Langsung ke konten utama

8 Efek Samping Klorida Berlebih pada Tubuh

Banyaknya efek samping klorida berlebih yang akan menyerang tubuh Anda sebaiknya dijadikan sebagai tanda bahwa Anda harus lebih waspada dengan senyawa keras yang satu ini. Klorida atau asam klorida adalah jenis asam yang mengandung banyak atom hidorgen dan juga korin di dalam molekulnya. Sifatnya bersifat korosif dan dapat merusak apa saja yang disentuh oleh asam ini.

Sifat asam klorida yang dapat merusak apa saja tentunya akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Bayangkan jika kulit Anda terkena asam keras yang satu ini. Klorida memang bermanfaat dalam tubuh namun penggunaannya pun tetap harus hati-hati karena dapat memberikan efek samping yang membahayakan bagi tubuh Anda.


8 Efek Samping Klorida Berlebih pada Tubuh

Efek Samping Klorida Berlebih


1. Rusaknya jaringan tubuh


Efek samping klorida yang pertama yaitu dapat membuat jaringan tubuh Anda rusak. Kadar asam ini di dalam lambung sudah seimbang. Jika kadarnya berlebihan, lambung Anda rusak dan membuat jaringan di sekitarnya juga ikut rusak. Menjaga kesehatan lambung dengan melakukan pola hidup yang sehat dapat mencegah jaringan tubuh yang rusak di tubuh Anda.

2. Memicu penyakit maag


Asam klorida yang terlalu banyak atau meningkat di dalam tubuh Anda akan membuat Anda mengalami penyakit maag. Hal ini biasanya terjadi karena Anda menunda jadwal makan Anda setiap harinya dan juga lebih banyak mengonsumsi makanan yang justru tidak sehat sehingga dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh.

3. Mematikan bakteri


Ada dua jenis bakteri yang perlu Anda ketahui, bakteri buruk dan bakteri jahat. Bakteri jahat adalah jenis bakteri yang dapat memicu penyakit di tubuh Anda. Sedangkan bakteri baik dibutuhkan oleh tubuh untuk pertahanan atau imun. Jika asam klorida dalam tubuh Anda kadarnya berlebihan, maka bakteri baik pun juga akan ikut mati.

4. Sakit pada ulu hati


Kenaikan asam lambung atau klorida di dalam tubuh akan naik ke bagian ulu hati di tubuh Anda. Hal ini akan menyebabkan Anda merasakan nyeri di bagian perut. Efeknya juga akan membuat Anda kesulitan untuk bernapas.

5. Lambung terluka


Sifat merusak klorida juga dapat berakibat fatal pada lambung Anda. Jika kadar asam lambung ini menumpuk di dalam lambung, maka lambung Anda juga akan rusak atau terluka. Hal ini akan membuat lambung Anda menjadi tidak berfungsi.

6. Sakit kepala


Klorida yang terlalu banyak berada di dalam lambung mampu memberikan efek ke bagian kepala. Syaraf rasa sakit ini akan merambat ke kepala dan otak Anda. Akibatnya, Anda juga akan merasakan sakit kepala atau juga sakit kepala sebelah atau migraine.

7. Migrain


Migrain merupakan jenis sakit kepala yang hanya menyerang sebagian kepala Anda saja. Namun jika hal ini terus dibiarkan, maka Anda akan terkena penyakit yang lebih parah seperti kerusakan otak. Menjaga kadar asam klorida di dalam lambung sangatlah penting agar Anda juga tidak mudah diserang migraine.

8. Mengganggu kesehatan mata


Asam klorida yang ada sekarang ini sering digunakan untyk membuat blitz pada kamera. Jika asam ini terlalu banyak digunakan dalam blitz, maka dampaknya akan menyerang penglihatan atau mata Anda. Kadar asam klorida yang terlalu banyak akan membuat cahaya blitz yang dihasilkan terlalu terang sehingga menyakit mata.

Baca Juga: 17 Efek Samping Cataflam dan Takaran Dosis yang Dianjurkan

Kesehatan lambung yang terjaga akan mencegah Anda dari serangan asam klorida di dalam tubuh. Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat dan tidak menunda waktu makan Anda. Ketahui juga bahwa asam klorida sering digunakan dalam pembuatan sesuatu di kehidupan kita sehari-hari, maka alangkah baiknya jika Anda mengeceknya terlebih dahulu sebelum terkena efek sampingnya.