Langsung ke konten utama

15 Efek Samping Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Setiap zat kimia yang digunakan tentu saja bisa memberikan efek samping ke tubuh, termasuk alkohol. Apalagi jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dan melebihi kadar batas yang bisa dikonsumsi oleh tubuh manusia. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka tubuh Anda bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan tubuh.

Sebelumnya kita sudah membahas lebih lanjut tentang fungsi umum alkohol. Nah, sekarang kita akan membahas efeknya ke tubuh jika zat ini diminum. Hal ini penting, terutama jika Anda memang pecinta minuman beralkohol. Alkohol sendiri memang mempunyai manfaat untuk menghangatkan tubuh Anda, namun tentu saja dalam konsumsi yang wajar.

15 Efek Samping Alkohol untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini efek samping alkohol untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda perhatikan.

1. Sakit kepala


Efek samping pertama dari konsumsi alkohol yaitu rasa sakit kepala. Gejala ini merupakan gejala pertama yang paling mudah untuk diatasi. Jika Anda merasakan sakit kepala setelah mengonsumsi alkohol, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air putih. Pastikan Anda berbaring atau duduk terlebih dahulu agar kepala Anda tidak bertambah pusing atau sakit.

2. Mual dan muntah


Alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak juga dapat membuat Anda merasakan gejala mual dan juga muntah. Dua hal ini bisa terjadi akibat dari lambung yang tidak kuat menerima lebih banyak senyawa keras dari minuman beralkohol yang Anda konsumsi. Efek samping ini juga bisa dikatakan sebagai efek keracunan alkohol.

3. Gangguan kesehatan jantung


Jantung Anda juga bisa mengalami banyak gangguan kesehatan jika Anda tidak memperhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi alkohol. Fungsi jantung akan menurun dan membuat aliran darah Anda menjadi tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar akan membuat organ tubuh lainnya pun mengalami gangguan kesehatan.

4. Hilang kesadaran


Banyak orang yang akan hilang kesadarannya setelah mengonsumsi alkohol terlalu banyak. Hal ini bisa dikatakan sebagai mabuk. Orang yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa saja pingsan atau bahkan bertingkah aneh tanpa ia sadari.

5. Perilaku terganggu


Perilaku seseorang yang mengkonsumsi alkohol juga akan menjadi berbeda dan terganggu. Moodnya bisa naik turun dengan drastic dan mengalami banyak gangguan psikis yang merusak pola pikirannya. Hal ini bisa berlanjut pada rusaknya otak Anda.

6. Penyakit pada organ hati


Organ hati Anda akan mengalami berbagai macam penyakit jika Anda mengonsumsi alkohol setiap hari. Hati merupakan organ tubuh yang berguna untuk menetralkan racun. Jika organ ini rusak, maka tubuh Anda akan memiliki banyak racun yang menumpuk.

7. Iritasi lambung


Lambung dan organ pencernaan lainnya kemungkinan besar akan mengalami iritasi dan gangguan kesehatan. Senyawa alkohol yang langsung mengenai lambung dalam jumlah yang banyak tidak akan kuat ditangani sehingga terjadilah iritasi lambung.

8. Paranoid


Orang yang sering mengonsumsi alkohol akan merasakan ketakutan yang berlebihan. Ia akan menjadi lebih paranoid terhadap banyak hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Lama-kelamaan, pikirannya pun akan terganggu.

9. Keracunan


Tentu saja jika Anda mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan Anda mengalami keracunan. Apalagi jika Anda mencoba untuk mengonsumsi zat ini dengan mencampurnya menggunakan bahan lainnya yang tidak pantas untuk dikonsumsi.

10. Janin lahir cacat


Seorang wanita yang sering mengonsumsi alkohol mempunyai kemungkinan janin yang lahir cacat dibandingkan yang tidak. Itulah mengapa sebaiknya seorang wanita menjaga kesehatannya mulai dari sekarang agar janinnya nanti bisa tumbuh dengan sehat.

Baca Juga: 21 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui

Selain itu, masih ada beberapa efek samping alkohol untuk tubuh Anda yang lainnya, yaitu:

Efek Samping Alkohol Lainnya


11. Gangguan kesehatan liver
12. Haid nyeri berlebihan
13. Mempercepat menopause
14. Penyakit kanker hati
15. Kematian mendadak

Sebisa mungkin jika Anda memang membutuhkan alkohol sebagai salah satu sumber konsumsi, sebaiknya Anda memperhatikan kadar alkohol yang akan Anda konsumsi. Selain itu, pastikan Anda tidak mengonsumsinya setiap hari karena tubuh Anda tidak akan bisa menerima kandungan senyawa alkohol yang terlalu banyak. Imbangilah konsumsi alkohol dengan makanan yang sehat seperti buah dan sayur agar tubuh Anda menjadi lebih sehat.