Langsung ke konten utama

12 Fungsi Umum Alkohol dalam Kehidupan Sehari-Hari

Zat kimia yang satu ini memang terkenal dengan berbagai macam kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Alkohol identik dengan minuman keras yang banyak dikonsumsi, bahkan dicampur dengan bahan lainnya yang tidak untuk dikonsumsi. Tak jarang banyak orang yang mengalami banyak efek buruk setelah mengonsumsi minuman oplosan dengan kandungan alkohol yang berlebihan.

Alkohol sendiri tidak hanya untuk dikonsumsi dengan kadar tertentu namun juga menjadi bahan yang banyak digunakan dalam kepentingan dunia medis. Berbagai alat kesehatan yang digunakan dalam operasi pun harus disterilkan terlebih dahulu menggunakan alkohol sebelum digunakan. Lalu apa saja sih manfaat atau fungsi alkohol lainnya?

12 Fungsi Umum Alkohol dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini ada beberapa fungsi umum alkohol yang perlu Anda ketahui agar dapat menggunakannya dengan bijak dan tepat.

1. Membersihkan kulit


Dalam dunia medis, alkohol sangat berguna untuk membersihkan kulit. Contohnya jika Anda terjatuh di jalan. Kotoran dari tanahdan debu yang menempel di kulit perlu dibersihkan dulu dengan alkohol, baru selanjutnya Anda bisa mengobatinya dengan obat merah.

2. Memadatkan tulang


Konsumsi alkohol dalam batas yang masih wajar ternyata juga bisa membuat tulang Anda menjadi lebih padat. Hal ini merupakan fungsi alkohol yang bisa disamakan dengan vitamin D dan kalsium untuk tulang Anda. Tapi ingat, dalam batas yang wajar ya.

3. Mengatasi infeksi pencernaan


Beberapa infeksi pencernaan yang menyerang lambung atau usus Anda bisa diatasi dengan mengonsumsi alkohol. Kandungan senyawa di dalamnya mampu meredakan rasa sakit serta gangguan kesehatan yang sering menyerang pencernaan tubuh.

4. Mencegah penyakit jantung


Jika dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan, alkohol ternyata juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Anda tidak akan mudah terserang penyakit jantung dan aliran darah Anda pun menjadi lebih lancar.

5. Mencegah rendahnya HDL


Kolesterol baik sering disebut dengan HDL. Jenis kolesterol yang satu ini merupakan kolesterol aman yang bisa memberika dampak baik ke tubuh Anda. Konsumsi alkohol yang sesuai dengan kadarnya akan membuat kolesterol baik Anda semakin rendah.

6. Meningkatkan hormone estrogen


Siapa sangka jika hormone estrogen dalam tubuh wanita bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi alkohol. Jika hormone ini seimbang dan meningkat, maka kesehatan tubuh wanita akan lebih terjaga dan terhindar dari penyakit.

7. Anti kanker


Konsumsi bir dengan kandungan alkohol yang tidak terlalu banyak bisa menjadi sumber minuman yang mencegah kanker menyerang tubuh Anda. Sel tubuh Anda akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak atau berubah menjadi sel kanker ganas.

8. Mengatasi ketombe


Anda bisa menggunakan alkohol sebagai bahan campuran shampoo jika ingin mengatasi ketombe. Hal ini cukup ampuh untuk dilakukan karena ketombe Anda akan hilang keesokan harinya. Pastikan saja Anda tidak mempunyai luka di kulit kepala karena luka ini justru akan menjadi lebih parah jika terkena zat alkohol.

9. Penghalus tangan dan kaki


Kaki dan tangan yang kasar bisa disebabkan oleh jenis aktivitas Anda, terutama jika Anda mempunyai banyak pekerjaan yang keras. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan alkohol. Oelskan saja zat ini ke beberapa bagian di tubuh yang kasar.

10. Penghangat badan


Banyak orang yang mengonsumsi alkohol dalam rangka membuat badan mereka menjadi lebih hangat. Hal ini biasa dilakukan untuk mereka yang tinggal di empat musim, terutama saat musim dingin. Konsumsi alkohol yang masih wajar memang akan membuat badan Anda menjadi hangat. Namun perlu diperhatikan juga kadar konsumsinya. Jangan sampai Anda hampir setiap hari mengonsumsi minuman ini dengan intensitas yang cukup banyak.

Baca Juga: 10 Obat Alami Mata Ikan yang Ampuh untuk Tubuh

Tidak hanya 10 fungsi umum di atas, masih ada lagi kegunaan alkohol lainnya yang bermanfaat untuk Anda:

Fungsi Umum Alkohol Lainnya


11. Mengatasi bau badan
12. Membantu melebarkan pembuluh darah

Penggunaan alkohol yang tepat akan mencegah Anda dari efek samping tertentu. Anda pun tidak lagi harus mengonsumsi berbagai macam obat karena tubuh Anda tidak terserang dampaknya. Pastikan Anda juga menggunakan alkohol sesuai dengan kadar yang disarankan dalam berbagai tujuan penggunaan, terutama jika bertujuan untuk menghangatkan badan.