Langsung ke konten utama

19 Efek Buruk Paracetamol untuk Kesehatan Tubuh

Penyakit yang sering diderita paling banyak orang adalah penyakit demam. Hal ini berkaitan karakter tubuh dengan tingkat kekebalan yang menurun atau faktor cuaca sampai pada aktifitas yang padat dan pola makan yang tidak terjaga.

Penyakit demam ini biasanya ditanggulangi dengan salah satu obat familiar bernama paracetamol. Mudahnya menemukan obat ini di apotik dan efektifitasnya sebagai penurun demam menjadi alasan bagi seseorang mengkonsumsi obat jenis ini.

19 Efek Buruk Paracetamol untuk Kesehatan Tubuh

Namun, perlu diperhatikan terkait penggunaan paracetamol yang berlebihan karena dapat mengakibatkan beberapa efek dibawah ini :

1. Tekanan Darah Rendah


Kegunaan dari paracetamol juga dipergunakan sebagai obat penurun rasa nyeri dan demam. Efek ini akan terasa apabila paracetamol ini digunakan dengan campuran cairan infus. Resiko hipotensi atau darah rendah sering terjadi akibat pencampuran tersebut. Aliran darah akan semakin melambat karena terlalu encer konsentrasi darah dalam tubuh sebagai upaya penurunan suhu tubuh.

2. Sakit kepala


Akibat dari aliran darah dengan tekanan yang rendah, seseorang akan merasa pusing. Sakit kepala ini akan terjadi secara berkala dan perlu konsultasi kepada ahli akibat penggunaan paracetamol. Jika sudah terjadi, segera konsultasikan pada tenaga medis atau dokter.

3. Alergi


Pemanfaatan paracetamol juga berakibat pada alergi. Gejala yang timbul sering ditemukan apabila seseorang sesudah mengkonsumsi paracetamol ini terjadi gatal pada area permukaan kulit. Segera hentikan penggunaan paracetamol dan konsultasikan ke dokter yang lebih ahli.

4. Diare


Penggunaan paracetamol yang berlebih tanpa adanya resep dan anjuran dokter berakibat pada permasalahan ini. Diare ini diakibatkan karena senyawa pada paracetamol yang bertolak belakang dengan tubuh sehingga bereaksi negatif. Gangguan diare bisa semakin parah apabila tidak segera ditanggulangi, karena cairan tubuh akan habis jika didiamkan saja.

5. Keringat Berlebih


Efek ini bisa dikatakan sebagai efek baik karena indikasi penurunan suhu tubuh yang menjadi efek
paracetamol tersebut. Kegunaan paracetamol sebagai penururn panas akan mengakibatkan tubuh berkeringat. Perhatiannya adalah ketika penggunaan paracetamol sudah dilakukan tetapi masih menunjukkan keringat yang berlebih mengindikasikan bahwa dosis dari paracetamol berlebihan. segera hentikan fan tunggu sampai ada perubahan suhu tubuh Anda.

6. Muntah


Efek ini adalah kontraksi lambung akibat terlalu kelebihan asam yang dipicu oleh paracetamol. Anda akan merasa mual dan jika dosis semakin banyak maka muntah akan Anda derita. Oleh karena itu, konsultasi ke dokter perlu dikedepankan daripada timbul permasalahan baru

7. Mual


seperti yang sudah dijelaskan diatas, awalmula muntah adalah mual pada area perut Anda. Kondisi ini akibat kelebihan senyawa aktif dari paracetamol yang memicu sistem pencernaan untuk bekerja ekstra. Gejalanya adalah Anda akan merasa penuh pada area ulu hati dan tidak enak badan. segera konsumsi air putih hangat apabila Anda mengalami mual akibat penggunaan paracetamol ini.

8. Perubahan Air seni


Perubahan yang nampak akibat kelebihan paracetamol adalah tingkat kepekatan warna air seni. Kondisi ini selayaknya seseorang yang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Apabila Anda mengkonsumsi paracetamol akibat demam tinggi dan tidak ada perubahan beberapa hari dan warna air seni Anda menjadi pekat, maka segera hentikan. Sebab, kepekatan air seni berarti Anda terindikasi kelebihan dosis dan nantinya akan berakibat pada kesehatan ginjal Anda.

9. Gangguan Ginjal


Akibat fatal kerusakan ginjal ini terutama penggunaan paracetamol berlebihan yang sudah terindikasi dari kepekatan air seni. Konsumsi paracetamol harus diimbangi dengan banyak meminum air putih agar kinerja ginjal tidak begitu berat. Karena air putih sebagai penurun panas juga bisa dijadikan alternatif obat alami yang lebih aman.

10. Penyakit Kuning


Biasanya hal ini terjadi akibat kelebihan paracetamol yang diaplikasikan pada buah hati (bayi). Penggunaan obat paracetamol bagi bayi harus dengan resep dokter tidak boleh secara serampangan.

Baca Juga: 13 Efek Buruk Asam Mefenamat untuk Kesehatan Tubuh

Gejala lain yang dapat dirasakan akibat penggunaan paracetamol yang berlebihan akan menimbulkan efek sebagai berikut :

Efek Buruk Paracetamol Lainnya


11. Penurunan selera makan
12. Sakit perut
13. kembung
14. Sesak Nafas
15. Kram pada area perut
16. Penurunan Sel darah merah
17. Pembengkakan
18. Gatal gatal
19. Penurunan Berat badan

Perhatikan penggunaan obat seperti paracetamol dan sesuai anjuran dokter perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Apalagi, bagi buah hati Anda yang akan meneruskan cita cita bangsa.