Langsung ke konten utama

16 Efek Buruk Pil KB yang Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Pil KB atau sering disebut sebagai pil biru merupakan alat kontrasepsi yang ampuh dan umum digunakan untuk mengurangi resiko kehamilan. Bukan berarti orang tidak mau memiliki anak atau keturunan, tetapi Pil ini memiliki manfaat sebagai pencegah hamil karena sudah cukup anak atau menjaga keharmonisan keluarga. Selain itu, akses kemudahan mendapatkan Pil ini menjadi tambah populer sebagi pilihan terbaik alat kontrasepsi.

Sayangnya, kebanyakan wanita Indonesia kurang tertarik menggunakan pil KB. Rumor yang berkembang di kalangan wanita tentang efekburuk dari pil ini masih debatable ( diperdebatkan ). Untuk itu, perlunya pengetahuan tentang bahaya atau efekburuk pil KB ini secara benar.

16 Efek Buruk Pil KB yang Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Efek burukdari Pil KB yang sudah terbukti diantaranya :

1. Penurunan  LIBIDO


Libido atau hasrat seksual perlu di jaga apalagi masih dalam masa subur. Ada beberapa pilihan Pil KB yang mampu berakibat pada penurunan hasyar seksual. beberapa jenis Pil Kb yang memiliki kandungan androgen dalam tubuh memberikan efek penurunan hasrat secara besar besaran. Sehingga pada wanita jika mengkonsumsi jenis Pil KB tersebut akan mengalami penurunan hasrat seksual.

2. Sumbatan Pada aliran darah


Trombosit bagi perempuan yang meminum pil Kb akan mengalami resiko penyumbatan lebih besar. Dari peneletian yang sudah ada, resiko tersebut dibuktikan dengan membedakan wanita yang mengkonsumsi pil Kb dan tidak. dari kisaran 1-5 untuk kisaran 10 rb wanita yang tidak hamil muncul resiko sumbatan trombosit.

Tetapi hal ini akan lebih berbahaya ketika sesorang wanita yang mengkonsumsi pil kb. Adanya perubahan dari 3-9 orang wanita beresiko terkena penyumbatan trombosit. Stimulan Pil Kb lah yang menyebabkan peningkatan kecil terhadap reseiko tromboemboli atau gumpalan darah.

3. Perubahan terhadap Mood


Mood atau perasaan yang timbul memang kerap terjadi. Bahkan seorang wanita yang menjelang menstruasi. berdasarkan hasil penelitian pula, seorang wanita memiliki tingkat resiko perubahan mood selama masa pramenstruasi akibat mengkonsumsi pil KB.

4. Gangguan Pengelihatan


Kasus ini dapat terjadi bila seseorang menggunakan pil KB secara berlebih. Memang tidak ada kaitan antara mata terhadap kemampuan indera terhadap konsumsi pil KB. Hal ini dapat terjadi saat tubuh yang memiliki kandungan estrigen tinggi menahan cairan tubuh. dengan demikiam jaringan yang tertahan mampu berdampak pada korne mata. Kornea mata akan terlihat membengkan dan pAndangan menjadi kabur. Selian itu, jika penggunakan pil ini secara terus menerus akan mengalami resiko glukomia.

5. Kenaikan Berat badan


Resiko yang paling sering terjadi apabila seseorang secara rutin mengkonsumsi pil KB ini. Kenaikan Progesteron mendorong tubuh untuk menyimpan cairn dan lemak. Lemak yang tertimbun biasanya terdapat pada perut, pinggul dan karakter lunak tubuh lainya. Sehingga perlunya keseimbangan berolahraga bagi orang yang mengkonsumsi pil Kb ini agar tubuh tetap seimbang dan terjaga.

6. Infeksi jamur


Perubahan kadar PH yang diakibatkan pil KB terjadi oleh beberapa jenis pil yang ada dipasaran. PH yang berubah membawa dampak pada kelembapan organ genital perempuan. Perubahan ini terjadi atas kenaikan kadar estrogen. Resiko akan lebih buruk apabila perempuan mengalami diabetes. Usahakan sering menjaga miss V Anda dengan mengganti celana dalam secara teratur.

7. Membesarnya Payudara


Bagi beberapa lelaki sering menikmati payudara perempuan yang besar. tetapi ini bukan resiko bagi kaum lelaki. Perempuan yang mengkonsumsi pil KB dapat memperbesar payudara yang belum tentu disukai oleh semua wanita.

8. Terjadi Pendarahan


Pendarahan yang terjadi diluar peiode haid sering dialami oleh perempuan yang mengkonsumsi pil KB ini. Efek ini biasanya terjadi akibat perubahan hormonal sehingga akan berhenti pada setelah 3 bulan pemakaian setelahnya.

9. Mual


Sebagai Efek yang bisa dirasakan bagi pengguna pil Kb ini. Kadar estrogen yang meningkat akibat dipicu oleh zat kima yang ada dalam pil KB mampu memberikan efek mual pada perut Anda. Mual ini akan berlangsung cukup lama selama Anda menggunakannya.

10. Kembung


Selain merasa mual, Anda juga merasakan kembung akibat enzim yang berubah didalam sistem pencernaan. Berakibat pada kenaikan asam lambung yang berujung pada rasa kembung, mual bahkan sampai muntah yang berkepanjangan.

Baca Juga: 11 Bahaya Jangka Panjang Aspirin untuk Kesehatan Tubuh

Mengkonsumi pil KB juga berdampak secara langsung pada tubuh Anda karena ada beberapa efek buruk lainnya yang akan terasa segera setelah Anda mengonsumsinya, yaitu:


Efek Buruk Pil KB Lainnya


11. Pusing
12. sakit kepala
13. Migran
14. Gangguan pencernaan
15. Dada sesak
16.  Aritmatika jantung yang berubah

Efek buruk diatas memberikan pemahaman kita terhadap resiko obat seperti pil KB yang berkembang. Menjadi orang cerdas dengan pengetahuan lebih akan memberikan pengalaman yang baik bagi kesehatan Anda dan keharmonisan keluarga.