budaya dan kebiasaan baik ini bagi negara kita dan orang orangnya pasti membawa kebangkitan nasional yang lebih baik. Hidup kita pun akan lebih tertata dan juga teratur sehingga kesehatan tubuh juga ikut terjaga.