Langsung ke konten utama

5 Efek Buruk Kerokan yang Perlu Diwaspadai

Masuk Angin biasa orang alami ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Bisa juga akibat dari kekurangan nutrisi tubuh karena kurang makan dan aktivitas padat. alasan lain orang terkena masuk angin adalah cuaca yang tidak bersahabat menyebabkan metabolisme Anda turun.

Penyakit ini suda umum menyerang setiap orang dan setiap waktu. Biasanya orang menyembuhkan masuk angin dengan kerokan karena dianggap sejak dulu cara ini ampuh mengusir masuk angin. Tetapi, ada juga yang sudah melakukan pengobatan medis menggunakan segala larutan atau obat yang beredar dipasaran.

5 Efek Buruk Kerokan yang Perlu Diwaspadai

Perlu diingat bahwa, masih banyak orang menyembuhkan masuk angin dengan kerokan. Bahkan, ada juga yang kerokan karena merasa pegal pegal dan tubuh tidak nyaman. Berikut ini beberapa hal yang perlu diwaspadai terkait bahaya kerokan bagi tubuh :

Efek Buruk Kerokan bagi Kesehatan


1. Melebarkan Pori pori 


Bahaya kerokan satu ini dapat mengakibatkan mudahnya bakteri yang masuk pada diri Anda. dengan berkerokan ketika masuk angin justru pori pori Anda akan lebih melebar akibat gesekan yang secara langsung terkena pada permukaan kulit Anda.

Permukaan kulit juga menipis akibat kerokan ini. Akibat lain dari bahaya kerokan dari melebarnya pori pori justru membuat Anda lebih mudah terserang penyakit. Kuman dan virus akan  secara mudah masuk kedalam pori pori tubuh Anda melalui kulit. Bakteri dan virus tersebut lebih mudah masuk ke jaringan lairan darah Anda dan Anda justru lebih rentan terkena penyakit.

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka ada resiko kerusakan aliran darah yang menganggu kelancaran aliran darah pada tubuh Anda. Segera hentikan aktivitas kerokan Anda jika masuk angin, ganti dengan penggunaan alternatif obat yang sekarang ini sudah ampuh mengusir masuk angin.

2. Ketagihan


Bahaya dari kerokan yang lain adalah mebuat Anda ketagian. Secara sugesti, dengan Anda kerokan maka masuk angin Anda akan sembuh. Padahal resiko kerokan sudah dijelaskan akan mebawa Anda ke dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Ketagihan ini dipicu dengan hadirnya rasa nyaman pada diri Anda sehabis kerokan.

Apalagi Anda merasa lebih baikan daripada sebelum Anda kerokan. Jaga diri Anda dengan tidak mebiasakan kerokan saat masuk angin ataus edang tidak enak badan. lebih baik beristirahat sejenak atau mengoleskan minyak panas pada area tubuh Anda yang sakit lebih aman dibanding dengan kerokan.

3. Resiko Stroke


Resiko yang paling berbahaya dari kerokan ini adalah penyakit stroke. Penyakit ini dipicu dengan melebarnya pori pori tubuh yang secara berkala akibat kerokan yang sudah Anda lakukan. perubahan yang timbul terkait aliran darah yang secara terus menerus dari aliran kecil ke lebar akan berakibat pada tingkat kelancaran aliran darah Anda kepenjuru tubuh.

Efek ini akan secara berkala bisa menimpa orang dari kebiasaan buruk kerokan jika tidak segera diperbaiki. Mungkin hari ini Anda akan merasakan hal yang biasa saja, tetapi dalam jangka panjang Anda akan menerima resiko ini akibat efek yang ditimbulkan termasuk jangka panjang.

4. Kontraksi Dini


Nah, resiko ini dapat menimpa pada seseorang yang sedang hamil. Perempuan yang sedang hamil tidak dianjurkan melakukan kerokan karena akan mengakibatkan kontraksi tidak pada waktunya. Zat yang bernama cytokines dapat muncul akibat inflamasi setelah kerokan.

Akan berbahaya bagi perempuan yang sedang hamil muda dan pada masa akhir sebelum melahirkan. Janin yang belum siap pada masa hamil muda akan berkontraksi dan beresiko keguguran. sedangkan, pada masa akhi kehamilan akan berakibat pada resiko lahir tidak pada waktunya.

5. Menyebabkan Anda lebih sering terkena masuk angin


Secara tidak sadar, Anda semakin sering melakukan kerokan pada diri Anda, berakibat pada resiko masuk yang lebih sering Anda alami. Pori pori yang terbuka mengakibatkan bakteri dan virus serta ketahanan tubuh Anda kian hari kian menurun. Oleh sebab itu, segera perbaiki kebiasaan Anda ini.

Baca Juga: 21 Kebiasaan yang Membuat Cepat Tua di Umur yang Masih Muda

Bahaya kerokan yang dapat dirasakan memang tidak langsung. Perlu jangka panjang untuk dirasakan. Tetapi, merubah kebiasaan buruk dan gaya hidup yang sering melakukan kerokan dapat Anda lakukan sejak dini. Agar resiko yang lebih parah tidak menjangkiti Anda. Ganti pengobatan altenrnatif yang ada menggunakan obat herbal yang sudah secara medis lebih efektif mengatasi permasalahan masuk angin Anda.