Langsung ke konten utama

8 Efek Buruk Melatonin untuk Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Apa itu melatonin? Melatonin merupakan suatu zat yang bisa Anda temukan pada beberapa hewan dan juga tanaman. Hewan yang mempunyai zat ini dapat mengantisipasi keadaan di saat gelap. Fungsinya bisa berbeda pada makhluk hidup lainnya. Sedangkan untuk manusia, melatonin digunakan sebagai salah satu bahan obat dalam dunia kesehatan atau medis.

Hampir semua obat medis mempunyai efek buruk yang dapat menyerang tubuh Anda, sama halnya dengan obat yang mengandung melatonin. Efek buruknya obat ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun bisa memberikan dampak jangka panjang jika Anda terus mengonsumsinya tanpa ada resep dokter yang bisa dijadikan acuan.

Nah, berikut ini efek buruk dari melatonin yang perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa lebih waspada sebelum Anda mengonsumsinya.

8 Efek Buruk Melatonin untuk Tubuh yang Perlu Diwaspadai

 

Efek Buruk Melatonin untuk Tubuh


1. Mual


Efek buruk melatonin yang pertama untuk tubuh yaitu munculnya gejala mual. Hal ini akan membuat Anda merasa ingin muntah dan tidak ingin mengonsumsi makanan apapun. Tubuh Anda bisa kekurangan nutrisi baik dari makanan.

Gejala mual ini bisa Anda hentikan dengan mengonsumsi air putih. Jangan kembali mengonsumsi obat yang mengandung melatonin. Setelah gejala mual Anda berhenti, Anda bisa kembali mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi jenis obat lainnya.

2. Muntah


Setelah gejala mual, efek buruk lainnya yang biasanya akan muncul yaitu muntah. Anda akan merasakan keinginan muntah hampir setiap hari. Jika hal ini berlanjut, tubuh Anda terutama bagian lambung dan pencernaan akan mengalami gangguan kesehatan.

Penderita penyakit maag pun sudah seharusnya tidak mengonsumsi obat dengan kandungan melatonin yang terlalu banyak. Asam lambungnya akan naik sehingga gejala muntah pun akan berlanjut terus menerus.

3. Gangguan tidur


Efek buruk melatonin selanjutnya yaitu Anda tidak bisa tidur dengan tenang. Obat ini bisa membuat syaraf tubuh Anda terganggu, termasuk syaraf yang mengendalikan tubuh Anda untuk beristirahat. Tidur yang tidak nyaman akan memicu gejala penyakit lainnya, seperti mudah lelah dan juga insomnia.

4. Mood terganggu


Obat yang mengandung melatonin juga dapat membuat mood Anda menjadi tidak stabil dan terganggu. Anda akan mudah marah, emosi, dan juga mudah tersinggung. Anda tidak akan bisa berpikir dengan jernih dan berkonsentrasi dengan baik.

5. Aliran darah tidak lancar


Ternyata obat yang mengandung melatonin juga bisa membuat aliran darah di tubuh Anda menjadi tidak lancar. Hal ini akan berdampak pada tidak berfungsi organ-organ di tubuh Anda. Kemungkinan besar munculnya penyakit tekanan darah tinggi maupun rendah pun sangat mudah untuk menyerang tubuh.

6. Hipotermia


Hipotermia merupakan gejala dimana suhu tubuh Anda tidak normal ataupun dibawah suhu lingkungan yang ada di sekitar Anda. Gejala ini bisa Anda dapatkan jika Anda mengonsumsi obat yang mengandung melatonin setiap harinya. Hipotermia sangat membahayakan kesehatan tubuh karena tekanan darah Anda bisa menurun dengan kesehatan otot yang terganggu.

7. Gangguan imun


Kesehatan imun Anda juga akan terganggu dengan kandungan melatonin pada obat yang Anda konsumsi. Imun tubuh yang terganggu akan membuat Anda mudah terkena penyakit dan juga tidak mempunyai ketahanan tubuh yang kuat. Bakteri dan virus pun dengan gampang akan menempel di tubuh Anda.

8. Penurunan FSH


Apa itu FSH? FSH adalah sebuah hormone yang terdapat dalam tubuh Anda. Hormon ini berkaitan dengan hormone pubertas di dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan reproduksi. Jadi, kesehatan reproduksi Anda bisa terganggu ketika Anda mengonsumsi obat yang mengandung melatonin. Hormon pubertas Anda menjadi tidak seimbang sehingga organ reproduksi Anda juga menjadi tidak sehat.

Baca Juga: 4 Kegunaan Obat Dumolid untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda sudah mengetahui beberapa efek buruk melatonin di atas, maka sudah seharusnya Anda perlu membatasi konsumsi obat yang mengandung melatonin. Sebaiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu setiap Anda mengidap suatu penyakit. Dokter lebih mengetahui jenis obat apa yang perlu Anda konsumsi, termasuk dosisnya setiap hari. Hal ini tentunya akan mencegah Anda dari efek buruk yang justru akan membuat penyakit Anda semakin parah.