Langsung ke konten utama

11 Efek Buruk Minyak Ikan Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Nutrisi Omegaa 3 sejatinya sangat dibutuhkan sebagai suplemen tubuh. Kandungan sejuta manfaat bagi organ dalam khususnya otak dan tulang sudah terbukti perlunya pemenuhan omgea 3 ini. Apalagi, ektrak minyak  omega 3 sudah banyak dijual bebas dipasaran, sehinga mudah untuk mendapatkanya. Beberapa dari orang bahkan mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Padahal, nutrisi ini juga memiliki efek buruk bagi kesehatan jika tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Terlebih lagi, pengguna menggunakannya tanpa adanya aturan tertentu dalam mengkonsumsinya. Walapau bagaimanapun, hal yang berlebihan pasti memiliki dampat tidak baik termasuk mengkonsumsi omega 3 yang kaya akan manfaat.

11 Efek Buruk Minyak Ikan Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa efek dibawah ini termasuk dari akibat konsumsi omega 3 yang berlebihan, diantaranya :

Efek Buruk Minyak Ikan Omega-3


1. Peningkatan Kadar Glukosa darah


Suplemen baik ini jika digunakan secara tepat guna memperoleh manfaat yang bisa diambil. Tetapi, kelebihan dari nutrisi omega 3 menyababkan peningkatan kadar gula darah dari keadaan normal. berhati hati dalam mengkonsumsi suplemen ini apalagi bagi seseorang yang memiliki riwayat diabetes.

2. Perdarahan


Kombinasi antara omega 3 dengan obat pengencer darah juga berakibat pada perdarahan. Hal ini disebabkan karena adanya interaksi darah dengan suplemen tersebut dan obat pengencer darah sehingga akan timbul reaksi pembekuan darah. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan rentan terkena memar atau perdarahan. Lebih baik konsultasi terlebih dahulu pada ahli medis untuk mengkonsumsi suplemen ini.

3. Gangguan Pencernaan


beberapa orang yang mengalami kelebihan nutrisi omega 3 akan merasa sakit pada area perut. Gangguan ini disebut sebagai masalah gastrointestinal. Biasanya gejala yang terjadi ada;ah perut terasa penuh gas, kembung, sampai permasalahan diare.

4. Resiko Stroke


Resiko ini termasuk jarang terjadi tetapi tidak dapat diindahkan begitu saja. kandungan nutrisi omega 3 dalam dosis besar dapat menimbulka resiko stroke. Dosis yang tidak boleh dikonsumsi dalam setiap hari adalah 3 gram omega tiga, atau setara dengan mengkonsumsi 3 ikan setiap makan malam.

5. Resiko kanker pada pankreas


Pangkreas sebagai salah satu organ dalam tubuh manusia memiliki peran dalam sistem metabolisme. Kelebihan asam omega 3 akan menimbulkan kerusakan jaringan sehingga berakibat pada resiko kanker. Pemicunya tidak hanya kelebihan omega tiga saja, melainkan kondisi stress oksidatif akibat terlalu banyak suplemen asam omega 3. Dampak yang lebih mengerikan lagi dari resiko ini adalah rusaknya DNA yang tersusun.

6. Alergi


Kemungkinan dampak ini bukan sebagai kelebihan nutrisi omega 3. Tetapi sebagai kelainan terhadap nutrisi tersebut sehingga tubuh menolak zat atau senyawa didalam asam lemak omega 3. Alergi ini dipicu oleh riwayat seseorang yang memiliki penyakit alergi terhadap segala makanan laut atau sejenis ikan.

Pada tingkat yang lebih serius, bagi penderita HIV dan AIDS tidak disarankan mengkonsumsi suplemen omega 3 karea dapat memperburuk keadaan terutama keseimbangan hormonal.

7. Kebotakan


Kebotakan ini dipicu oleh kelebihan nutrisi omega 3 yang memuat vitamin A. Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang berlebih akibat mengkonsumsi omega 3, maka Anda terindikasi keracunan vitamin A. Gejala awal nya ditAndai dengan kelbihan  minyak pada area kepala Anda dan rambut mulai berguguran seiring berjalannya waktu. Pada akhirnya Anda akan mengalami kebotakan, menegrikan bukan.

8. Gangguan Pada Jantung


Kalsium yang diproduksi tubuh akibat dipicu oleh asam lemak omega tiga akan menumpuk pada area jantung Anda. Hal ini justru beresiko lebih parah lagi jika didiamkan begitu saja. Anda akan mengalamis erangan jantung dan detak jantung yang tidak normal.

9. Pelapukan tulang


Kelebihan kalsium yang dipicu asam lemak omega 3 juga akan menumpuk pada area tulang lunak Anda. Sehingga tulang Anda akan menjadi rapuh dan terjadi proses pelapukan. Perhatikan penggunaan nutrisi omega 3 ini khususnya bagi anak anak atau pada usia perkembangan.

10. Kerusakan Hati


Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi minyak ikan omega 3 terlalu banyak. Hal ini jika dilakukan dapat membuat Anda mengalami kerusakan organ pada tubuh, terutama organ hati. Hati Anda akan rusak dan tidak berfungsi normal dalam menangkal racun di dalam tubuh.

11. Gangguan Imunitas


Ternyata konsumsi minyak ikan omega 3 yang tidak sesuai dengan porsinya justru akan membuat imun Anda terganggu. Jika imun tubuh Anda tidak normal, maka tubuh Anda bisa dengan mudah terkena penyakit karena tubuh tidak mempunyai daya tahan yang kuat.

Baca Juga: 7 Jenis Obat Apotik Penghilang Bau Badan untuk Tubuh

Perlu dipahami bahwa kandungan omega 3 memang baik bagi tubuh kembang seseorang. Tetapi pemanfaatannya perlu didasari dengan ilmu dan akan lebih baik jika dikonsultasikan pada ahli yang mahir dalam bidangnya.