Langsung ke konten utama

16 Efek Buruk Minum Air Dingin Setelah Makan untuk Tubuh

Kebiasaan yang sudah melekat pada Anda mungkin sulit untuk disingkirkan. Beberapa masalah kesehatan juga bisa berdampak dari kebiasaan yang sejatinya kurang baik untuk Anda lakukan setiap hari. Sebagai contohnya adalah minum air dingin setelah Anda makan.

Air dingin yang dimaksud adalah air es bukan air putih biasa. Kebiasaan ini bisa saja membawa dampak kurang baik untuk keberlangsungan kesehatan Anda. Sehingga perlu untuk diperhatikan terkait bahayanya. Jika diabaikan, maka tubuh Anda bisa mengalami beberapa gangguan penyakit yang berbahaya.

16 Efek Buruk Minum Air Dingin Setelah Makan untuk Tubuh

Berikut ini ada rangkuman mengenai bahay mengkonsumsi air dingin setelah Anda makan, diantaranya :

1. Dapat menggagalkan proses Penghancuran Lemak


Lemak dalam tubuh yang didapat dari asupan makanan dapat gagal diproses dan dicerna tubuh akibat konsumsi air dingin setelah makan. Bagi Anda yang sedang melakukandiet, atau sejenisnya hindari konsumsi minuman dingin ini. Karena mampu menghambat proses diet Anda bahkan sebaliknya dapat menumpukkan lemak pada area perut Anda.

2. Nutrisi makanan terbengkalai


Bahaya konsumsi air dingin ini sebagai kebiasaan Anda setelah makan dapat membuat nutrisi dalam makanan terbengkalai akibat kegagalan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan gangguan akibat air dingin yang berdampak pada aliran darah untuk disebarkan kedalam seluruh tubuh yang terhambat akibat masuknya air dingin yang berlebihan.

3. Terjadi Iritasi Tenggorokan


Resiko ini paling sering menyerang anak anak. Peradangan tenggorokan dan iritasi bisa terjadi pada anak Anda. Akibatnya akan terjangkit penyakit batuk dan pilek hanya karena konsumsi air dingin ini.

4. Denyut Nadi


Nadi yang dipompa oleh jantung akan berubah ubah setelah Anda konsumsi air dingin setelah makan. Gangguan ini terjadi akibat hal tersebut mempengaruhi aliran darah yang dipompa jantung. Ritme denyut nadi akan berubah ubah dan tiadk beraturan dapat menyebabkan Anda sesak nafas dan nyeri pada area dada Anda.

5. Penyumbatan Anus


Resiko ini terjadi karena penyerapan nutris dan proses penghancuran makanan pada sistem pencernaan terganggu akibat konsumsi air dingin setelah makan secara berlebihan. Suhu air yang dingin pada air berekasi pada makanan yang bisa membuatnya beku dalam perut. sehingga proses penghancuran memerlukan waktu yang lebih lama. Kondisi ini memicu terjadinya pembentukan dan penumpukan lemak pada perut usus sehingga mampu menyumbat anus.

6. Lebih cepat Haus


Konsumsi air dingin berakibat pada kondisi cepat haus. Stabilitas dan keseimbangan tubuh bisa terganggu akibat terlalu sering meminum air dingin ini. Usahakan konsumsi air biasa saja pada kebiasaan Anda setelah makan. Hal ini mampu membuat Anda lebih nyaman dan sehat.

7. Kembung


Kejadian ini adalah total dari kondisi tubuh yang cepat haus. Anda akan lebih sering minum ketimbang makan. Peningkatan asam lambung dan jaringan perut juga dipengaruhi akibat kebiasaan meminum air dingin ini. Selain itu, peningkatan volume gas dalam perut juga mengakibatkan Anda merasa kembung.

8. Pembesaran amandel


Amandel pada tenggorokan Anda kan terpicu semakin besar dari kebiasaan ini. Air dingin yang memicu pembesaran amandel menyebabkan Anda kesulitan menelan makanan dan Anda mudah terkena iritasi. Apalagi makanan yang Anda konsumsi banyak menganduk lemak jenuh ditambah lagi konsumsi air dingin.

9. Perut Buncit


Pembesaran perut ini terjadi bukan hanya dari anak anak, orang dewasa juga berpengaruh akan hal ini. Kondisi ini dapat diindikasikan bahwa sudah terjadi penumpukan lemak. Resiko diabetes bisa saja terjadi akibat permasalahan ini.

10. Gangguan fungsi fisiologis


Aliran darah ke otak dapat dipercepat akibat permasalahan konsumsi air dingin. Gangguan fungsi fisiologis berupa rasa pusing dapat Anda rasakan akibat kebiasaan ini.

Baca Juga: 11 Efek Buruk Tidak Mencuci Tangan dan Kaki setelah Beraktivitas dan Bermain

Selain permasalahan diatas, masih banyak lagi bahaya dari kebiasaan buruk ini. Konsumsi air dingin setelah makan mengakibatkan :

Efek Buruk Minum Air Dingin Setelah Makan


11. Memicu sakit kepala
12. Mengganggu metabolisme tubuh
13. mempermudah pembentukan batu Ginjal
14. terjadinya refluk asam
15. Resiko dehidrasi
16. Mudah terserang flu dan batuk

Perhatikan gaya hidup Anda dalam keseharian. Jangan sampai salah melakukan berbagai hal dari keadaan keseharian Anda ini. Pada akhirnya nanti penyelasan yang akan Anda dapatkan dari resiko meminum air dingin setelah Anda makan. Kesehatan itu penting untuk dijaga dan perbaiki kebiasaan yang dapat mengganggunya. Semoga bermanfaat.