Langsung ke konten utama

17 Efek Samping Cataflam dan Takaran Dosis yang Dianjurkan

Ada beberapa efek samping cataflam yang dapat membuat kesehatan tubuh Anda terganggu jika Anda tidak mengonsumsi obat ini sesuai dosisnya. Cataflam merupakan jenis obat yang dikenal sebagai penyembuh sakit yang Anda rasakan pada gigi. Banyak orang yang memilih obat ini karena memang reaksinya tergolong cepat untuk meredakan nyeri dan sakit gigi.

Selain sakit gigi, ada manfaat lain dari konsumsi cataflam. Mulai dari mengatasi nyeri saat haid, obat nyeri punggung, mengatasi migraine, obat inflamasi, dan juga beberapa gejala nyeri lainnya. Jika Anda terserang kram otot, cataflam juga bisa menjadi obat pereda kram dan terkilir. Cataflam sebenarnya merupakan jenis obat yang meredakan gejala nyeri namun lebih dikenal sebagai obat sakit gigi.

17 Efek Samping Cataflam dan Takaran Dosis yang Dianjurkan

Berbagai macam manfaat cataflam telah kita ketahui namun apakah Anda pernah menyadari efek samping yang diberikan obat ini? Berikut ini efek sampingnya.

1. Nafsu makan hilang


Efek samping cataflam yang pertama yaitu menghilangkan nafsu makan. Obat yang satu ini mengandung senyawa kimia yang dapat menurunkan hormon makan Anda. Jika terus berlanjut, maka tubuh Anda akan kekurangan asupan nutrisi dari makanan.

2. Mual


Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsi obat nyeri seperti cataflam, kemungkinan besar Anda akan merasakan mual. Hal ini cukup wajar mengingat lambung Anda akan bereaksi dengan kandungan senyawa kimia yang ada pada obat ini.

3. Diare


Gangguan pencernaan yang cukup serius ketika Anda mengonsumsi cataflam yaitu diare. Diare juga bisa dipicu dari kegiatan sehari-hari Anda yang kurang bersih. Konsumsi cataflam pun menjadi faktor pendukung untuk munculnya diare dalam pencernaan.

4. Nyeri lambung


Cataflam memang menjadi obat nyeri yang ampuh untuk tubuh, namun penggunaannya yang sembarangan juga dapat membuat Anda justru merasakan nyeri pada lambung. Asam lambung yang ada di dalam lambung akan naik sehingga memicu rasa nyeri tersebut.

5. Sesak nafas


Obat seperti cataflam juga mempunyai efek samping yang menyerang sistem pernapasan Anda. Efeknya yaitu membuat Anda tidak bisa bernafas dengan baik dan sering merasakan sesak nafas yang tidak nyaman. Dada Anda juga akan terasa sakit dan sesak.

6. Nyeri pada perut


Jika Anda sering mengalami masalah pada perut, konsumsi cataflam tanpa dosis bisa membuat Anda merasakan nyeri di perut. Selain karena kandungan senyawa obat ini, perut yang sensitive juga bisa menjadi penyebabnya.

7. Gejala alergi


Beberapa orang memang tidak bisa menerima senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh, termasuk senyawa dalam obat. Konsumsi cataflam pun juga sama, dapat menimbulkan gejala alergi jika ternyata tubuh Anda memberikan reaksi yang negative terhadap obat ini.

8. Kesulitan buang air kecil


Efek samping cataflam juga bisa membuat Anda kesulitan untuk buang air kecil. Jadi jika Anda mempunyai riwayat penyakit yang berkaitan dengan saluran kencing, Anda tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat ini melebihi dosisnya.

9. Batuk


Obat cataflam dengan efek sampingnya juga mampu mengganggu kesehatan tenggorokan Anda. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat tenggorokan Anda gatal dan akhirnya memicu gejala batuk yang cukup parah.

10. Muntah darah


Efek lanjutan dari batuk yang terus menerus Anda rasakan setelah mengonsumsi cataflam yaitu munculnya gejala muntah darah. Jika hal ini terjadi, Anda disarankan untuk menghentikan penggunaan obat ini dan segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 18 Obat Alami Pegal Linu yang Ampuh untuk Tubuh

Tidak hanya 10 efek samping di atas, cataflam juga mempunyai efek samping lainnya untuk tubuh, yaitu:

Efek Samping Cataflam Lainnya


11. Feses berwarna hitam
12. Tidak bisa melihat dengan jelas
13. Dengung pada telinga
14. Vertigo
15. Bengkak
16. Resiko Troke
17. Resiko serangan jantung

Agar terhindari dari banyaknya efek samping cataflam di atas, maka ada baiknya Anda memperhatikan dosis penggunaan obat nyeri yang satu ini.

Dosis Catflam


Konsumsi obat cataflam yang dianjurkan untuk tubuh yaitu sekitar 2 sampai 3 kali sehari untuk 50 mg tablet bagi orang dewasa. Obat ini akan lebih efektif jika Anda mengonsumsinya setelah makan. Sedangkan untuk anak-anak umur 14 tahun ke atas, dosis cataflam sekitar 75 sampai 100 mg dalam sehari.

Nah, jika Anda tidak ingin mencegah konsumsi obat apapun karena adanya efek samping, maka sudah sebaiknya Anda menjaga kesehatan gigi dengan rutin. Selain menyikat gigi, Anda juga perlu lebih memilih jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Jika Anda mengalami masalah kesehatan gigi yang serius, Anda perlu segera mengunjungi dokter gigi.