Langsung ke konten utama

27 Ciri Khas Rumah Tidak Sehat yang Dilarang Dijadikan Hunian

Rencana memiliki rumah bagi seseorang adalah impian. Membangun impian tersebut untuk mengarungi kehidupan selanjutnya agar menuju pada kesejahteraan. Rumah yang baik adalah rumah yang sehat. Sehingga ada jaminan seseorang untuk tinggal dirumah lebih indah dibandingkan dengan keluar rumah tanpa sebuah alasan tertentu.

Membangun rumah ini juga harus diperhatikan mengenai kesehatan dan lingkungan. berikut ini, beberapa ciri ciri yang bisa Anda jadikan patokan untuk menghindari rumah tidak sehat agar Anda tidak rugi dan keluarga Anda nantinya dapat tinggal bersama keluarga tercinta.

27 Ciri Khas Rumah Tidak Sehat yang Dilarang Dijadikan Hunian

Rumah tidak sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Kotor


Ciri rumah kotor jelas mengakibatkan persepsi Anda untuk tidak tinggal dirumah Anda. rumah yang kotor akan membawa dampak tidak baik pula bagi penghuninya. cirinya jelas adanya sampah berserakan. Sampah akan mebawa penyakit bagi Anda. Jauhkan ciri ciri inin dari rumah impian Anda

2. Lokasi dekat pembuangan sampah


Penentuan lokasi rumah yang sehat adalah jauh dari tempat pembuangan sampah. Rumah tidak sehat dihuni terletak pada kondisi ini. Lingkungan disekitar yang tidak mendukung apalagi keberadaan tempat pembuangan sampaha ada disekitar rumah Anda menyebabkan rumah Anda tidak sehat untuk dihuni.

Banyaknya hewan melata seperti tikus, kecoa kadal dan sejenisnya menyebabkan penyakit secara berkelanjutan masuk ke rumah Anda. Apalagi bau yang tidak sedap menggangu rutinias Anda didalam rumah sehingga Anda tidak betah untuk berlama lama dirumah Anda.

3. Lokasi dekat pabrik


Alasan lain rumah dikatakan tidak sehat adalah lokasi ini. Rumah yang berdekatan dekat pabrik khususnya pabrik pengolahan yang memiliki cerobong asap akan beresiko pada kesejahteraan dan kesehatan penghuninya. Asap pabrik dan limbah bisa saja mencemari kualitas udara dan air dalam rumah Anda.

4. Kualitas udara lembab


Kualitas udara yang lembab dalam rumah Anda mengindikasikan kekurangan sirkulasi udara. Didalam rumah Anda terasa dingin tetapi tidak menyegarkan. Hal ini juga berkaitan dengan sirkulasi cahaya yang masuk kedalam rumah Anda. Dinding akan mulai berjamur dan resiko pengeroposan dinding bisa mengakibatkan bahaya serius bagi orang didalamnya.

5. Adanya indikasi Kerusakan rumah


Rumah yang sehat adalah rumah yang kokoh baik konstruksinya atau perawatan penghuninya. Jika rumah Anda sudah terindikasi dengan keadaan genteng yang melorot, maka rumah Anda akan beresiko menjadi rumah tidak sehat. Apalagi musim hujan yang melAnda akan menyababkan kebocoran dimana mana. sehingga rumah akan lembab dan menjadi sarang penyakit bagi penghuninya.

6. Lokas dekat Gardu listrik


Bahaya dari rumah yang dekat gardu listrik adalah radiasi elektromagnetik akibat percikan aliran listrik yang memiliki tegangan tinggi. beberapa rumah yang dekat dengan listrik juga beresiko kebakaran akibat konsleting listrik. Sehingga akan tidak sehat bagi Anda terkait perkembangan akibat radiasi atau bahaya konsleting tersebut.

7. Bangunan berbahan rendah


Kekuatan bangunan yang harus dipahami bagi penghuni rumah adalah kekuatan dari bahan bangunan yang dipakai. Kualitas rumah yang sehat adalah rumah yang berpondasi kokoh dengan campuran bahan kualitas baik. sehingga resiko roboh dan design yang bagus akan membawa Anda pada rumah idaman yang bermanfaat dan sehat.

8. Tidak adanya Pepohonan


Sirkulasi dan kualitas oksigend alam udara diperlukan untuk menuju rumah sehat. Jika rumah Anda terlihat gersang dan tidak adanya pepohonan mengindikasikan bahwa rumah Anda tidak sehat. Suasana akan menjadi pengap dan dapat merusak pernafasan.

9. Saluran air buruk


Jika Anda memiliki rumah yang tidak memiliki saluran air yang bagus maka rumah Anda tergolong rumah tidak sehat. Pembiaran saluran air yang tidak sempurna apalagi pembuangan akan mengakibatkan tumbuh kembangnya serangga seperti nyamuk yang bisa mendatangkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah atau malaria.

10. Kumuh


Kebersihan rumah perlu dijaga. Jangan sampai terlhat kumuh dan tidak terawat. Jika keberadaan lingkungan rumah Anda kumuh, maka orang akan enggan mendekati rumah Anda. Apalagi adanya selokan yang tidak lancar akan menngenangi rumah Anda berikut penyakit yang masuk kedalam rumah Anda melalui air selokan.

Baca Juga: 24 Tips Mengatasi Efek Minum Kopi agar Dapat Tidur Nyenyak

Beberapa ciri rumah tidak sehat yang tidak boleh Anda jadikan hunian tetap juga terlihat dari hal berikut ini, diantaranya:


Ciri Khas Rumah Tidak Sehat Lainnya


11. Sanitasi buruk
12. Lingkungan tercemar terutama kualitas air
13. MCK minim
14. Banyak hewan pengerat
15. Banyak genangan air
16. Banyak serangga kecoa
17. Udara pengap
18. Ventilasi minim
19. Banyak semut
20. Minimnya tempat sampah
21. Banyak Nyamuk
22. Berbau busuk
23. Lantai kotor
24. Lingkungan tidak aman
25. Rumah berdebu
26. Tidak adanya lampu
27. Banyak ruang kosong dan pilar

Semoga rumah Anda tidak termasuk dalam ciri ciri tersebu di atas. Segera rubah dan design rumah Anda agar penghuni aman dan menyehatkan sehingga betah untuk tinggal dirumah Anda. Pastikan juga Anda mempunyai gaya hidup yang bersih dan juga sehat.