20 Bahaya Konsumsi Amoxicillin Berlebihan untuk Kesehatan

Berbicara mengengai obat kimia untuk dikonsumsi ke dalam tubuh pasti memiliki efek samping tersendiri. Efek samping yang berujung pada gangguan organ dalam tubuh manusia perlu diketahui lebih mendalam. Amoxicillin salah satu obat kimia yang sering kita jumpa dan di konsumsi untuk meredakan berbagai penyakit. Amoxicillin ini merupakan salah satu jenis obat kimia berjenis antibiotik.

Obat ini termasuk golongan antibiotik golongan penisilin. Pemanfaatan obat ini untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan, kemih dan telinga. Penggunaan amoxicillin perlu diperhatikan dan harus dengan resep dokter agar dosis yang diperlukn oleh tubuh demi manfaatnya tidak salah kaprah. Adanya kemungkinan terjadi gangguan bagi pasien apabila menggunakan jenis obat ini secara berlebih.

20 Bahaya Konsumsi Amoxicillin Berlebihan untuk Kesehatan

Ada beberapa permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh obat amoxicillin ini, yaitu :

1. Sariawan


Beberapa orang yang menggunakan jenis obat ini dapat mengalami sariawan. Sariawan ini dapat seketika dirasakan. Konsultasikan terlebih dahulu adakah riwayat penggunaan amoxicillin pada dokter atau tenaga medis sebelum Anda menerima resep obat.

2. Sakit kepala


Dosis yang ada didalam amoxicillin mampu memberikan reaksi terhadap penderita. Efek samping  ini juga termasuk dalam peringatan di kemasan obat. sehingga pengawasan dan aturan yang berlaku harus di taati demi keselamatan kesehatan Anda.

3. Overdosis


Penggunaan amoxicillin yang berkepanjangan tanpa adanya anjuran dan resep dokter dapat menyebabkan overdosis. Adapun kesesuaian dosis penggunaan amoxicillin bagi penderita dan umur dapat dibedakan. Sebagai contohnya seorang yang memiliki penyakit abses gigi bagi dewasa hanya diperbolehkan mengkonsumsi amoxicillin 3gr dan dapat diulang setelah 8 jam. berbeda pada penderita infesi saluran kemih, dimana bagi orang dewasa hanya diperbolehkan meminum obat ini 3 gr dengan jeda waktu 10-12 jam. Masih banyak lagi aturan yang lain sesuai karakteristik penyakit dan usia. Inilah yang menyebabkan penggunaan amoxicillin perlu pengawasan dan resep tenaga medis ahli (dokter).

4. Mual dan Muntah


Segala bahan kimia yang masuk kedalam tubuh selalu dicerna oleh sistem pencernaan. Amoxicillin termasuk zat kimia untuk membantu meningkatkan antibodi dapat menyebabkan mual dan muntah bila tidak digunakan dengan benar. Reaksi yang timbul dapat berbeda beda berdasarkan sistem kekebalan tubuh penderita.

5. Alergi


Karena termasuk obat antibiotik, ada sebagain orang memiliki riwayat alergi terhadap obat ini. berhati-hati jika Anda memiliki riwayat alergi tersebut. Amoxicillin termasuk dalam kategori obat antibiotik dengan jenis penisilin.

6. Resiko kebal penyakit


Penggunaan obat ini secara asal asalan tanpa adanya anjuran dan resep dapat memberikan efek kebal penyakit (resistan). Penggunaan amoxicillin ini sudah memiliki aturan dan kadar bagi jenjang usia dan penggunaanya untuk berbagai penyakit. Obat ini bersifat membunuh bakteri dengan cara menghambat pembentukan sel bakteri.

Jika mengkonsumsi secara asal asalan, tentu bakteri atau virus dalam tubuh akan belajar menolak zat amoxicillin. sehingga penderita akan mengalami resisten terhadap penyakit tersebut dan obat tidak lagi ada manfaatnya kecuali meningkatkan dosis. Kecerobahan lainya adalah ketika seseorang mendapat resep obat dengan amoxicillin, tidak menghabiskannya. Padahal ini juga mengakibatkan resisten terhadap bakteri tersebtu.

7. Diare


Penyakit ini juga dapat timbul akibar reaksi dalam tubuh yang tidak mampu diterima. Amoxicillin mampu menyebabkan diare apabila penderita mencampurkan dengan obat lain tanpa sepengetahuan ilmu yang mumpuni. berhati hatilah mencampurkan obat obatan yang Anda beli langsung di apotik.

8. Bahaya Liver


Hati sebagai organ dalam dan tempat mengalirnya segala aktivitas zat yang diserap oleh tubuh untuk di cerna. Hati bisa saja terkena liver dari dampak penggunaan amoxicillin yang berkepanjangan.

9. Masalah Pencernaan pada Bayi


Penggunaan amoxicillin memang bisa dipakai oleh segala umur, termasuk bayi. Berhati hati dalam memberikan obat ini kepada bayi karena saluran pencernaan bayi masih sangat muda. Sifat setiap penernaan adalah negatif terhadap amoxicillin yang mampu menciptakan rasa nyeri pada perut.

10. Tekanan pernafasan


Tekanan Pernafasan yang terjadi apabila kelebihan amoxicillin dapat dirasakan bila dada tersa sesak dan panas. Tambah lagi saat bernafas terasa berat dan dada kurang longgar.

Baca Juga: 8 Bahaya Konsumsi Antibiotik tanpa Resep Dokter untuk Tubuh

Beberapa permasalahan dari bahaya amoxicillin juga berakibat fatal. gangguan medis terhadap organ vital bis terjadi dan berakibat fatas. Bahaya amoxilin serius dianataranya :

11. Gangguan jantung
12. Gagal Ginjal
13. Infeksi Kandung Kemih
14. Prostat
15. Kejang arteri koroner
16. Hilang Kesadaran
17. Gangguan Saraf
18. Kanker
19. Pembengkakan bibir
20. Reaksi anafilaksis.

Berbagai gangguan kesehatan diatas akibat penggunaan obat amoxicillin yang berlebih dan berkepanjangan dapat dijadikan proteksi diri. Jagalah kesehatan Anda secara rutin berolah raga dan mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi

Loading...
Loading...

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon