Langsung ke konten utama

7 Efek Samping Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Kegunaan dari daun sirih ini untuk kesehatan sangat banyak manfaatnya. Segala sisi positif yang ada di dalam daun ini memberi manfaat luar biasa seperti mengobati alergi, Mengatasi batuk bahkan mengurai resiko kanker dan masalah area kewanitaan. Sehingga, Banyak orang menggunakan khasiat dari daun sirih ini. Banyaknya pengguna dan pecinta daun sirih in dirasa karena terbuat dari alam yang kurang menimbulkan efek samping.

7 Efek Samping Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Perlu diketahui bahwa daun sirih juga memiliki efek samping yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika pemanfaatannya sudah melebihi batas dan jangka waktu yang lama. Beberapa masalah dari daun sirih akan dipaparkan untuk Anda ketahui dan waspadai sebagai berikut :

1. Kanker


Manfaat dari daun sirih memang bisa dipergunakan sebagai obat tumor. Tetapi berbeda apabila seseorang menggunakannya secara berlebih dan tanpa aturan. Berniat untuk mengurangi resiko kanker, justru pemanfaatan daun sirih ini dapat memicu laju pertumbuhan kanker itu sendiri bila tidak dipergunakan dengan tepat. Usahakan jangan sampai memanfaatkan khasiat daun ini secara berlebihan. Biasanya kaker yang timbul akibat kelebihan dari penggunaan daun sirih ini adalah :

a.    kanker mulut.
b.    Kanker Otak

Batasi pemanfaatan daun ini, konsumsilah sesuai aturan dan anjuran yang ada dan hindari pemakaian berlebihan dalam jangka panjang.

2. Menurunya Produksi ASI


Bagi seorang wanita yang sedang menyusui efek dari daun sirih ini memiliki manfaat yang baik jika seseorang mengalami kelebihan ASI. Wanita yang menempelkan daun sirih ini ke puting susu dalam keadaan hangat mampu mengurangi produksi ASI Tetapi sangat tidak dianjurkan bagi seseorang yang mengalami kekurangan ASI bagi jabang bayi. Hindari penggunaanya sebagai obat apapun untuk masa depan anak Anda dari nutrisi ASI yang berkualitas.

3. Terjadi Irirtasi pada Organ Intim


Pengguna dari daun sirih ini hampir sebagian besar dimanfaatkan bagi kaum hawa. Kepercayaan daun sirih sebagai obat alami untuk membersihakan area kewanitaan dari infeksi jamur, keputihan dan bau memang sudah terbukti. Organ kewanitaan akan terjaga dengan baik apabila seseorang menggunakannya dengan tepat dan sesuai aturan. Berbeda dengan pemanfaatan tanpa aturan.

Bagi pengguna untuk memanfaatkan daun sirih ini, perlu diketahui bahwa seseorang jangan menggunakannya setiap hari. Sensitifitas dari organ intim akan mempermudah terjangkit iritasi. Iritasi ini terjadi akibat dari pemanfaatan daun sirih yang berlebih sehingga organ inti mengalami kekeringan. Idealnya miss V secara sehat adalah lembab bukan kering.

4. Kurangnya Bakteri Baik dalam Tubuh


Zat antiseptik dan antibiotik dalam daun sirih untuk dikonsumsi memiliki kadar yang sangat tinggi dan kuat. Zat ini akan berfungsi membunuh bakteri jahat didalam tubuh kita. Tetapi, akan lebih berbahaya jika pemanfatnya berlebih karena kedua zat tadi dapat membunuh kebutuhan bakteri baik dalam tubuh.

Bakteri tersebut biasanya terletak pada sistem pencernaan kita untuk membantu mencerna makanan. Itulah mengapa, mengkonsumsi ektrak daun sirih diperhatikan karena dapat mengurangi kebutuhan bakteri baik dalam tubuh karenga zat zat yang kuat tidak bisa memilah untuk membasmi bakteri jahat atau baik.

5. Penyakit jantung


Penyakit ini dapat timbul akibat penggunaan daun sirih yang berlebih dan jangka waktu yang panjang. kinerja jantung dapat terpengaruhi akibat efek dari daun sirih ini. Beberapa pengguna dapat merasakan perbedaan setelah dan sebelum mengkonsumsi daun ini terkait detak jantung. Ini akan berakibat fatal jika tidak diperhatikan dalam mengkonsumsi daun sirih.

6. Detak Jantung Meningkat


Sama halnya dari penyakit jantung diatas, penyebabnya adalah efek detak yang meningkat. Dengan mengkonsumsi daun sirih secara berlebih, mampu menciptakan detak jantung yang cepat sehingga kinerja jantung berlipat gAnda. Akibatnya aliran darah tidak normal dan berseko pada tekanan darah Anda.

7. Tekanan Darah Tinggi


Korelasi dari efek diatas adalah tekanan darah tinggi. Efek ini bisa saja terjadi akibat laju aliran darah dari rendah ke cepat. Jantung yang berfungsi memompa darah Anda ke seluruh tubuh akan mengakibatkan tubuh Anda panas dan cepat lelah. terlebih jika naik ke otak Anda, Anda akan cepat emosional. Hati hati dalam menggunakan daun sirih khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Menetralisir Overdosis Obat yang Harus di Ketahui

Kekhawatiran diatas bisa saja Anda minimalisir dengan mengkonsumsi daun sirih sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan Anda gunakan secara terus menerus akibat ini hanya obat herbal dari alam, tetapi perhatikan efek sampingnya yang dapat membunuh Anda.