Langsung ke konten utama

25 Efek Samping Pil PCC Berdasarkan Kandungannya

Menguak peredaran pil PCC yang kini dibatasi dan dilarang perlu menjadi pokok pikiran bagi semua khalayak. Masih minimnya pengetahuan terkait dampak penyalahgunaan obat ini menjadikan jatuhnya banyak korban yang menimpa baik dari anak anak, remaja bahkan orang dewasa.

Berikut ini ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan akibat penyalah gunaan obat ini yang tergolong sebagai obat penenang. Karena pil ini terdiri dari 3 jenis zat kimia berupa paracetamol, Cafein dan Carisoprodol.

25 Efek Samping Pil PCC Berdasarkan Kandungannya

Langsung saja simak penjelasan dibawah ini menurut kandungan di dalam pil PCC.

Paracetamol 


Paracetamol sendiri memiliki kegunaan sebagai obat penurun panas dan menghilang rasa sakit. Beberapa efek Paracetamol secara berlebihan dapat menyebabkan :

1. Keringat berlebih


Berkeringat merupakan salah satu efek samping paracetamol yang digunakan. Jika penggunaanya melebihi dosis maka Anda akan memiliki intensitas keringat yang berlebih setelah mengkonsumsinya. secara medis hal ini disebut sebagai hiperhidrosis.

2. Selera makan menurun


Penurunan selera makan merupakan efek buruk dari kandungan paracetamol pada pil PCC. Jika penggunaannya melebihi dosis yang dianjurkan makan selera makan yang menurun berakibat pada penurunan berat badan secara drastis.

3. Pencernaan Terganggu


Gangguan pencernaan seperti mual dan muntah sering terjadi pada pengguna pil PCC akibat kandungan paracetamol. Selain itu, apabila hal ini dibiarkan begitu saja akan berakibat pada penyakit diare yang berkepanjangan. Sehingga Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh.

4. Sesak nafas


Sesak nafas adalah efek yang tergolong lazim dirasakan. Permasalahan ini akibat kandungan paracetamol mengganggu kinerja paru paru akibat suplai darah yang turun. Sehingga seseorang akan mengalami sesak pada area dada dan terasa ter engah engah. Bahaya ini merupakan kumpulan dari penggunaan pil PCC.

Selain permasalahan diatas, kandungan paracetamol juga menimbulkan gejala dibawah ini diantaranya:


Efek Samping Paracetamol


5. Alergi
6. Perubahan Warna Urine
7. Fases Pucat
8. mata menjadi kuning
9. Kulit ruam
10. Kepala sakit

Cafein


Kandungan pil PCC yang selanjutnya adalah zat Cafein. Zat ini sudah lazim digunakan dan bisa dicampurkan dalam paracetamol. Kegunaannya sebagai kombinasi dari painkiller. Efek yang ditimbulkan akibat kelebihan kafein adalah :

1. Candu


Kecanduan adalah efek dari pengguna pil PCC akibat zat ini. Kinerjanya yang membantu relaksasi pada otot merupakan kelebihan kafein sebagai obat medis. tetapi, hal ini menyababkan kecanduan apabila dikonsumsi secara berlebih. gejala awalnya adalah penderita akan merasa pusing, mengantuk, cemas dan emosional.

2. Tekanan darah naik


Kenaikan tekanan darah adalah efek dari pil PCC yang mengandung kafein. kafein ini akan langsung diserap oleh tubuh dan lditransformasikan kedalam darah. Sehingga sangat berbahaya apabila seseorang yang mengkonsumsi pil PCC mempunyai riwayat tekanan darah tinggi.

3. Tidur terganggu


Gangguan tidur juga bisa dirasakan akibat kafein yang berlebihan. Tubuh Anda akan dipaksa bekeja melebihi batas normal tanpa istirahat akibat penggunaan pil PCC. Seseorang akan merasa lebih segar atau kuat akibat mengkonsumsinya. Bahayanya adalah dosis yang dibutuhkan setiap hari berikutnya akan bertambah, Jika tidak dipenuhi maka Anda akan merasa cemas dan pusing.

Efek lainya yang bisa ditimbulkan akibat kelebihan kafein dalam pengguaan pil PCC dapat diketahui melalui gejala dibawah ini:


Efek Samping Cafein Lainnya


4. Sering Buang air kecil
5. Rasa Haus yang berlebihan
6. Timbulnya perasaan was was
7. Fokus dan kesadaran menurun
8. Konsentrasi menurun
9. Lemas dan tubuh terasa pegal

Carisoprodol


Kandungan terakhir dalam pil PCC adalah zat carisoprodol. Kegunaanya sebagai obat relaxsasi karena manfaatnya adalah untuk mengurangi rasa  nyeri dan ketegangan otot. Obat ini bekerja pada jaringan syaraf dan otak. Efek samping kelebihan carisoprodol dapat diketahui dengan :

1. Kesadaran yang hilang


Hilang kesadaran dapat terjadi pada seseorang yang mengkonsumi secara berlebih. jaringan syaraf yang terganggu akibat kelebihan zat ini mempengaruhi keseimbangan tubuh. Sehingga dapat berakibat pada pingsan.

2. Detak jantung tidak normal


Perubahan ritme jantung juga terjadi akibat penyalahgunaan pil PCC. Penderita mengalami ketidakstabilan detak jantung dikarenakan carisoprodol memberikan dorongan untuk melemaskan otot jantung. Sehingga detak menjadi lebih lambat. dan bisa menjadi cepat karena kandungan cafein juga didalam pil PCC.

3.Kejang


Kejang kejang juga terjadi akibat penggunaan pil PCC yang berlebih. Biasanya hal ini terjadi karena dosis yang digunakan sudah sangat banyak dan penggunaanya tidak sesuai aturan. Maksimal penggunaan per hari carisoprodol adalah 3x sehari dengan jarak minum 6 jam.

Efek Samping Carisoprodol Lainnya


4. Mudah mengantuk
5. Depresi
6. Penglihatan kabur

Baca Juga: 11 Efek Buruk Minyak Ikan Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Mewaspadai pil PCC sejak dini dan menambah ilmu pengetahuan tenatang obat dan kesehatan perlu dilakukan, karena sangat penting bagi kebutuhan Anda. Hal ini bisa mencegah kesalahan dalam mengonsumsi jenis obat. Semoga bermanfaat.