Langsung ke konten utama

7 Efek Samping Sering Mengonsumsi Santan untuk Tubuh

Olahan berbagai makanan saat ini sudah banyak ditemukan. Bahkan berbagai daerah memiliki kekhasan tersendiri terkait masakan khas. seperti gudeg, rendang, atau brongkos. Tetapi, permasalahannya adalah berbagai olahan masakan tersebut mengandung banyak sekali kolesterol akibat pengolahannya ditambahkan dengan santan.

Santan sendiri sejatinya memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Seperti kalori, mineral, asam laurat, protein, gula dan lemak. Bila porsi yang ditentukan tidak melebihi batas, maka tidak akan bermasalah bagi kesehatan Anda. namun, akan menjadi berbahaya  ketika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.

7 Efek Samping Sering Mengonsumsi Santan untuk Tubuh

Berikut beberapa ulasan terkait permasalahan yang bisa ditimbulkan akibat kelebihan makanan yang mengandung banyak santan :

1. Kenaikan Asam lambung


Sistem pencernaan manusia memang membutuhkan asam pada bagian lambung Anda. berbagai alasan seseorang menghindari makanan bersantan adalah resiko ini. Apalagi disaat seseorang sedang menjalani ibadah puasa, usahakan hindarkan makanan yang memiliki kandungan kuah santan berlebih. Jika perut Anda kosong dan diberi asupan makanan bersantan maka Anda secara tiba tiba akan merasa perih akibat asam lambung naik dipicu oleh makanan bersantan. Apalagi seseorang yang kelebihan makanan ini, maka resiko gejala penyakit asam lambung akan menghantui Anda.

2. Alergi


Kemungkinan gejala ini adalah resiko terkecil akibat memakan makanan bersantan. Tidak semua orang megalami alergi dengan ditAndai oleh kulit yang gatal atau melepuh. Tetapi dalam beberapa kasus ditemui bahwa seeorang mengalami alergi akibat memakan makanan bersantan. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk tetap mengontrol asupan gizi dari makanan Anda. Jika berdampak sesuatu segere hentikan dan konsultasikan kepada ahli atau dokter.

3. Diare


Kandungan serat yang tinggi pada santan dapat menyebabkan membludaknya gas pada perut Anda. Gas yang berlebihan ini memicu pengentalan dan pengerasan pada fases Anda. Sehingga proses pembusukan makanan dapat tertunda dan Anda akan mengalami nyeri pada area perut yang berujung pada diare.

4. Resiko penyakit jantung


Peningkatan jumlah lemak akibat proses pengolahan makanan dapat memicu penyakit jantung ini. Olahan makanan seperti gudeg yang menggunakan santan kelapa dan dimasak berulang kali bisa mengakibatkan timbunan lemak. Penumpukan lemak pada areal sirkulasi darah berpotensi mengganggu kinerja jantung. Jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya. Selain itu kandungan lemak dapat memblokir aliran darah dari katub jantung. Akibatnya, Anda akan mengalami penyakit jantung.

5. Pengeroposan Tulang


Mengkonsumsi santan secara terus menerus dan dilakukan setiap hari mampu mengganggi keseimbangan tubuh dalam pembentukan tulang. Hal ini diakibatkan dari olahan makanan yang menggunakan santan dan dimasak berulang kali. Kolesterol akan naik pada kandunungan makanan tersebut. apabila masuk kedalam tubuh maka kondisi kepadatan tulang akan terganggu dari kerusakan dinding lapisan tulang.

6. Kulit berminyak


Permasalahan ini mungkin tergolong gejala yang ringan. Kondisi kulit berminyak akan berakibat pada tingkat sensitifitas. Munculnya jerawat yang berlebih dapat mengindikasikan bahwa kulit  Anda berminyak. Makanan bersantan juga mampu mengakibatkan hal ini.

Sehingga Anda perlu membatasi olahan makanan bersantan kalau menginginkan kulit yang segar dan  bercahaya. Terlebih lagi, kondisi kulit yang berminyak mampu menyumbat pori pori tubuh sebagai jalan keluarnya keringat dan suhu. Kestabilan tubuh dan regenerasi kulit Anda akan terganggu.

7. Hipertensi


Tekanan darah tinggi adalah kendala yang bisa dikatakan sebagai permasalahan umum. Hipertensi ini dapat dipicu akibat konsumsi makanan bersantan. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ini segera batasi konsumsinya. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol mampu berakibat fatal apabila terus mengkonsumsi makanan bersantan.Hal ini dikaitkan dengan kandungan trigiselrida pada santan dapat menyumbat asteri dan pembuluh darah.

Baca Juga: 7 Efek Samping Konsumsi Nasi Berlebih untuk Tubuh

Permasalahan diatas sejatinya adalah permasalahan yang tidak hanya timbul nu dari konsumsi makanan berlebih. tetapi bisa juga akibat kesadaran Anda dalam memenuhi kebutuhan tidak Anda perhatikan. Bisa akibat faktor dari diri Anda terkait gaya hidup Anda. Selagi masih bisa Anda perbaiki, maka cobalah untuk memperhatikan kesehatan daripda gengsi atau gaya hidup yang tidak bermanfaat untuk Anda.