Langsung ke konten utama

11 Efek Buruk Penggunaan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Rokok elektrik yang sekarang ini sedang trend dan menjadi gaya hidup seseorang diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan diri atau sekedar sebagai Gaya. rokok eletrik yang biasa dikenal sebagi Vapor ini sangat unik dan dapat mengeluarkan asap tebal dibanding rokok biasa. Sensai ini lah yang dicari banyak kalangan muda dan tua menggunkan vape dalam keseharian.

Apalagi banyaknya varian rasa yang ada memberikan sensasi ketidakjenuhan terhadap rokok. Terlebih lagi keawetannya mengakibatkan orang lebih irit dibanding rokok tembakau. Memang secara umum, vape memiliki kemampuan dan bahkan ada kompetisi vapor di kalangan sekarang ini. Walaupun begitu, ternyata vape ini memiliki bahaya juga bagi penggunanya.

11 Efek Buruk Penggunaan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Selain bahaya kesehatan ternyata vape juga berdampak pada peningkatan kebutuhan hidup Anda. Berikut ini baya rokok elektrik atau vape :

1. Kanker


Resiko kanker adalah indikasi yang bisa terjadi. jangan Anda salah sangka bahwa vape tidak bisa memicu kanker pada diri Anda. Ternyata vape juga berakibat akan hal itu. Penyebabnya adalah nikotin cair yang ada dalam liquid malah memberikan efek memeprcepat terjadinya kanker. selain itu bahan pelarus seperti gliserin, dieter gikol, dan propilen mampu menyokong resiko kanker lebih awal. Kandungan zat kima lain dan perasa kimia jelas menambah bahaya kanker pada rokok elektrik Anda dalam kesehatan.

2. Gejala asma


Asma juga dapat dipicu akibat penggunaan rokok elektrik ini. Penyakit ini timbul karena masuknya asap yang berlebih pada paru paru yang dihasilkan rokok elektrik dalam jumlah besar. Apalagi teknik penggunaan baik menggunakan rongga mulut, hidung samapai menyedotnya dalam dalam dapat merusak kesehatan paru paru Anda lebih awal.

3. Udara menjadi kotor


Polusi udara jelas timbul akibat penggunaan vape ini. Rokok elektrik dikalim sebagai alat bantu perokok berat untuk mengurangi konsusmi rokok karena polusi pada rokok tembakau lebih berbahaya daripada rokok elektrik. Tetapi sangat disayangkan bahwa uap air yang timbul akbat rokok elektrik ini justru memperparah keadaan dimana menurut WHO dari uap air rokok elektrik ini justru memicu polusi udara lebih banyak

4. Resiko rokok meledak


Resiko meledaknya rokok elektrik tidak bisa dipungkiri. Alat pemanas yang ada dalam rokok elektrik bisa saja meledak akibat terjadi kebocoran ataus ejenisnya. Karena listrik yang dihasilkan dari bateri untuk memantik panas dan menguapkan tabung rokok elektrik ini bisa saja menimbulkan ledakan. Konsleting juga bsia timbul akibat kesalahan pengguna rokok elektrik amatiran. Jika sudah terjadi, amka bibir Anda akan sakit dan memar sampai luka bakar yang seirus.

5. Iritasi paru-paru


Iritasi paru paru juga merupakan resiko yang harus diterima jika Anda tetap menggunakan rokok elektrik ini. Iritasi pada paru paru timbul akibat zat kimia yanga da dan tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Paru paru Anda akan mudah kering dan kelembapannya tidak terjaga. Pemicunya adalah cairan yang berisi aneka zat dan perasa dan semuanya terbuat dari bahan kimia. Apalagi nikotin cair didalamnya yang memeprparah keadaan.

6. Radang paru-paru


Peradangan paru paru juga beresikotinggi akibat penggunaan rokok elektrik ini. Penggunaan vape secar terus menerus menyebabkan peradangan paru paru. atau dalam medis dikenals ebagai pneumonia. Menghisap rokok elektrik juga mengakibatkan mudahnya bakteri masuk kedalam rongga paru paru yang menyebabkan peradangan ini.

7. Penyakit jantung


Penyakit jantung juga bisa terjadi akibat rokok elektrik. asap yang masuk dalam volume yang banyak dapat tembus kedalam aliran darah Anda. Pengikatan oksigen dalam darah mengakibatkan pasokan kedalam anggota tubuh menjadi berkurang. Sehingga jantung memompa darah lebih keras dari keadaan normal.

8. Sakit kepala


Sakit kepala juga terjadi akibat penggunaan vape ini. kandungan nikotin dalam takaran likuid yangd igunakansecara serampangan tanpa aturan cc menyebabkan Anda mudah sakit kepala. Efek ini juga bisa timbul secara langsung dirasakan akibat salah pergaulan dan gya hidup Anda.

9. Stroke


Stroke adalah resiko berbahaya akibat penggunaan rokok elektrik. aliran darah yang tidak lancar menyebabkan penyumbatan pada sendi sendi dalam tubuh. sehingga resiko ini dapat menyerang Anda sewaktu waktu.

10. Gangguan metabolisme


Bahaya kandungan nikotin dalam likuid bisa saja menjangkit Anda dan merusak kesehatan terutama metabolisme. Nikotin dalam cairan tersebut sejatinya tidak pernah diperhatikan bagi para konsumen rokok elektrik. Terpenting adalah rasa dan mampu mengeluarkan asap tebal. dengan asap tebal maka kandungan nikotin cair akan lebih banyak dan berbahaya pada metabolisme Anda.

11. Impotensi


Gangguan pada keperkasaan juga bisa terjadi. Resiko impotensi dari kadar nikotin pada cairan lah yang menyebabkan Anda tidak perkasa kembali. Hal ini akan membuat beberapa organ tubuh Anda rusak, terutama organ reproduksi.


Baca Juga: 10 Bahaya Menggunakan Handphone ketika Dicas

Lebih baik segera hentikan konsumsi rokok dan vape kalau sebatas gaya hidup saja. Lebih baik, gunakan hal yang terbai uang Anda untuk ememnuhi kebutuhan yang lebih primer dibanding dengan hal ini. Anda bisa mengganti rokok dengan membiasakan gaya hidup sehat melalui konsumsi sayuran buah. Jika ingin merokok, Anda bisa mengonsumsi permen.