Langsung ke konten utama

11 Bahaya Fat Burner untuk Kesehatan Tubuh

Apa sih fat burner itu? Fat burner merupakan sebuah istilah yang dialamatkan kepada jenis suplemen yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Suplemen seperti ini sudah banyak dijual secara bebas dengan berbagai kandungan nutrisi yang berbeda. Beberapa fat burner mengandung caffeine, giarana, vitamin dan juga ginseng.

Memang benar jika fat burner bisa membantu tubuh Anda lebih sehat dan mencegah Anda dari kegemukan, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dengan berlebihan. Konsumsi suplemen apapun jika berlebihan hanya akan memberikan dampak yang buruk pada tubuh. Mulai dari serangan jantung sampai denan stress pun bisa Anda alami.

11 Bahaya Fat Burner untuk Kesehatan Tubuh

Agar kita tetap waspada terhadap sumplemen fat burner yang akan atau sudah kita konsumsi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dampaknya jika berlebihan dikonsumsi oleh tubuh.

Bahaya Fat Burner untuk Kesehatan


1. Insomnia


Kandungan senyawa yang ada di dalam fat burner jika dikonsumsi terlalu banyak hanya akan membuat syaraf di tubuh Anda terganggu. Hal ini juga akan berdampak pada syaraf yang memudahkan Anda untuk tidur. Anda bisa mengalami gejala insomnia berkepanjangan.

2. Penyakit jantung


Selain susah tidur, kemungkinan Anda akan terkena beberapa penyakit jantung juga besar. Jika jantung Anda terganggu kesehatannya, Anda tidak akan memiliki aliran darah yang lancar dan organ tubuh lainnya pun akhirnya ikut terganggu.

3. Stress


Konsumsi suplemen seperti fat burner yang terlalu banyak justru akan membuat Anda mudah stress. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh keinginan yang kuat dalam menurunkan berat badan dengan konsumso fat burner yang terlalu banyak namun hasilnya cenderung nihil.

4. Tekanan darah tinggi


Bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi atau hipertensi sebaiknya tidak mengonsumsi fat burner. Dampaknya akan membuat penyakit Anda semakin parah dengan aliran darah yang juga tidak lancar.

5. Serangan jantung


Serangan jantung sering ditemukan pada orang yang terlalu banyak berolahraga di malam hari. Gejala ini akan lebih besar terjadi pada tubuh Anda jika Anda sering berolahraga dan mengonsumsi fat burner dalam kadar yang berlebihan.

6. Konsentrasi berkurang


Pengaruh fat burner juga akan membuat kemampuan otak Anda berkurang, terutama dalam berkonsentrasi. Jika tidak dihentikan, kemampuan berpikir Anda juga akan menurun dengan drastic setiap harinya.

7. Sakit kepala


Penggunaan fat burner yang tidak tepat juga bisa membuat Anda mengalami gejala sakit pada bagian kepala. Ada baiknya Anda segera menghentikan penggunaannya jika Anda sudah sering mengalami gejala sakit di kepala atau bahkan migraine.

8. Demam


Seseorang yang sudah terpengaruh dampak atau bahaya fat burner ditandai juga dengan gejala demam dan suhu tubuh yang cenderung tinggi. Hal ini merupakan perlawanan dari tubuh Anda yang tidak ingin menerima efek buruk dari apa yang Anda konsumsi.

9. Mood gampang berubah


Anda juga akan mengalami mood yang gampang berubah ketika sudah terlalu banyak mengonsumsi fat burner. Mood yang sering berubah bisa mengganggu kesehatan psikis atau kejiwaan Anda. Pikiran Anda pun menjadi tidak jernih.

10. Dehidrasi


Kandungan fat burner sering juga membuat tubuh Anda terkena dehidrasi. Penyebabnya yaitu sifat senyawa di dalamnya yang sangat cepat mengikat air di dalam tubuh Anda. Itulah mengapa Anda bisa terserang dehidrasi dengan sangat cepat.

11. Gangguan pencernaan


Pencernaan yang terganggu seperti sakit perut, mulas, dan juga susah BAB bisa diakibatkan oleh konsumsi fat burner yang terlalu banyak. Jika hal ini berlanjut, nutrisi makanan yang Anda konsumsi pun tidak akan bisa terserap dengan mudah karean beberapa organ pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik dalam menyerap nutrisi dari berbagai jenis makanan.

Baca Juga: 9 Ciri-Ciri Keracunan Kalium Sianida pada Tubuh

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda mulai mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang teratur. Tanpa mengonsumsi suplemen atau obat pelangsing pun, Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih ramping jika melakukan pola hidup yang baik tentunya. Jika memang Anda membutuhkan asupan nutrisi dari beberapa jenis obat, sebaiknya Anda mengunjungi dokter terlebih dahulu.