12 Efek Samping Obat Batuk Kimia untuk Kesehatan Tubuh

Efek samping obat batuk kimia memang berbeda bagi tiap-tiap orang yang mengonsumsinya. Obat ini masih menjadi salah satu jenis obat yang sering dikonsumsi ketika terserang flu dan batuk. Berbagai iklan obat batuk kimia pun bertebar di televise dan media internet dengan sejuta manfaatnya. Namun nyatanya masih banyak orang yang belum memikirkan apa efek samping obat ini untuk kesehatan tubuh.

Hal yang perlu Anda ketahui yaitu kandungan kimia yang ada di dalam obat batuk. Secara umum, obat batuk terdiri dari bahan analgesic-antipretik, antitusif, ekspektoran, dekongestan oral, dan juga antihistamin. Tiap kandungan tersebut mempunyai manfaat masing-masing untuk tubuh Anda. Walaupun memberikan manfaat, namun konsumsi jangka panjang juga dapat membuat Anda merasakan beberapa efek samping yang merugikan kesehatan tubuh.

12 Efek Samping Obat Batuk Kimia untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum Anda mulai mengonsumsi obat batuk kimia, ada baiknya Anda mengetahui apa saja efek samping dari obat ini.

1. Tidak baik untuk ibu hamil


Ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak mengonsumsi obat batuk karena kandungan senyawa dalam obat ini dirasakan cukup membahayakan bagi janin. Jika seorang ibu hamil terserang batuk, ada baiknya mengonsumsi obat alami terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat kimia.

2. Gangguan kesehatan organ tubuh


Efek samping obat batuk yang juga tidak kalah berbahayanya yaitu merusak organ tubuh. Anda tidak akan merasakannya sekarang, namun akan muncul di kemudian hari. Apalagi jika Anda mengonsumsi obat batuk kimia cukup banyak, maka organ tubuh Anda pun akan semakin cepat rusak.

3. Sakit perut


Perut Anda juga besar kemungkinannya mengalami banyak gangguan kesehatan, salah satunya sakit perut. Hal ini bisa terjadi jika asam lambung Anda naik. Biasanya asam lambung naik jika Anda terus-menerus mengonsumsi obat kimia dengan kandungan senyawa kimia yang tidak bisa terlalu banyak diserap oleh lambung.

4. Sembelit


Setelah sakit perut, gejala efek samping berikutnya akan diikuti dengan sembelit. Sembelit merupakan keadaan dimana Anda kesulitan dalam buang air besar. Hal ini akan membuat Anda sakit perut dan mulas.

5. Tenggorokan kering


Kesehatan tenggorokan pun juga akan terganggu jika Anda betah mengonsumsi obat batuk kimia ketika batuk menyerang. Tenggorokan Anda akan lebih banyak digerus oleh senyawa kimia dari obat batuk sehingga efeknya akan membuat tenggorokan terasa kering.

6. Feses keras


Kesulitan buang air besar juga dilanjut dengan feses yang cenderung keras. Feses yang keras bukan merupakan jenis feses yang sehat karena bisa jadi sistem pencernaan Anda juga mengalami gangguan kesehatan di bagian dalam.

7. Mual setelah makan


Efek samping yang juga sering dirasakan seseorang ketika mengonsumsi obat batuk kimia yaitu mual. Penyebabnya pun macam-macam. Mulai dari tubuh yang menolak zat kimia yang masuk sampai dengan sistem pencernaan yang tidak sehat.

8. Rasa ingin muntah


Setalah rasa mual, biasanya Anda juga akan mengalami rasa ingin muntah. Jika Anda sudah mengalami gejala muntah, Anda sebaiknya tidak meneruskan konsumsi obat batuk kimia. Mulailah mengonsumsi obat yang alami.

9. Mudah lesu


Beberapa kandungan senyawa kimia yang ada dalam obat batuk akan membuat Anda mudah lesu. Letih, lesu, dan lemas bukan merupakan hal yang baik untuk tubuh karena berati tubuh Anda mengalami gangguan kesehatan.

10. Mempercepat detak jantung


Tidak hanya obat batuk kimia saja, obat lainnya pun juga dapat membuat jantung Anda berdebar lebih cepat. Jantung yang berdebar leih cepat dari biasanya merupakan gejala gangguan kinerja dan fungsi jantung.

Baca Juga: 5 Zat Pewarna Makanan Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Masih ada efek samping obat batuk kimia lainnya selain 10 efek samping di atas, yaitu:


Efek Samping Obat Batuk Kimia Lainnya


11. Mudah mengantuk dan lemas
12. Gangguan saluran pernapasan

Jika Anda tidak ingin mendapatkan semua efek samping tersebut, ada baiknya Anda mencoba obat alami atau herbal terlebih dahulu. Beberapa obat batuk herbal yang dibuat dari bahan jahe, jeruk nipis, kencur, kunyit, cabe jawa, dan sirih merah terbukti ampuh melawan batuk dan gejala penyakit flu. Tentunya tanpa efek samping yang membahayakan tubuh.

Loading...
Loading...

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon