Langsung ke konten utama

27 Bahaya Kokain Jangka Panjang dan Pendek untuk Tubuh

Narkoba adalah musuh bagi umat manusia. Terbukti dari hampir semua negara di dunia melarang peredaran narkoba ini, termasuk di Indonesia. Narkoba dikatakan sebagai musuh karena memiliki dampak kesehatan yang tidak bagus dan merusak sistem syaraf. Ini berbahaya bagi generasi muda dari suatu bangsa dan negara. Selain itu, dari segi apapun narkoba tidak memiliki efek baik untuk menopang tubuh agar lebih sehat.

Tingkatan berbahaya lainya dari narkoba adalah macam jenisnya yang sangat bervarian. Hampir 100 lebih jenis narkoba yang beredar saat ini. Kemasannya pun sekarang sangat riskan bagi anak anak usia dini. ada yang berbentuk coklat, permen sampai pada minuman dan terakhir PIL PCC yang disalah gunakan bisa dikatakan sebagai salah satu jenis narkoba. Tetapi ada 1 jenis tipe narkoba yang sangat berbahaya dan menjadi primadona dikelasnya, kokain.

27 Bahaya Kokain Jangka Panjang dan Pendek untuk Tubuh

Kokain ini berasal dari getah tumbuhan di daerah amerika selatan. Lalu bagaimana efek dari kokain ini? coba simak beberapa efek berbahaya dari kokain ini :

Bahaya Kokain Jangka Panjang


1. Gangguan Sistem Syaraf


Sebagai efek panjang dari penggunaan kokain ini merusak sistem syaraf penggunanya. Hal ini diakibatkan senyawa adictif aktif didalam narkoba ini untuk memicu kinerja sel lebih cepat dari biasanya. Gangguan ini juga akibat dari endapan zat kimia dalam kokain yang masuk kedalam darah.

2. Kehilangan Berat badan


Pecandu Kokain dalam jangka waktu lama mengakibatkan badan menjadi kurus kering. Ini akibat dari hilangnya nafsu makan sehingga tubuh mengalami kekurangan gizi.

3. Stroke


Kandungan Kokain yang tinggi dan dipergunakan secara berkelanjutan mengakibatkan tekanan darah yang meningkat. Apabila ini terus di alami oleh pecandu bisa berakibat fatal pada jaringan pembuluh darah. Pengendapan serta elektifitas otot akan terganggu dan pada akhirnya stroke.

4. Serangan Jantung


Sama hal nya dengan stroke, Kokain memicu aliran darah yang ada di dalam tubuh sehingga jantung tidak bekerja seperti porsi biasanya. Inilah yang mengakibatkan pembengkkan pada bilik jantung dan pada akhirnya otot otot urteri tidak dapat bekerja normal. Bahaya ini dapat mengakibatkan kematian

5. Gangguan Mental


Akibat penggunaan kokai yang berlebihan dan berkelanjutan, Pengguna akan mengalami disintegrasi mental. Pelaku bisa saja tempramen, atau tidak berdaya dan pemalas. efek ini akan mengakibatkan kecanduan pada tingkat tinggi dan resiko gangguan jiwa.

Kokain yang masuk ke dalam tubuh baik melalui suntik ataupun pil merusak segalanya dalam sistem pencernaan, pernafasaan dan struktur tubuh. Beberapak bahaya kokain yang merusak organ dalam mengakibatkan penyakit :

6.  Liver
7. Kerusakan Struktur Gigi
8. Kerusakan paru paru
9. Gagal ginjal
10. Kerusakan Pembuluh Darah
11. Impotensi
12. HIV dan AIDS
13. Penyakit menular Lainya

Bahaya Kokain Jangka Pendek


Selain jangka panjang yang ditimbulkan akibat kokain, ternyata ada beberapa efek yang bisa timbul dari kokain. Berikut beberapa diantaranta :

1. Detak Jantung Meningkat


Kondisi ini akibat jantung yang dipaksa untuk bekerja keras memompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Sehingga berakibat pada rasa yang sangat lelah seteh menggunakan kokain ini.

2. Sesak nafas


Akibat dari detak jantung yang meningkat, nafas juga mengalami hal yang serupa. Kondisinya seperti sehabis berolah raga berat dan terengah engah saat mengambil nafas.

3. Pola Tidur terganggu


Kokain yang memicu aliran darah ke selurh bagian tubuh mengakibatkan tingkat kesadaran tinggi. Sehingga orang akan mengalami sulit tidur. Keadaan demikan jika terjadi terus menerus maka akan berdampak pada metabolisme dan kinerja tubuh.

4. Demam


Efek jangka pendek dari kokain ini langsung dirasakan oleh penggunanya. Aliran darah yang cepat mengakibatkan suhu tubuh naik secara cepat dan muncul keringat.

5. Halusianasi


Kejadian ini terjadi pada pengguna kokain yang dicari. Seseorang pengguna kokain biasanya ingin merasakan halusinasi yang tanpa batas. tetapi, dengan kokain seseorang bisa mengalami depresi.

Baca Juga: 13 Efek Samping Pare untuk Tubuh yang Wajib Diketahui

Beberapa efek dari kokain yang langsung dirasakan oleh penggunanya dikaitkan dengan mental dan fisik adalah :

6. Pusing
7. Kejang-Kejang
8. Panik
9. Paranoid
10. Mual
11. Hilangnya Nafsu Makan
12. Berbicara Sendiri
13. Hilang Kesadaran
14. Pandangan Kabur15. Muka Memerah

Efek diatas mengajarkan kita untuk tetap menjahui narkoba jenis apapun. Narkoba adalah musuh, dan Hidup sehat tanpa NARKOBA.