Langsung ke konten utama

28 Efek Buruk Insulin untuk Kesehatan Tubuh

Insuline secara alami diproduksi oleh tubuh pada pankreas yang berfungsi sebagai zat pengubah glukosa menjadi tenaga. Kemudian, glukosa yang sudah diubah tersebut ditransferkan kepada seluruh tubuh untuk beraktivitas dengan baik. Hormon ini juga berfungsi sebagai energi untuk membantu penyebaran energi keseluruh tubuh.

Sehingga sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda dalam memproduksi tenaga dari makanan yang sudah Anda konsumsi. Adapun penderita yang harus diberi suntikan insulin harus mewasapadai efek samping dari obat ini. gejala yang ditimbulkan bervariasi tergantung kekuatan tubuh dan dosis yang digunakan.

28 Efek Buruk Insulin untuk Kesehatan Tubuh

Untuk lebih detailnya simak beberapa efek samping insulin dibawah ini :

1. Penurunan Gula darah secara drastis


efek ini timbul saat insulin sudah masuk pada jaringan pembuluh darah Anda. Efek ini akan langsung menurun kan kadar gula darah sehingga bagi penderita hipertensi dan diabetes sangat diperlukan. tetapi, perlu penanganan medis yang ahli untuk menyuntikkan dan dosis yang dibutuhkan penderita.

2. Pusing


Setelah kadar gula Anda turun secara drastis, penyuntikan insulin ini dapat menye  babkan kepala Anda menjadi pusing.  Aliran darah yang tida secara normal mengalir di kepala karena tekanan yang rendah menyebabkan otak Anda mengalami kekurangan suplai. Sehingga Anda akan merasa pusing tetapi intesitasnya hanya sesaat saja.

3. Kejang


Kekhawatiran terhadap gejala ini perlu diperhatikan. Metabolisme yang menurun akibat dari tekanan dara yang menurun juga menyebabkan gejala kejang. Penyebabnya adalah perubahan metabolik pada kadar otak Anda. Oleh sebab itu, penggunaan insulin khususnya dengan cara menyuntikkanya kedalam kelenjar kulit tubuh perlu penanganan dokter dan dosis yang tepat.

4. Alergi


Efek ini sering dialami dan dijumpai setelah seseorang mendapatkan suntikan insulin pada tubuh. Gejala yang ditimbulkan dari efek ini bervariasi, biasanya seseorang akan mengalami pembengkakan pada area yang disuntik dan menimbulkan rasa gatal. Apabila hal ini terjadi, berarti Anda mengalami alergi terhadap penyuntikan insulin ini.

5. Iritasi


Penyebab dari iritasi ini merupakan efek berkepanjangan dari penyuntikan insulin secara sembarangan. Kerusakan jaringan kulit akibat penyuntikan insulin yang dilakukan tanpa pengawasan tenaga ahli bahkan dilakukan sendiri bisa menjadi faktor utama terjadi iritasi pada kulit. Apalagi faktor kebersihan dari jarum suntik juga berpengaruh terhadap kinerja obat tersebut.

6. Penurunan Daya Konsentrasi


Penyalahgunaan insulin yang tidak tepat guna menyebabkan efek berikut ini. Kondisi seperti ini dikarenakan keseimbangan nutrisi dalam tubuh terganggu. Sehingga suplai yang dibutuhkan otak juga terganggu.

7. Resistensi


Penyuntikan insulin yang serampangan dan jangka yang panjang menyababkan tubuh menolak adanya zat tersebut. Apalagi dosisi yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh dan terus meningkat demi memperoleh manfaat dari penyuntikan insulin dapat memperburuk keadaan. Seharusnya, pengubahan atau penambahan dosis ini harus dikonsultasikan pada ahli medis yang profesional.

8. Perubahan berat badan


Pemicu kenaikan berat badan bukan hanya faktor usia dan keturunan atau pola makan keseharian. efek buruk insulin dapat menyebabkan kenaikan berat badan yand dipicu oleh insulin. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya rasa lapar secara terus menerus setelah Anda diberik vaksin insulin.

9. Hilang Kesadaran


Kejadian ini bisa terjadi apabila seseorang menyuntikan insulin disaat kadar gula dalam tubuh sedang rendah. Efek penurunan gula darah akibat insulin ini mengakibatkan kondisi tubuh semakin tidak stabil dari penderita yang sedang megalami kadar gula renda. Akibatnya akan kehilangan kesadaran karena tubuh terasa lemas.

10. Gangguan Hati


Penggunaan insulin menyebabkan kondisi hati tidak stabil.  efek ini mengakibatkan kondisi tubuh yang disebut hiperglikemia dan hipoglikemia. Waspadai penyuntikan insulin tanpa pengawasan dokter.
Efek lain dari penggunaan insulin terutama dengan proses penyuntikan masih banyak lagi. Berikut daftar efek yang ditemukan:

Baca Juga: 19 Efek Buruk Paracetamol untuk Kesehatan Tubuh


Efek Buruk Insulin Lainnya


11. Dehidrasi
12. Mual
13. Muntah
14. Suhu tubuh Naik
15. Kram Pada Otot
16. Aritmatika Jantung tidak stabil
17. Koma
18. Kenaikan Siklus Buang air kecil
19. Bengkak
20. Tenggorokan Sakit
21. sesak Nafas
22. Penebalan Kulit
23. Sembelit
24. Ruam dan Gatal
25. Muka Pucat
26. Sulit menelan
27. Pembengkakan pada area Kaki
28. Keluar Keringat dengan Intensitas tinggi

Efek diatas merupakan pelajaran bagi kita semua bahka segala bentuk pengobatan medis harus disertai dan ditangani oleh tenaga ahli. Tidak serta merta mengkonsumsi obat obatan yang terjual bebas demi keselamatan Anda.