Langsung ke konten utama

7 Efek Buruk Tidur dengan Lampu Mati untuk Tubuh

Kualitas tidur seseorang akan membawa dampak pada metabolisme tubuh. Istirahat yang cukup membuat Anda kembali bugar dan siap beraktivitas dalam keseharian. Penting bagi seseorang dalam aktivitas tidur untuk dipahami. Salah satunya adalam mematikan lampu kamar tidur.

Beberapa orang merasa lebih nyaman dengan keadaan lampu mati. Dimana, psikologi seseorang yang mampu dirubah dari kebiasaan ini. Selain itu, doktrin yang bisa timbul dari kebiasaan ini adlaah mungkin mempercepat tidur Anda. Tetapi, perlu dipahami bahwa seseorang yang tidur dengan lampu kamar mati akan membawa dampak yang berbahaya.

7 Efek Buruk Tidur dengan Lampu Mati untuk Tubuh

Berikut ini daftar dan penjabaran dari bahaya mematikan lampu kamar tidur :

1. Dampak Psikologis


Sudah disinggung tadi bahwa psikologi seseorang dapat terpengaruh akibat kebiasaan ini. Biasanya dampak ini menyerang pada seseorang yang lebih tua atau lansia. Kecenderungan pikiran yang kacau mengakibatkan fisik yang mudah lemah. sehingga, banyak dari mereka mengalami kaget ketika bangun pagi.

2. Munculnya rasa Malas


Hal ini berkaitan dengan kenyamanan seseorang saat bangun tidur. Dimana, orang yang ternyata mematikan lampu kamar saat tidur akan merasa lebih nyaman dan susah untuk bangun. rasa malas ini juga berakibat pada pola hidup Anda.

Kecenderungan Anda melakukan aktivitas tidur akan bertambah seiring berjalannya waktu. Beberapa diantaranya sudah mengalami hal ini dan terbukti. Kecenderungan seseorang akan melakukan aktivitas tidur lebih dari 9 jam daripada orang yang menyalakan lampu.

3. Memicu rasa takut pada anak


Seorang anak lebih rentan merasa ketakutan ketimbang orang dewasa. Seperti mematikan lampu saat buah hati Anda tidur tidak disarankan karena mampu membuat anak Anda merasa takut. Ketika anak Anda merasa takut, maka anak akan susah untuk tidur dan bisa mengganggu kesehatan akibat kurang tidur dimalam hari. selain itu, resiko anak Anda terkena stress juga dimungkinkan akibat kebiasaan sepele ini.

4. Meningkatkan stres


Seperti yang dinyatakan pada point sebelumnya, bahwa mematikan lampu saat tidur membuat Anda beresiko mudah stres. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda bangun tidur dan menyalakan lampu. Anda akan merasa pusing dan tida mengenakkan mata.

Silauan cahaya yang masuk kemata ditransformasikan kedalam otak. Karena terkejut, otak akan merespon cahaya yang masuk dan menyebabkan Anda stres. sebaiknya ketika Anda lebih suka kamar yang gelap saat tidur, sebaiknya Anda menggantinya dengan lampu yang sedikit redup.

Biasanya diletakan diujung kamar Anda atau disamping tempat tidur Anda. Lampu ini sangat bermanfaat agar saat terbangun, resiko stress tidak menghantui Anda.

5. Gangguan Pada pengelihatan


Permasalaha ini mungkin klasik bagi seseorang yang tidur dalam keadaan lampu dimatikan. Tidak hanya itu, permasalahan kesehatan akan lebih serius jika kebiasaan ini Anda teruskan. Mata Anda akan merespon cahaya secara langsung ketika Anda tidur dalam ruangan gelap. Sehingga Anda akan merasa kabur saat pAndangan ke benda disekeliling Anda.

6. Bangun Kesiangan


Akibat ini sering membuat kacau jadwal Anda yang padat. Beberapa orang bahkan sebagaian besar orang memang lebih suka mematikan lampu saat tidur. Selain masalah hemat biaya dan mempercepat tidur dampak buruknya adalah Anda akan bangu kesiangan. Kesulitan melihat benda disekeliling atau Anda merasa hari masih gelap karena cahaya luar tidak masuk dapat mengganggu jam bangun Anda.

Kerugian akibat bangun kesiangan ini mampu membuat masalah baru. Ketika Anda buru buru dan sejenisnya, maka segala bentuk persiapan pasti tidak matang. Anda akan mengalami stres dan terengah-engah mengejar waktu yang sudah berlalu. Hanya karena permasalahan lampu kamar tidur Anda matikan.

7. Sering jatuh dari tempat tidur


Kebiasaan ini juga membawa masalah ini. Mematikan lampu membuat Anda tidak tahu disekitar Anda. Apalagi polah Anda ketika tidur yang kesana kemari, bisa berakibat Anda terjatuh dari tempat tidur. Bahaynya adalah ketika Anda terjatuh dengan posis kepala dulu atau tangan yang tidak siap, resiko tulang patah mungkin saja terjadi.

Baca Juga: 26 Efek Samping Minum Kopi setelah Konsumsi Obat untuk Tubuh

Sejatinya permasalahan mematikan lampu ini bisa dikatakan sepele. Hanya karena hemat biaya, Anda terkena masalah serius seperti patah tulang. Sebaiknya nyalakan lampu kamar Anda dengan lampu hemat energi dan ramah lingkungan sehingga kantong Anda tetap aman. Ubahlah gaya hidup Anda yang berkaitan dengan tidur agar tubuh Anda juga menjadi lebih sehat.