Langsung ke konten utama

7 Efek Samping Konsumsi Nasi Berlebih untuk Tubuh

 Makanan pokok keseharian orang indonesia adalah nasi. Jika tidak mengkonsumsi nasi, sama halnya seseorang belum bisa dikatakan sudah makan. Nasi sendiri dapat dijadikan sumber tenaga untuk beraktivitas. Jika seseorang kekurangan asupan karbohidrat dari nasi, maka tenaga akan loyo dan tubuh terasa lemas.

Tetapi, kelebihan mengkonsumsi nasi juga berdampak pada kesehatan Anda. Karena nasi sendiri memiliki kadar glukosa yang tinggi dan mampu menimbulkan beberapa gejala fatal bagi kesehatan. Berhati hati dalam mengkonsumsi nasi perlu diperhatikan. Apalagi dapat mengubah bentuk proporsional Anda menjadi terganggu.

7 Efek Samping Konsumsi Nasi Berlebih untuk Tubuh

Beberapa bahaya kelebihan nasi putih dapat Anda simak dibawah ini :

1. Kelebihan berat badan


Kondisi ini diakibatkan dari ketidak seimbangan karbohidrat dari nasi yang diolah menjadi energi. Kelebihan asupan karbohidrat dari nasi yang secara terus menerus dan tidak diolah tubuh menjadi energi akan mengakibatkan penumpukan karbohidrat dalam tubuh. Hal ini berakibat semakin bertambahnya berat badan yang tidak baik untuk kesehatan khsusunya bagi orang dewasa.

2. Dekat Dengan Resiko Diabetes


Penumpukan karbohidrat dalam tubuh membawa penyakit diabetes. Nasi sebagai bahan poko memiliki kandungan glukosa. Jika tidak diolah tubuh untuk dijadikan sebagai sumber tenaga, maka gula darah akan naik sebanding dengan penumpukan glukosa dalam tubuh. Diabetes ini dipicu oleh indeks glikemik yang tinggi. indeks tersebut merupakan barometer kecepatan naiknya gula darah. Nah, nasi mampu meningkatkan indeks tersebut dan membawa resiko diabetes.

3. Kekurangan vitamin dan serat


Kekurangan vitamin dan serat dapat terjadi apabila Anda sering mengkonsumsi nasi berlebihan. Gizi yang tidak seimbang dan hanya mengejar rasa kenyang mampu berdampak pada siklus pencernaan Anda. Padahal, kebutuhan akan serat dan vitamin jelas perlu untuk dipenuhi.

Protein sebagai sumber penguat tulang dan kecerdasan, sedangkan vitamin sebagai nutrisi untuk menjaga metabolisme tubuh. Beberapa orang menghindarkan hal ini karena keburu lapar dan harus menrasa kenyang. Sebab itulah, serat dan vitamin tidak dapat dipenuhi dan tubuh Anda akan lebih mudah terkena penyakit.

4. Merasa cepat lapar


Karbohidrat pada nasi memiliki nutrisi gula yang sangat sederhana. Sehingga jaminan Anda merasa kenyang dengan tempo yang lama tidak ada akibat memakan nasi. Justru, dengan mengkonsumsi banyak nasi, tubuh Anda akan lebih cepat merasa kenyang dan merasa cepat lapar.

Hal ini merupakan dampak indeks glikemik dalam darah yang meningkat secara cepat sekaligus mengalami penurunan yang lebih cepat pula. sehingga tidak Anda sadari bahwa sistem  akan mendeteksi tubuh karena kekurangan energi. Akibatnya Anda akan merasa lapar kembali.

5. Merasa mengantuk


Kelebihan nasi berakibat pada konsentrasi gula darah dalam tubuh yang naik. sehingga Anda akan merasa lebih cepat mengantuk. Hal ini sering dialami sebagian besar orang bahwa mengkonsumsi nasi membuat Anda mengantuk. Ada pula yang berpendapat bahwa kekenyangan adalah faktor yang menyebabkanya. Pasokan darah keotak merupakan faktor utama dari dampak kelebihan nasi yang membuat Anda merasa demikian.

6. Susah BAB


Bisa dikatakan sembelit. Jelas konsentrasi nasi yang berlebih membuat sistem pencernaan Anda bekerja dengan keras untuk mencerna nasi. nasi secara umum memiliki tekstur lembut, tetapi bila diproses dalam tubuh, maka nasi akan dipadatkan.

Kekurangans erat untuk mencerna nasi dari sayuran dan vitamin menyebabkan nasi yang harus dicerna susah. Sehingga sisa zat pada nasi akan menjadi lebih padat didalam fases. fases yang padat membuat Anda merasa sembelit dan susah untuk buang air besar. tambah lagi apabila Anda kurang konsumsi air.

7. Gangguan Pencernaan


Varian dari gangguan pencernaan akibat kelebihan karbohidrat dalam nasi membuat Anda merasa sakit pada perut. Biasanya Anda akan merasa mual dan perut terasa penuh. jika hal ini terjadi, kemungkinan penyakit yang menyerang adalah wasir. karena BAB yang tidak lancar.

Baca Juga: 6 Tips Efektif Mengatasi Dengkur ketika Tidur

Gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh kelebihan nasi adalah bahaya yang ringan. Perlu digaris bawahi bahwa kelebihan konsumsi nasi mampu meningkatkan resiko diabetes dan obesitas. Kedua Masalah tersebut lah yang harus diwaspadai karena resikonya sangat fatal bagi kesehatan Anda. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang nutrisinya selain nasi, seperti sayur dan juga buah.