Langsung ke konten utama

24 Bahaya Pemakaian Zat Psikotropika untuk Tubuh, Psikis, dan Sosial

Banyaknya Undang-Undang yang diterapkan terkait narkoba karena memang banyaknya bahaya pemakaian zat psikotropika ini untuk kehidupan. Tidak hanya membahayakan kesehatan tubuh, namun juga merusak psikis, dan kehidupan sosial seseorang. Zat psikotropika terbagi menjadi 4 golongan berbeda berdasarkan Undang-Undang no 5 tahun 1997.

Pembagian golongan zat psikotropika didasarkan pada tingkat bahayanya. Golongan I merupakan golongan dengan efek yang paling tinggi, dan yang paling rendah ada di golongan IV. Seperti apapun tingkat efek yang ditimbulkan oleh zat ini, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya atau mencobanya. Berikut ini beberapa
bahaya dari zat psikotropika untuk kehidupan manusia.

21 21 Bahaya Pemakaian Zat Psikotropika untuk Tubuh, Psikis, dan Sosial

 

Bahaya Pemakaian Zat Psikotropika untuk Tubuh


1. Stimulan


Banyak orang yang mengonsumsi zat psikotropika karena alasan ingin membuat tubuhnya lebih segar. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, tubuh Anda justru akan mengalami efek samping yang lebih parah, bukan lagi bersemangat namun terlalu agresif.

2. Depresan


Selain untuk memberikan kesegaran di tubuh, zat psikotropika juga digunakan dalam rangka memberikan ketenangan bagi pemakainya. Hal ini pun tidak akan berlangsung lama karena Anda bisa merasakan efek samping mulai dari pingsan sampai dengan kematian.

3. Halusinasi


Konsumsi zat psikotropika juga akan membuat Anda banyak berkhayal dan berhalusinasi. Efek ini akan membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik atau bahkan cenderung dilanda kecemasan apabila halusinasi yang Anda dapatkan adalah halusinasi yang tidak mengenakan.

4. Gangguan kesehatan jantung


Jantung Anda bisa terserang penyakit dengan mudah jika Anda menggunakan zat psikotropika. Selain gagal jantung, Anda juga kemungkinan besar akan terserang penyakit jantung bocor atau serangan jantung.

5. Kerusakan syaraf


Zat psikotropika dapat menyerang syaraf di tubuh Anda. Syaraf Anda akan menjadi tegang atau bahkan tidak bisa berfungsi dengan baik. Beberapa bagian tubuh pun tidak akan bisa melakukan fungsinya karena gangguan syaraf.

6. Merusak kulit


Orang yang mengonsumsi zat psikotropika akan merasakan dampak negative ke kulit mereka, mulai dari kulit yang tampak pucat sampai dengan kulit yang sensitive. Jaringan kulit di tubuh Anda pun akan rusak dengan cepat.

7. Mengganggu kesehatan paru-paru


Kesehatan paru-paru Anda akan terganggu jika Anda mencoba untuk mengonsumsi zat psikotropika. Anda akan merasakan sesak nafas karena sistem pernapasan yang terganggu dan rusaknya organ paru-paru di dalam tubuh.

8. Sakit kepala


Konsumsi zat psikotropika bisa membuat Anda tenang? Pikir kembali. Konsumsi zat ini terlalu banyak justru akan membuat Anda merasakan sakit kepala. Hal ini diakibatkan oleh syaraf di kepala yang rusak akibat senyawa dalam zat in.

9. Merusak sistem reproduksi


Kelangsungan kehidupan Anda bergantung juga terhadap kesehatan sistem reproduksi. Jika Anda tidak ingin terserang penyakit terutama pada reproduksi tubuh, maka jangan pernah mengonsumsi zat psikotropika. Anda bisa terkena kanker atau bahkan kemandulan.

10. Imun tubuh menurun


Pertahanan tubuh atau imun tubuh Anda juga akan menurun seiring dengan seringnya Anda mengonsumsi zat psikotropika. Zat ini mampu merusak daya tahan tubuh sehingga Anda bisa dengan mudah terserang penyakit.

Selain bahaya pemakaiaan di atas, ada beberapa bahaya lainnya yang dapat menyerang tubuh Anda jika mengonsumsi zat psikotropika, yaitu

Bahaya Pemakaian Zat Psikotropika Lainnya


11. Mual
12. Muntah
13. Suhu tubuh meningkat
14. Susah tidur
15. Kerusakan organ hati

Efek yang ditimbulkan oleh zat psikotropika juga akan menyerang psikis Anda. Dampak psikis ini bahkan terkadang lebih berbahaya dari dampak fisik yang akan Anda alami. Simak berikut ini:

Bahaya Zat Psikotropika untuk Psikis


1. Tidak bisa berkonsentrasi dalam kegiatan sehari-hari

2. Sering merasakan gelisah yang tidak jelas

3. Mudah marah dengan mood yang tidak stabil

4. Merasa tertekan

5. Menyakiti diri sendiri

Pengguna zat psikotropika tentunya akan dijauhi oleh lingkungan di sekitarnya. Hal ini dinamakan sebagai dampak sosial. Apa saja dampak sosialnya? Berikut penjelasannya.

Bahaya Zat Psikotropika untuk Kehidupan Sosial


1. Tidak ingin bergaul dengan orang lain, cenderung ingin menyendiri dan tidak bersosialisasi

2. Menjadi beban keluarga, tidak hanya karena beban uang, namun juga kehormatan dan nama baik keluarga

3. Kelangsungan pendidikan akan terganggu karena banyak lembaga pendidikan yang tidak akan mau menerima pemakai zat psikotropika.

4. Pekerjaan Anda pun juga akan terganggu dengan sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan akibat adanya riwayat penggunaan zat psikotropika.

Baca Juga: 8 Efek Samping Klorida Berlebih pada Tubuh

Berpikirlah dua kali sebelum Anda merasakan penasaran dan ingin mencoba zat psikotropika yang tergolong berbahaya ini. Tidak hanya kesehatan Anda yang terganggu, kehidupan Anda pun juga akan terganggu.