Langsung ke konten utama

14 Efek Buruk Acetaminophen untuk Kesehatan Tubuh

Penyakit demam, nyeri, pusing dan gejala ringan lainya sering dialami beberapa orang akibat kelelahan akitivitas. Apalagi seseorang yang kurang menjalani Olahraga secara teratur dan malas gerak (Mager). Hal ini memberikan dorongan bagi seseorang untuk mengobatinya secara instan dengan obat obatan kimia yang ada dipasaran. Salah satunya obat dengan kategori analgesik yang bernama acetaminophen.

Obat acitaminophen ini secara tepat guna belum diketahui manfaatnya sebagai obat penghilang demam atau nyeri dan pusing. Tetapi, Obat ini diketahui mampu mengurangi kadar prostaglandin yang terkandung di dalam otak. Efektifitasnya cukup memberikan perubahan yang membaik bagi penderita gejala diatas.

14 Efek Buruk Acetaminophen untuk Kesehatan Tubuh

Namun, perlu diketahui efek samping dari obat ini tidak boleh diabaikan agar tepat guna. Berikut beberapa efek dari acetaminophen :

1. Terjadi Gangguan Tenggorokan


Radang tenggorokan yang berbarengan dengan gejala demam serta flue biasanya dirasakan. Acetaminophen secara efektif mampu mengurangi demam yang dirasakan, tetapi apabila muncul radang pada tenggorokan, hentikan penggunaan obat ini dan segera periksakan ke tenaga medis.

2. Sesak Nafas


Gangguan ini paling sering dirasakan bagi sebagian besar pengguna obat acetaminophen. Kondisi ini diakibatkan senyawa kimia yang ada didalamnya serta kesesuaian dosis yang boleh digunakan. Teliti dan baca aturan pakai pada kemasan sebelum Anda gunakan.

3. Pendarahan


Pendarahan ini bisa saja terjadi akibat penggunaan obat acetaminophen ini. Biasanya terjadi pada seseorng yang mengalami luka benturan atau memar. Kegunaan untuk menghilangkan rasa sakit memang bisa digunakan. Tetapi perlu Waspadai pemakaianya karena seseorang menggunakan obat ini secara sembarangan (overdosis) dan mengakibatkan pendarahan yang tidak ada sebab pada memar Anda.

4. Alergi


Bisa saja seseorang mengalami alergi pada obat kategori analgesik seperti obat acetaminophen ini. Perlunya pengetahuan tentang karakteristik obat dan konsultasi pada ahlinya akan berdampak baik pada kesehatan Anda.

5. Lemas dan Lelah


Mewaspadai efek samping dari obat ini jelas sangat diperlukan. Kondisi tubuh yang terasa lemas dan lelah akan terjadi setelah Anda mengkonsumsi obat ini. Sehingga Anda akan merasa mengantuk dan tidak segar. Karena Obat ini memiliki kandungan zaz kimia sebagai penurun suhu tubuh Anda.

6. Mual


Seperti obat umum biasanya yang tidak cocok dengan tubuh dan imun Anda. Kondisi mual dapat Anda rasakan dibagian perut Anda. Biasanya hal ini terjadi karena dosis dan penggunaan yang berlebihan ketika dikonsumsi.

7. Sakit Perut


Kerusakan pada area sistem pencernaan Anda bisa terjadi apabila Anda merasakan mual yang terus menerus dan tidak segera menghentikan penggunaan obat acetaminophen ini. Gejala mual yang berkelanjutan mengindikasikan bahwa tubuh Anda menolak senyawa yang ada dalam obat. Segera periksakan ke dokter atau tenaga medis lain agar tidak timbuk gangguan yang menyebabkan penyakit lain.

8. Pusing


Gejala ini terjadi akibat acetaminophen yang Anda konsumsi tidak memberikan efek penurunan panas dan Anda gunakan secara berkelanjutan. Obat ini dapat Anda konsumsi dengan jeda waktu 4-6 jam. Apabila penyakit demam Anda tidak kunjung turun, maka Anda akan merasa pusing yang tak tertahankan.

9. Demam


Pada kasus ini, demam yang Anda alami jika tidak dapat dikurangi selama mengkonsumsi acetaminophen perlu Anda waspadai. Bisa saja Anda mengalami gejala demam yang berujung pada penyakit demam berdarah. Hentikan penggunaan acetaminophen Anda jika selama 3 hari demam Anda tidak kunjung turun.

10. Penyakit Kulit


Gejala penyakit kulit pada pengguna obat acetaminophen bukan secara ekstrim kulit Anda mengelupas dan mengeluarkan nanah. Tetapi, efek dari obat ini yang berkepanjangan dapat menyababkan ruam pada seluruh kulit Anda.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Pencegah Flu dan Pilek untuk Kesehatan

Selain beberapa masalah diatas akibat penggunaan acetaminophen yang tidak tepat guna, beberapa masalah lain bisa Anda rasakan. Gejala ini bisa saja ditandai dengan:

Efek Buruk Acetaminophen Lainnya


11. Pembengkakan pada area bibir
12. Lidah Anda terasa kaku dan merasakan pahit
13. Lebam pada area wajah Anda
14. Gangguan Pencernaan

Permasalahan diatas memberikan pelajaran pada kita bahwa segala sesuatu harus diketahui dan di manfaatkan sesuai porsinya, terutama tentang obat. Apalagi penggunaan obat sebagai saran Anda untuk penyembuhan.