Langsung ke konten utama

10 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan Tubuh

Sering mendengar tentang kebutuhuan istirahat dengan tidur yang cukup merupakan kebutuhan untuk menjaga kesehatan. Ketika kita kurang tidur, maka badan akan terasa tidak enak. Apalagi ditambah dengan segala aktivitas yang padat tubuh memerlukan istirahat yang cukup.

Namun, bagaimana jika Anda terlalu banyak tidur? apakah hal ini baik untuk Anda ? coba lihat dan perhatikan pemaparan dibawah ini mengenai bahaya tidur yang terlalu lama. Ada bahaya yang mengancam diri Anda dengan kesehatan bahkan mampu menimbulkan resko kematian.

10 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini ada beberapa bahaya atau efek buruk yang akan menyerang tubuh Anda jika tidur terlalu lama

1. Penurunan fungsi Otak


Fungsi otak sebagai motherboard dalam tubuh dan diri Anda dapat terganggu fungsinya akibat Anda sering tidur terlalu lama. Sistem syaraf Anda yang terlalu lama berisitirahat mengakibatkan aliran tidak lancar dalam mentrasnfer informasi atau merespon ke seluruh tubuh bisa terganggu. Jangka yang dibutuhkan untuk waktu ini hanya dalam kurun waktu 6 tahun. Segera perbaiki waktu tidur Anda. Jangan terlalu lama

2. Mampu meningkatkan depresi


Peningkatan depresi dapat terjadi hanya karena tidur Anda terlalu lama. Fungsi otak dan tingkat kesadaran diri yang leih kecil membuat Anda mengalami stres. Otak Anda tidak bekerja secara maksimal dan kesadaran Anda dari tidur lebih membuat tingkat kebutuhan otak mengalami kendala. sehingga Anda akan cenderung lemah dalam berfikir dan timbul perasaan stress.

3. Mempengaruhi tingkat kesuburan


Kebiasaan tidur dengan jangka waktu yang lama membuat Anda mengalami kesusahan mendapat momongan. Ada sebuah peneltian dimana dari sekian banyak wanita yang menggunakan waktu luangnya untuk tidur dalam jangka waktu lebih dari 9 jam dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. waktu tidur inilah yang memang berpengaruh pada perubahan siklus dan hormon pada masa menstruasi.

4. Berat badan naik


Bahaya ini jelas terjadi pada seseorang yang mengalami permasalahan tidur dengan jangka waktu yang lama. Hal ini dipengaruhi oleh makan yang ditambah dengan konsumsi tidur berlebih. Pada hakekatnya setiap manusia itu harus menjaga pola makan dan tidur. Kasih jarak makanan Anda untuk di cerna pada sistem pencernaan Anda. jangan keburu-buru untuk tidur setelah makan. Berat badan Anda akan cenderung naik serta beresiko obesitas.

5. Resiko Penyakit jantung


Resiko jantung juga dapat diterima bagi seseorang yang melakukan aktivitas tidur lebih dari 8 jam per hari. Biasanya resiko pada permasalahan jantung adalah penyakit angina. Dimana penyakit ini terjadi akibat jantung bekerja dalam keadaan tidak sadar dan mempa darah keseluruh tubuh secara perlahan. Ritme yang terjadi sangat lemah sehingga Anda mengalami penyakit ini.

6. Menyebabkan kematian


Bagi sebagian orang tidur terlalu lama memang sangat mengenakkan. Tetapi, keseringan akan kebiasaan ini mengakibatkan lebih cepat kehilangan nyawa. Sangat mengerikan bukan. Usahakan tidur secara cukup setidaknya 6-8 jam saja per hari. Jangan sampai berlebihan jika Anda tidak ingin kehilangan nyawa lebih awal.

7. Resiko diabetes


Resiko ini juga berdampak pada diri Anda yang sering melakukan aktivitas tidur terlalu lama. Hal ini terjadi dari proses metabolisme tubuh yang tidak maksimal sehingga terjadi penumpukan nutrisi seperti gula, lemak dan kolesterol. Kaitanya adalah, keseringantidur membuat Anda tidak mengeluarkan keringan dan tubuh tidak mengolah makanan untuk diubah menjadi tenaga. sebab itulah, kenapa orang lebih rentan terkena diabetes pada seseorang yang tidur terlalu lama.

8. Mengakibatkan rasa pusing di kepala


Aliran darah yang tidak lancar pada diri Anda akibat sering tidur dengan tempo yang lama dapat terjadi penyakit pusing secara terus meneru. Perjalanan kandungan neurotransmiter pada otak tidak lancar sehingga Anda akan emras pusing yang berkepanjangan.

9. Konsentrasi menurun


Terlalu banyak tidur membuat konsentrasi Anda melemah. Beberapa orang mengalami hal ini karena tingkat kesadaran yang terus menurun akibat terlalu banyak tidur.

10. Nyeri pada sekujur badan


Nyeri ini akibat dari aliran darah yang tidak lancar. Biasanya orang terlalu banyak tidur merasa nyeri pada area punggung akibat minimnya aktivitas yang dilakukan. sehingga otot akan lebih kaku.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Menyetir Tanpa Alas Kaki untuk Tubuh

Pemabahasan mengenai bahaya tidur yang berlebihan ini menjadikan kita tahu bahwa resiko kebiasaan buruk ini berdampak pada kesehatan. Tidurlah secukupnya dan belajarlah untuk tetap menjaga kesehatan dengan gaya hidup yang sehat pula.