Langsung ke konten utama

10 Ciri Khas Lingkungan Sehat yang Baik untuk Hidup

Memilki lingkungan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Apalagi diarea sekitar rumah yang membuat Anda nyaman untuk berkumpul dengan keluarga. Lingkungan sehat juga mendukung keberlangsungan hidup karena mampu memberikan kenyamanan dan perlindungan.

Beberapa masalah yang timbul dari lingkungan yang tidak sehat berdampak pada penyakit. Lingkungan tersebut menjadi sarang penyakit dan berbahaya. Berikut ini beberapa ciri ciri yang termasuk dalam lingkungan sehat bagi manusia. Semoga dari berbagai ciri ini lingkungan disekitar Anda termasuk didalamnya dan apabila belum, maka upayakan cara untuk membuat nya menjadi sehat.


10 Ciri Khas Lingkungan Sehat yang Baik untuk Hidup

1. Udara


Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang memiliki udara bersih. Kualitas udara bersih mampu memberikan kesegarand alam tubuh dan kenyamanan dalam beraktivitas ataupun beristirahat. ciri udara yang sehat adalah sejuk dan segar saat dihirup. Kualitas ini bisa Anda rasakan diarea pegunungan yang sejuk dan rindang.

2. Tersedianya pengolahan sampah


Permasalahan sampah yang tak kunjung usai akibat dari penggunaan berbagai bahan rumah tangga atau sejenisnya perlu diperhatikan. Karena, sampah ini akan membawa berbagai penyakit yang sewaktu waktu dapat menyerang Anda. sebagai ciri dari lingkungan yang sehat tentu adanya pengolahan sampah yang baik. seperti adanya pemilahan antara sampah organik dan an organik.

Bisa juga lingkungan yang sehat memiliki tempat pengolahan sampah. kaitannya adalah ketersediaan sampah dengan volume besar tidak dapat di tampung oleh ketersediaan lahan. Sehingga perlu pengolahan sampah agar dapat di daur ulang atau dijadikan produk kreatif lainya untuk mengurangi permasalahan sampah.

3. Cukupnya tempat pembuangan sampah


Seperti yang sudah dipaparkan tadi, ketersediaan lahan untuk menimbun atau mengumpulkan sampah menjadi faktir utama sebagai syarat terwujudnya lingkungan sehat. Beberapa kendala dan permasalhan sampah akan teratasi jika hal ini terpenuhi. sehingga, bagi sebagian besar orang memilih tempat atau lingkungan yang keberadaan tempat pembuangan sampahnya mencukupi untuk menjadikan lungkungan sehat

4. Tersedianya saluran air


Air sebagai sumber kehidupan merupakan pokok utama yang menyebabkan lingkungan dapat dijadikan sehat. Tanah gersang dan tidak adanya sumber air akan membawa permasalahan baru. sehingga air ini sangat penting untuk hidup. Jika ketersediaan air tidak mencukupi maka seseorang akan madni, BAB atau MCK bisa terganggu. Padahal, dengan air badan kita akan menjadi bersih.

5. Adanya Kaskus yang memadahi


Biasanya hal ini menjadi momok dikota kota besar. Ketersediaan lahan yang tidak cukup sehingga seseorang membuat kaskus yang tidak sesuai stAndar. Adalagi kasku langsung yang berada dipinggir kali. Sehingga air akan tercemar. Usahakan pembuatan kaskus ini sedikit lebih jauh dari sumber air agar terciptanya lingkungan yang sehat sebagai pendukukung ketersediaan air bersih.

6. Banyaknya Pepohonan


Syarat menjadi lingkungan yang sehat tentu adanya pohon pohon yang rindang. Pohon ini berfungsi untuk mnciptakan suasana yang sejuk dan nyaman. Apalagi sumber udara bersih berasal dari pohon yang berfotosintesis secara alami.

7. Pengolahan Limbah


Seperti yang dikatakan tadi, keberadaan limbah rumah tangga atau sejenisnya perlu diolah dan diperhatikan secara seksama. Limbah ini pasti ada daladm setiap lingkungan manusia. Lingkungan yang baik dihasilkan oleh pengolahan limbah yang baik pula.

8. Adanya pengelompokan sampah


Sampah yang sedemikan rupa dan bervarian harus dikelompokkan agar lingkungan tidak tercemar. Misalnya saja sampah dedauan tidak bisa di campurkan dengan sampah plastik. Karena manfaat sampah dedaunan dapat diambil dengan pengolahan untuk dijadikan kompos yang tepat guna dan memiliki nilai ekonomis.

9. Terbebas dari debu dan polusi


Seperti diawal tadi bahwa lingkungan yang sehat itu memiliki ciri udara yang segar. Sehingga ciri udara yang segar adalah terbebas dari debu dan polusi udara. Indikasi awalnya adalah jauh dari kendaraan bermotor dan asap pabrik.

10. Jauh dari hewan peliharaan terutama babi


Babi memiliki karakter yang tidak bersih. Kandang yang berbau dan kotoran babi sangat berbahaya dan mengganggu bagi kesehatan. Bakteri penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

Baca Juga: 7 Efek Buruk Tidur dengan Lampu Mati untuk Tubuh

Lingkungan yang sehat ini selalu menjadi dambaan bagi setiap orang. Selain sebagai pendukung kesehatan Anda, ternyata lingkungan yang sehat membantu terapi dari stres yang mungkin Anda alami. Hidup sehat Anda akan lengkap dengan gaya hidup baik, fisik yang baik dan psikis yang juga baik.