Langsung ke konten utama

7 Efek Samping Obat Nitrazepam untuk Kesehatan Tubuh

Sering Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia? atau Anda memiliki riwayat kejang-kejang? pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan obat netrazepam. Kegunaan obat ini sangat efektif untuk mengatasi permasalahan diatas. Netrazepam sendiri digolongkan sebagai klaster obat adiktif yang termasuk pada kelas benzodiazepin.

Selain kegunaan diatas, obat ini memiliki fungsi sebagai obat untuk meringankan kecemasan. Sejatinya obat ini hanya dipergunaan untuk jangka pendek dan harus dengan resep dokter. Hal ini terkait efek samping yang bisa ditimbulkan akibat penyalahgunaan obat ini apalagi dosis yang digunakan tidak sesaui aturan yang mampu dicerna oleh tubuh.

7 Efek Samping Obat Nitrazepam untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ulasan efek samping obat netrazepam :

1. Gangguan Sel darah


Efek ini timbul akibat penggunaan netrazepam secara berlebih dan berkepanjangan. Konsentrasi zat adiktif didalam obat ini bereaksi pada sel darah merah. Hal kemungkinan terjadi adalah penggumpalan sel darah merah yang ada didalam tubuh Anda dan apabila di biarkan begitu saja maka akan mengakibatkan penyakit serius lainya.

2. Konsentrasi menurun


Efek relaksasi yang disebabkan oleh obat ini mampu membuat konsentrasi Anda menurun. Otot yang bersitegang di dalam tubuh akan melemaskan diri akibat konsumsi obat ini. Bilsa berkepanjangan dan dosis ditingkatkan, konsentrasi Anda akan menurun karena sistem syaraf juga terganggu. Indikasi awal yang bisa diketahui Anda akan sulit berfikir dan memutuskan sesuatu. Akhirnya Anda akan merasa linglung.

3. Vertigo 


Vertigo merupakan sejenis penyakit kepala yang sangat mengganggu. Vertigo ini juga dapat dipicu akibat penggunaan dosis netrazepam atau obat dikelasnya yang tidak sesuai aturan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa netrazepam mampu mengurangi tingkat kecemasan Anda, tetapi perlu diketahui bahaya ini. Demi keselamatan Anda dan kesehatan Anda tetap waspada dengan obat ini terkait efek yang ditimbulkan.

Gunakan netrazepam sesuai dosis yang diperbolehkan dimana bagi orang dewasa hanya 5mg saja setiap hari. Selebihnya perhatikan bahwa obat ini termasuk obat jangka pendek. Tidak diperbolehkan dipergunakan dalam jangka lama dan berkepanjangan.

4. Kecanduan


Efek ini bisa dikatakan sebagai efek yang sering dialami bagi seseorang yang memiliki tingkat kecemasan yang luar biasa dan sering mengatasinya dengan obat penenang. Tidak hanya netrazepam yang bisa digunakan, banyak jenis obat penennag yang beredar dipasaran.

Kecenderungan penyelesaian masalah kesehatan dengan mengkonsumsi obat ini mengakibatkan seseorang merasa butuh dan berakhir pada kasus kecanduan netrazepam. Terlebih lagi, dosis yang dibutuhkan setiap harinya akan bertambah seiring berjalanya waktu. Usahakan konsultasikan pada ahli yang lebih mengenal obat ini dan tahu bagaimana penggunaanya.

5. Pengelihatan GAnda


Perubahan yang terjadi akibat kecanduan obat ini akan berdampak pada indera pengelihatan Anda. Kasus yang sudah pernah terjadi akibat efek samping netrazepam adalah pengelihatan berkabur dan gAnda. Penyakit ini akan sembuh dengan menambah konsumsi dan dosis netrazepam.

Oleh sebab itu, Sangat berbahaya bagi Anda yang memiliki masalah kecemasan dan depresi atau susah tidur dengan mengkonsumsi obat ini. Jangan sampai masa depan Anda tergantung pada obat obatan yang tidak tepat guna.

6. Gangguan pencernaan


Pengaruh dari netrazepam pada sistem pencernaan jelas terjadi apabila Anda menggunakannya secara erus menerus. Organ penernaan yang dapat diserang adalah lambung, hati dan ginjal. Permasalahannya adalah sistem pencernaan yang bekerja ekstra keras tidak terbiasa dengan zat adiktif ini dan terjadi penumpukan zat pada area tersebut. gejala awal yang bisa diketahui dan sering terjadi adalah :

a)    Mual yang berkepanjangan
b)    Muntah darah
c)    Diare yang berakibat pada hilangnya cairan tubuh

7. Permasalahan Kulit


Regenerasi kulit yang terganggu bisa saja terjadi akibat efek buruk nerazepam yang membunuh sel dan jaringan epidermis. Kulit Anda akan terlihat kusam dan tidak halus lagi.

Baca Juga: 25 Efek Samping Pil PCC Berdasarkan Kandungannya

Efek samping diatas sudah sering terjadi. Perhatikan dosis dan aturan pakai obat netrazepam ini. Jika Anda memiliki permasalahan terkait susah tidur atau kecemasan akibat depresi perlu nya di konsultasikan pada ahli psikologi atau doktor. Jangan sampai menyalahgunakan obat obatan adiktif ini yang nantinya akan mengarah pada penggunaan narkoba.