Langsung ke konten utama

16 Cara Mengobati Batuk Berdarah Alami Paling Mujarab

Mengobati Batuk Berdarah - Batuk darah merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh anda sepelekan, sebab batuk yang disertai darah bisa juga sebagai pemicu gejala dari beberapa situasi yang mengganggu kesehatan tubuh. Jika batuk berdarah terjadi pada seorang perokok, hal ini dapat memperburuk kesehatannya. Sebenarnya sejenis batuk ini dapat menjadi penyakit yang berbahaya. Batuk berdarah bisa menyerang siapapun baik itu mudah atau tua, meskipun dia memiliki kesehatan baik.

Batuk Berdarah


Berbicara tentang batuk darah memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda seperti darah berwarna merah muda dan merah cerah dan ada yang mempunyai tekstur berbusa dan bisa juga bercampur dengan lendir. Biasanya darah ini berasal dari paru-paru yang di sebabkan oleh infeksi atau batuk yang tidak sembuh-sembuh. Selain itu, darah yang mempunyai warna gelap disertai noda hitam sepertihalnya bubuk kopi bisa jadi berasdal dari saluran pencernaan. Berikut inilah cara untuk mengobati batuk berdarah.

1. Menggunakan madu


Cara pertama mengobati batuk berdarah anda dapat menggunakan madu untuk mengatasi gejala tersebut. Madu yang asli atau murni tanpa ada fermentasi dari bahan-bahan lain dapat membantu  di dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, madu juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan batuk berdarah dan beberapa-macam batuk yang lain.

2. Memakai daun pegagan


Selain madu yang dapat anda gunakan untuk mengobati batuk disertai darah, daun pegagan juga bisa anda gunakan untuk mengobati batuk darah. Cara penggunaanay anda siapkan daun pegagan sebanyak  65- 85 yang belum layu, lalu rebuslah dengan ukuran 3 gelas air sehingga menjadi satu gelas saja, kemudian dapat anda minum secara teratur agar batuk darah anda cepata sembuh.

3. Minum air putih


Minum air putih sangatlah baik sekali bagi kesehehatan semua orang. Namun, jika orang tersebut kurang mengkonsumsi air putih dalam sehari-hari, dia dapat terincar oleh bahaya dehidrasi. Batuk darah yang diakibatkan karena paru-paru bisa jadi ada cairan lendir kental di dalam paru-paru anda. untuk mengencerkan cairan tersebut perbanyaklah minum air.

4. Tidak merokok


Seluruh penduduk di dunia untuk kaum pria sebagian besar merokok, bahkan bukan laki-laki saja  yang menggunakanya wanita juga sudah mempunyai kebiyasaan merokok. Padahal, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak kesehatan paru-paru, sebenarnya batuk di sertai dengan darah juga bisa menjadi tanda bahwa kesehatan paru-paru anda sedang terganggu.

5. Tidak berolahraga


Bagi anda yang mengalami batuk berdarah, kemudian diketahui jelas penyebab dari  batuk darah ada permasalahan pada paru-paru, sebaiknya paru-paru  jangan di ajak kerja keras. Bisa dicontohkan dengan melakukan aktifitas fisik secara berlebihan, yang paling utama adalah berolahraga.

6. Istirahat


Istirahatlah dengan cukup sesuai dengan waktunya karena hal ini sangat berpengaruh sekali pada kesehatan. selain itu, istirahat yang cukup merupakan solusi yang terbaik bagai seseorang yang mempunyai penyakit, hal ini di sebabkan karena dapat memulihkan secara cepat bagi penderita penyakit apapun.

7. Menggunakan anggur


Berbagai macam nutrisi yang terdapat pada anggur dan mengandung air yang sangat banyak. Sehingga dapat membantu anda agar terhindar dari dehidrasi bila mengkonsumsinya, untuk cara menggunakan anggur sebagai obat batuk darah silakan membuat jus anggur. Lalu ambil 2 sendok jus anggur kemudian campurlah dengan 2 sendok madu murni. Konsumsilah obat tradisional ini sehari 3 kali untuk menyembuhkan lebih cepat.

8. Menghangatkan badan


Batuk disertai keluarnya darah bisa juga di sebabkan karena adanya infeksi pada paru-paru di dalam tubuh. seperti halnya penyakit pneumonia. Maka dari itu, lebih baik anda bisa menjaga kehangatan tubuh dan menghindar dari suhu yang sangat dingin. Jadi anda bisa menyiapkan pakaian atau barang-barang lain yang dapat menghangatkan tubuh agar tidak mudah batuk.

9. Minum susu hangat


Semua orang sudah mengetahui manfaat susu yang mengandung kalsium di dalamnya, merupakan salah satu yang dapat memperkuat tulang serta mencegah osteoporosis. Selain itu, ternyata susu memiliki kemampauan untuk menjadi obat batuk berdarah yang manjur.

10. Memakai jahe


Jahe sudah umum kemampuanya bahwa dapat menyembuhkan batuk. Mungkin yang jadi pertanyak’an di pikiran anda. apakah rempah tersebut dapat menyembuhkan batuk darah? Anda bisa mencobanya sendiri. Siapkan sari jahe setengah sendok tambahakan satu sendok madu murni. Kemudian campurlah bahan-bahan tersebut lalu minum secara teratur agar batuk darah anda meredah.

Baca Juga:  7 Obat Batuk Alami untuk Mengatasi Gejala Batuk


6 Cara Mengobati Batuk Berdarah Lainnya :


11. Memakai daun kemangi
12. Menggunakan daun parthenium krisan
13. Daun sirih
14. Menggunakan kencur
15. Memakai serai
16. Menggunakan kunyit

Berbagai macam obat untuk mengobatai batuk berdarah secara alami diatas dapat anda coba. Obat alami batuk berdahar tersebut memang sangat manjur. Yang terpenting yaitu kita harus memperbanyak air minum agar terhindar dari bebagai macam penyakit, salah satunya yaitu batuk.