Langsung ke konten utama

7 Cara Menetralisir Overdosis Obat yang Harus di Ketahui

Ada beberapa cara menetralisir overdosis obat jika Anda termasuk ke dalam satu orang yang mengalami hal ini. Obat merupakan konsumsi tubuh yang tidak bisa dikonsumsi dengan sembarangan. Ada aturan tertentu yang digunakan sebelum mengonsumsi obat, contohnya dosis dan waktu konsumsi. Konsumsi obat dengan dosis yang benar tentunya akan berdampak baik untuk tubuh Anda.

Namun bagaimana jika Anda terlalu banyak mengonsumsi obat atau overdosis? Segala hal yang berlebihan tidaklah baik untuk tubu Anda, termasuk obat. Ada banyak akibat yang akan Anda rasakan jika mengonsumsi obat terlalu banyak. Mulai dari kerusakan organ tubuh sampai dengan ketergantungan obat. Efek yang paling parah yaitu muncul penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, dan bahkan kematian.

7 Cara Menetralisir Overdosis Obat yang Harus di Ketahui

Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk menetralisir overdosis obat yang Anda alami.

Cara Menetralisir Overdosis Obat pada Tubuh


1. Segera hentikan konsumsi obat


Langkah pertama yang paling mudah dalam mencegah dan mengatasi overdosis obat yaitu segera menghentikan konsumsi obat tersebut. Tubuh Anda sudah banak menerima kandungan senyawa kimia obat yang terlalu banyak, sehingga perlu untuk segera dihentikan.

Konsumsi obat yang sudah dihentikan sebaiknya tidak diulangi kembali atau bahkan langsung mengonsumsi obat lainnya. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek gejala penyakit yang mungkin akan muncul akibat overdosis obat.

2. Mengonsumsi makanan penangkal efek buruk overdosis obat


Ada banyak jenis makanan dan jenis obat yang bisa menjadi penangkal efek buruk dari overdosis obat yang Anda alami. Namun hal ini biasanya harus Anda rundingkan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak salah mengonsumsi makanan dan obat penangkal yang digunakan.

Beberapa efek dari overdosis obat memang tidak bisa disembuhkan dengan cepat, namun bertahap. Contohnya ketika Anda sudah ketagihan obat. Anda kemungkinan besar akan mengalami demam dan panas tinggi setelah berhenti mengonsumsi obat tersebut. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan sehat organik.

3. Muntahkan segera obat yang dikonsumsi


Jika Anda mengonsumsi suatu obat namun belum sampai tertelan, Anda bisa segera memuntahkan obat tersebut. Hal ini untuk mencegah efek bahaya kelebihan obat yang Anda konsumsi sehingga tubuh Anda tidak akan terkena dampak yang terlalu membahayakan.

4. Gunakan arang aktif


Arang aktif mempunyai sifat seperti penawar racun. Maka tak heran jika arang aktif juga bisa digunakan untuk menetralisir overdosis obat di dalam tubuh Anda. Arang ini bekerja dengan mengikat racun yang ada di dalam tubuh Anda, termasuk racun yang berasal dari kelebihan konsumsi obat, kemudian membuangnya dari dalam tubuh.

5. Konsumsi susu untuk menetralisir efek obat


Selain arang aktif, susu juga dikenal sebagai salah satu minuman sehat yang dapat menetralisir efek dari overdosis obat. Anda pasti sering mendengar jika ada larangan untuk tidak mengonsumsi susu terlebih dahulu sebelum meminum obat karena efek obat tersebut akan hilang oleh kandungan yang ada pada susu.

Pastikan jenis susu yang Anda konsumsi untuk menetralisir overdosis obat merupakan susu murni tanpa campuran apapun. Lebih baik konsumsi susu putih daripada susu yang mempunyai rasa karena efek dari susu putih akan lebih manjur.

6. Biasakan tepat waktu dalam mengonsumsi obat


Hal mendasar yang juga tidak boleh Anda lupakan yaitu mengonsumsi obat tepat waktu. Apalagi jika Anda mendapatkan obat dari resep dokter, baik dosis dan waktu meminumnya pun tertera dengan jelas. Ketepatan waktu mengonsumsi obat akan mencegah Anda dari overdosis obat.

7. Gunakan resep dokter


Jangan konsumsi obat sembarangan jika Anda tidak tahu kandungan apa yang ada di dalamnya. Di sinilah letak penting dari resep dokter yang harus Anda miliki. Resep dokter akan membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit tanpa perlu mengalami efek samping dari obat yang diberikan.

Baca Juga: 8 Cara Alami Menurunkan pH Air Minum yang Tepat

Pentingnya mengonsumsi obat dengan resep dan mengetahui isi kandungan obat akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan penyakit Anda tentu saja akan sembuh dengan baik. Obat memang bermanfaat untuk tubuh namun juga bisa berbalik menjadi konsumsi yang berbahaya jika Anda tidak memperhatikan cara dan dosis konsumsinya.