Langsung ke konten utama

12 Bahaya Tidur dengan Anjing yang Perlu Diperhatikan

Memiliki hewan peliharaan pasti sangat senang sekali. Bisa membuat Anda menghilangkan stres Anda atau menjadi teman hidup Anda dalam keseharian. Salah satu hewan favorit adalah anjing. Berbagai jenis anjing dan tipe anjing dapat Anda jadikan pilihan untuk menjadi hewan peliharaan Anda.

Kelincahan dan polah lucunya sering menjadi kan Anda tertawa dan mengubah hidup Anda lebih berwarna. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa mengajak anjing tidur sekamar dengan Anda menyebabkan berbagai masalah. Terutama masalah kesehatan akan mengantui Anda.

12 Bahaya Tidur dengan Anjing yang Perlu Diperhatikan

Berikut dapat dijadikan alasan Anda untuk menjauhkan hewan peliharaan untuk dekat dan tidur dengan Anda :

1. Meningkatkan resiko kanker payudara


Berinteraksi dengan anjing merupakan salah satu penyebab resiko terkena kanker payudara bagi perempuan. Penyebabnya dimulai dari sering menggendong, memandikan, bercengkrama sampai mengajak tidur hewan peliharaan tersebut.

Kanker ini disebabkan oleh mammary tumor virus yang terdapat pada anjing. Sehingga memicu munculnya tumor pada payudara. Mamary virus ini akan sangat berbahaya jika sudah tertular dengan penularan intensitasnya mengajak anjing Anda tidur.

2. Terserang diare


Pada dasarnya adalah bakteri pada anjing yang mengakibatkan Anda terjangkit diare ini. bakteri jahat yang paling banyak pada air liur anjing apabila tersentuh pada manusia akan berakibat pada sistem pencernaan Anda. Selain itu, parasit yang terdapat pada air liur anjing berdampak pada menularnya ke manusia apabila tersentuh oleh manusia.

Keberlangsungan kontak dengan anjing akan berdampak langsung akibat menularnya bakteri dan parasit tersebut yang ditAndai sakit pada area perut Anda. Akhirnya Anda akan mengalami diare karena organ usus Anda terganggu

3. Terganggunya Kesehatan Janin


Toxoplasma pada anjing sangat berbahaya bagi ibu hamil. Kesehatan janin dapat terganggu dari kebiasaan Anda tidur dengan anjing. Virus ini bisa masuk melalui mulut atau dan masuk pada plasenta. Sehingga kesehatan janin dan anak Anda dapat terganggu.

4. Menyebabkan radang selaput otak


Masalah ini cukup serius bagi Anda yang terbiasa tidur dengan anjing. Bakteri meningococus merupakan penyebab utama radang selaput otak. Air liur yang masuk kedalam mulut Anda dengan intensitas sedikit saja mampu menyebabkan resiko radang selaput otak. Jangan biasakan anjing Anda tidur bersama Anda agar penyakit ini tidak menjangkiti Anda. Karena meningitis merupakan penyakit serius yang menyebabkan kelumpuhan untuk Anda.

5. Asma


Asma ini merupakan akibat dari bulu anjing yang menempel pada kasur. Khusus untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit ini harus menghindarkan anjing disekitar Anda. Apalagi debu yang menempel pada bulu anjing terhirup masuk paru paru Anda akan memperparah keadaan dan kesehatan Anda.

6. Gangguan tidur


Habitat anjing dan kebiasaan yang liar sudah sewajrnya dimiliki oleh anjing. Beberapa anjing yang terlatihpun pasti memilki keaktifan dan sering mengajak majikannya bermain. Jika anjing Anda sering Anda ajak tidur bersama, pasti Anda akan diajak bermain dan Anda akan mengalami gangguan tidur ( insomnia)

7. Pembengkakan Limpa


Cacing toxocara canis adalah penyebab permasalahan ini.  cacing ini hinggap disela sela kuku dan kaki anjing. cacing ini akan berbahaya jika Anda sering mengajak anjing Anda tidur bersama.  Sehingga cacing tersebut akan masuk dan merusak kelenjar limpa Anda. Anda akan mengalami hilang kesadaran jika kondisinya sudah parah.

8. Memicu penyakit kulit


Beberapa masalah kulit bisa saja terjadi akibat kebiasaan mengajak anjing Anda tidur bersama. Kebersihan anjing yang setiap hari tidak terkontrol membawa berbagai masalah kesehatan. terutama penyakit kulit seperti kudis dan lainya.

9. Resiko Penyakit rabies


Hal ini akan lebih berbahaya lagi bagi Anda yang sering mengajak anjing Anda tidur bersama. Virus rabies pada anjing tidak serta merta tampak secara jelas. Karena rabies paling sering dibawa oleh anjing, maka Anda harus berhati hati dalam mengajak tidur atau memillih hewan peliharaan.

10. Alergi.


Ada juga seseorang mengalami alergi akibat mengajak tidur anjing peliharaannya. Anjing dengan segala bakteri didalam tubuhnya memicu gatal dan rasa perih pada tubuh Anda.  Lebih baik hindarkan dan jauhkan hewan peliharaan Anda dari tempat tidur Anda.


Baca Juga: 7 Akibat Tidak Rutin Konsumsi Sayur untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa penyakit serius juga dapat menghampiri Anda ketika sering mengajak anjing Anda tidur, diantaranya :

Bahaya Tidur dengan Anjing Lainnya


11. Infeksi kulit serius
12. Gangguan Pencernaan

Lebih baik menjauhkan anjing peliharaan Anda dari ranjang Anda, agar Anda terhindar dari berbagai penyakit diatas, karena kesehatan itu penting. Jika Anda memang seorang penyayang anjing, hendaknya rawatlah anjing Anda dengan baik dan mulailah gaya hidup yang lebih sehat, sehingga Anda juga tidak akan terkena dampaknya.