Langsung ke konten utama

11 Bahaya Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang zaman dahulu yang menggunakan kapur sirih sebagai bahan yang dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih sehat dan juga kuat. Sampai saat ini pun kapur sirih masih menjadi andalan bagi mereka yang ingin memutihkan beberapa bagian kulit pada tubuh. Namun masih banyak orang yang ternyata belum mengetahui adanya bahaya yang disebabkan oleh penggunaan kapur sirih.

Kapur sirih sendiri mempunyai beberapa zat kimia yang terkandung di dalamnya. Zat kimia tersebut dapat bermanfaat untuk mengeraskan makanan namun juga dapat memberikan efek samping ke tubuh Anda. Anda mungkin bisa memutihkan gigi atau beberapa bagian kulit di tubuh, namun Anda juga dapat mengidap beberapa efek sampingnya yang berbahaya.

11 Bahaya Kapur Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Penggunaan Kapur Sirih untuk Kesehatan


1. Kanker lidah


Penggunaan kapur sirih yang berlebihan dapat memicu penyakit kanker, terutama kanker pada lidah. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan kapur sirih untuk memutihkan gigi dengan cara mengunyahnya hampir setiap hari.

2. Sariawan


Efek samping kapur sirih untuk kesehatan mulut yaitu dapat memicu terjadinya sariawan di mulut Anda. Hal ini bisa bertambah parah jika ternyata Anda kurang sering mengonsumsi air putih dan tidak pernah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sariawan pun akan dengan mudah menyebar ke bagian mulut.

3. Tahi lalat semakin buruk


Ada banyak orang yang percaya jika kapur sirih dapat menghilangkan tahi lalat yang muncul di kulit Anda. Faktanya, tahi lalat Anda justru bisa semakin memburuk. Hal ini dapat memicu tahi lalat yang muncul semakin banyak dan juga besar.

4. Dehidrasi


Sifat kapur sirih yang dapat mengikat air akan membuat tubuh Anda menjadi dehidrasi. Dehidrasi merupakan gejala dari tubuh yang kekurangan air. Jika Anda mengalami gejala ini, segeralah menghentikan penggunaan kapur sirih kemudian mengonsumsi banyak air putih dalam sehari.

5. Kelainan janin dalam kandungan


Janin di dalam kandungan Anda juga dapat terkena dampak bahaya dari kapur sirih. Kapur sirih bisa membuat janin di dalam kandungan tumbuh dengan kelainan atau cacat fisik. Hal ini akan terlihat ketika janin tersebut dilahirkan ke dunia.

6. Rambut rontok


Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut, terutama rontok, sebaiknya tidak menggunakan kapur sirih. Kapur yang satu ini bisa membuat kerontokan rambut Anda semakin parah dengan efek yang paling buruk yaitu memicu kebotakan.

7. Pigmentasi pada selangkangan


Banyak orang yang menggunakan kapur sirih untuk memutihkan selangkangan. Hal ini justru akan membuat pigmentasi kulit di selangkangan Anda terganggu. Kulit Anda akan menjadi belang dan tidak enak dilihat.

8. Diare akut


Ternyata kapur sirih juga bisa membuat Anda mengalami diare yang parah atau diare akut. Penyakit ini dapat memicu kematian karena diare banyak menyerap cairan di tubuh Anda dan membuat pencernaan Anda terganggu.

9. Gangguan pencernaan


Selain diare, penggunaan kapur sirih yang berlebihan akan memicu gejala penyakit pada pencernaan. Mulai dari sakit perut, sampai dengan mual dan muntah. Hal ini menandakan bahwa tubuh Anda tidak bisa menerima zat yang ada di dalam kapur sirih.

10. Metabolisme tubuh terganggu


Metabolisme tubuh yang seimbang akan membuat tubuh Anda sehat. Jika hal ini terganggu, maka Anda dapat terkena berbagai macam jenis penyakit. Kapur sirih dapat menyebabkan metabolisme tubuh Anda terganggu. Itulah mengapa Anda sebaiknya mencegah penggunaan bahan yang satu ini.

11. Gejala kanker


Jika Anda menggunakan kapur sirih dalam waktu yang lama, Anda bisa dengan mudah terkena kanker. Tidak hanya kanker lidah, namun juga jenis kanker lainnya yaitu kanker kulit jika Anda menggunakan kapur ini pada bagian kulit.

Baca Juga: 8 Efek Buruk Melatonin untuk Tubuh yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa cara agar Anda tidak terkena dampak bahaya kapur sirih di atas. Jika Anda menggunakan kapur ini untuk membuat makanan Anda menjadi lebih renyah, Anda bisa mencampurnya dengan air jeruk lemon terlebuh dahulu. Khusus untuk memutihkan kulit, Anda sebaiknya tidak menggunakan kapur sirih. Gunakan saja tepung beras yang dicampur dengan susu. Bahan alami ini efektif untuk memutihkan kulit yang menghitam.