Langsung ke konten utama

13 Efek Samping Logam Berat Merkuri untuk Kesehatan Tubuh

Banyaknya efek samping dari logam berat merkuri membuat beberapa produk kecantikan yang menggunakan logam ini dilaran beredar lagi di kalangan konsumen. Merkuri merupakan jenis bahan kimia yang juga disebut dengan air raksa. Penggunaannya sendiri lebih tepat dalam pertanian, yaitu membunuh jamur dan bakteri yang menempel pada tanaman. Industri kesehatan pun juga menggunakan merkuri untuk mengatasi penyakit sifilis.

Logam berat merkuri memang dapat memberikan manfaat ke dalam kehidupan kita, namun bukan berarti logam ini tidak membahayakan kesehatan tubuh. Merkuri sering disalahgunakan dalam dunia kecantikan, terutama dalam campuran produk kecantikan wajah seperti krim wajah. Penggunaan krim wajah atau produk kecantikan lainnya yang mengandung merkuri dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

13 Efek Samping Logam Berat Merkuri untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda tidak ingin terganggu kesehatannya, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu efek samping logam berat merkuri untuk tubuh berikut ini.

1. Syaraf tubuh terganggu


Efek samping logam berat merkuri yang pertama yaitu terganggunya syaraf tubuh. Syaraf Anda tidak akan berfungsi dengan baik, terutama dalam menerima respon dari otak. Hal ini juga akan berdampak pada tubuh Anda yang sulit untuk digerakkan.

2. Memicu gejala kanker kulit


Penggunaan produk kulit uang mengandung logam berat merkuri juga akan membuat kulit Anda rusak. Efek samping yang paling parah yaitu muncunya gejala kanker kulit yang membahayakan kesehatan tubuh.

3. Penyebab keguguran


Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan produk kecantikan apapun terlebih dahulu, terlebih lagi jika produk kecantikan tersebut mengandung logam berat merkuri. Resikonya akan terjadi keguguran pada janin di dalam kandungan.

4. Bayi lahir cacat


Penggunaan produk kecantikan dengan kandungan logam merkuri juga dapat membuat bayi yang dilahirkan mengalami cacat tubuh. Jika Anda seorang ibu hamil yang sedang melahirkan, sebaiknya gunakanlah perawatan alami saja.

5. Gangguan kesehatan pada liver


Liver merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting dalam tubuh Anda. Jika tubuh Anda terkena logam berat merkuri, maka liver juga akan terkena dampaknya. Organ ini tidak akan berfungsi dengan baik dalam menetralkan racun di dalam tubuh.

6. Fungsi otak terganggu


Kesehatan otak Anda juga akan terganggu jika tubuh Anda sudah terkontaminasi oleh senyawa logam berat merkuri. Anda tidak akan bisa berpikir dengan jernih, hilang konsentrasi, dan kecerdasan otak pun menurun.

7. Gugup


Salah satu gejala efek samping dari penggunaan logam berat merkuroi yang sudah menempel pada tubuh yaitu gugup. Anda akan mudah merasakan gugup dan tidak percaya diri ketika melakukan segala macam aktivitas.

8. Gelisah


Selain gugup, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami kegelisahan yang membuat hidup Anda menjadi tidak tenang. Anda tidak akan bisa beristirahat dengan tenang serta selalu merasa khawatir terhadap segala sesuatu yang akan dihadapi tanpa alasan yang begitu jelas.

9. Ginjal rusak


Tidak hanya liver saja yang rusak, ginjal Anda juga akan rusak. Kerusakan ginjal bisa berakibat buruk pada tubuh. Anda dapat mengalami penyakit gagal ginjal atau penyakit lainnya yang menyerang ginjal seperti batu ginjal.

10. Mengganggu pertumbuhan janin


Janin yang sedang tumbuh di tubuh wanita hamil juga akan mengalami gangguan pertumbuhan. Hal ini akan membuat janin Anda ketika lahir mengalami banyak penyakit dan juga cacat permanen sampai tumbuh besar. Kondisi ini justru akan membuat si anak nanti kesulitan ketika menjalani hidupnya.

Baca Juga: 4 Fungsi Asam Salisilat dan Efek Sampingnya untuk Tubuh

Selain efek samping logam berat merkuri di atas, Anda juga bisa terkena dampak lainnya dari logam berat ini, yaitu:

Efek Samping Logam Berat Merkuri Lainnya


11. Memicu kemandulan
12. Kulit iritasi
13. Imun tubuh menurun

Saat ini hampir semua produk kecantikan yang berbahaya mengandung cukup banyak logam berat merkuri. Sebelum Anda menggunakannya, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya serta mengecek ada tidaknya no BPOM. Jika Anda masih kurang yakin dengan produk kecantikan yang Anda beli, Anda bisa mulai menggunakan bahan-bahan alami yang terbuat dari sayur dan juga buah.