Langsung ke konten utama

11 Ciri Khas Lingkungan Tidak Sehat yang Perlu Diperhatikan

Faktor lingkungan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup. Seseoarang akan merasa nyaman dan betah dalam keadaan lingkungan disekitar bersih dan sehat. Lingkungan sehat juga mempengaruhi tumbuh kembang dan secara psikologis membantu tingkat kedewasaan dan kemantapan jiwa.

Selain itu, lingkungan sehat dapat dijadikan alternatif penghilang stres setelah kesibukan dan aktivitas keseharian. Tetapi, bagaimana jika lingkungan disekitar Anda tidak sehat? Bagsimana ciri-cirinya? Apakah sudah termasuk ke dalam lingkungan yang layak untuk dijadikam hunian?

11 Ciri Khas Lingkungan Tidak Sehat yang Perlu Diperhatikan

Coba lihat disekitar Anda dan bandingankan dengan penjabaran dibawah ini mengenai lingkungan yang tidak sehat. Apakah lingkungan Anda masuk didalamnya?

Ciri Khas Lingkungan Tidak Sehat


1. Polusi Udara


Hal utama dan pertama adalah ketersediaan udara yang bersih. Terhindarnya dari berbagai polutan merupakan ciri dari lingkungan yang sehat. Jika keberadaan Anda berada dilingkungan perkotaan yang terdapat hiruk pikuk kendaraan dengan volume yang besar maka kemungkinan besar lingkungan Anda bisa dikatakan sebagai lingkungan tidak sehat.

Ada lagi yang memprngaruhi kualitas udara yang dapat menjadi alasan bahwa keberadaan disekitar Anda dapat mengakibatkan lingkungan tidak segat. Diantaranya lokasi Anda yang berdekatan dengan pabrik, tempat pengolahan batu bata dan ketidak tersedianya pepohonan sebagai ruang terbuka hijau.

2. Gersang


Tersedianya ruang terbuka hijau juga menjadi faktor utama tersedianya kualitas lingkungan yang sehat. Jika keberadaan lingkungan disekitar Anda tidak memiliki ruang terbuka ini maka Anda terjebak dalam lingkungan yang tidak sehat.

Pepophinan yang rindang akan membawa kesejukan dan kualitas udara yang baik. Berbeda dengan keberadaan lingkungan Anda yang gersang dan tandus. Suhu udara disekitar akan terasa panas dan menyebabkan Anda merasa cepat lelah dan gerah. Anda juga tidak betah dengan ini akibat suhu tersebut mampu mempengaruhi metabolisme tubuh Anda.

3. Terlihat kumuh


Ciri lingkungan tidak sehat ini bisa Anda saksikan dengan kedua mata Anda. Kumuh dan berserakan ada;ah hal yang harus dihindari dari lingkungan Anda. Seperti terdapatnya sampah yang berserakan, berbau tidak sedap bahkan banyaknya hewan pengerat seperti tikus, kecoa dan sebagainya mengindikasikan lingkungan Anda tidak sehat.

4. Banyaknya hewan melata dan pembawa penyakit.


Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa lingkungan tidak sehat itu terdapat banyak hewan melata dan membawa penyakit. Contohnya saja tikus ataupun kecoa. Kedua hewan ini sejatinya membawa momok pada kesehatan secara langsung. Terdapatnya hewan ini disekitar lingkungan Anda harus segera disingkirkan terumata dengan membenahai pola dan gaya hidup untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

5. Kurangnya ketersediaan air bersih


Air sebagai sumber kehidupan untuk minum dan melakukan kegiatan keseharian harus tersedia dengan baik dan bersih. Jika lingkungan Anda tidak menyediakan air ini, segara lakukan inovasi dan pengembangan agar Anda mendapat kualitas air yang bersih. Hal iini berkaitan bahwa intensitas manusia terhadap air sangatlah besar. jadi, kebersihan air adalah keutamaan dari ciri lingkungan yang sehat. Semakin kotor kualitas air, maka kualitas lingkungan disekitar Anda juga sangat kotor.

6. Tersedianya pengolahan sampah yang baik


Sampah sebagai sarang berbagai masalah lingkungan dan dijadikan sebagai sumber penyakit harus dikelola dengan baik. Jika lingkungan Anda tidak terdapat pengolahan samapah yang baik, maka segera lakukan perbaikan agar Anda tidak terjerumus pada permasalhan lingkungan.

7. Adanya saluran limbah rumah tangga yang kurang dikelola


Saluran pembuangan baik limbah rumah tangga atau industri merupakan kegiatan pengolahan yang sering terbengkalai. Lingkungan yang tidak sehat dapat diindikasikan dengan ketidak teraturnya pengolahan limbah yang dibuangs embarangan. Limbah ini akan membuat lingkungan Anda tercemar dan mengganggu kualitas air.

8. Kurangnya  sarana MCK


Siapa tidak setuju akan hal ini, bahwa lingkungan yang sehat terdapat kualitas MCK yang baik. tempat pembuangan bagi manusia ini harus dikelola dengan baik agar tidak memberikan dampak kebersihan lingkungan. jadi ketika kurangnya sarana MCK maka lingkungan Anda terbilang tidak sehat

9. Tidak tersedianya tempat sampah


Ketidak tersedianya tempat sampah ini akan membuat sampah berserakan. Semakin banyak sampah berserakan maka lingkungan Anda termasuk lingkungan tidak sehat. Selain itu, sampah juga bisa menyebabkan lingkungan Anda terserang banjir.

10. Tidak adanya tempat pembuangan akhir


Setelah itu, kurangnya tempat pembuangan akhir akan mengakibatkan pennumpukan sampah disekitar lingkungan Anda. Sehingga akan terlihat kumuh dan jelas sebagai indikasi lingkungan tidak sehat. Pembuangan akhir merupakan tempat terbaik untuk mengolah sampah sehingga tidak menumpuk di lingkungan Anda,

11. Kurangnya Teknik Pengolahan sampah


Pengolahan sampah yang tidak dilakukan makan sampah akan terus menumpuk dan tidak bisa di buat apa- apa. Jadi, sampah ini berkontribusi merusak lingkungan. Anda dan semua orang di lingkungan rumah bisa mempelajari teknik pengolahan sampah agar prosesnya tepat guna.

Baca Juga: 21 Gaya Hidup Baik Orang Korea yang Unik dan Menggemaskan

Ciri ciri ini akan erus bertambah jika Anda tidak segera memperhatikan lingkungan disekitar Anda dengan rasa peduli dan penuh kesadaran. Jauhkan Anda dari ciri ciri diatas agar Anda tetap mampu berkarya dan hidup tanpa banyak gangguan kesehatan.